Sukses

19.000 Warga Situbondo dapat Bantuan Langsung Tunai dari Kemenkeu RI

Pedagang kaki lima, nelayan hingga pemilik warung di Situbondi dapat bantuan tunai Rp600 ribu dari Kemenkeu RI.

Liputan6.com, Situbondo - Sedikitnya 19.000 warga di Kabupaten Situbondo, diberi Bantuan Langsung Tunai Pedagang Kaki Lima, Warung dan Nelayan (BTPKLWN) dari Kementerian Keuangan RI. Bantuan langsung tunai tersebut sebesar Rp600 ribu. 

Kegiatan penyerahan bantuan langsung tunai untuk nelayan, PKL dan pemilik warung kelontong itu digelar di lapangan tenis indoor Mapolres Situbondo. Bupati Situbondo Karna Suswandi dan Kapolres Situbondo AKBP Andi Sinjaya didapuk untuk menyerahkan bantuan itu secara simbolis.

"Penyaluran BTPKLWN merupakan program Kemenkeu RI dan penyalurannya melibatkan Polri. Bantuan ini bentuk dukungan pemerintah pusat kepada pelaku usaha mikro dan nelayan di tengah pandemi Covid-19," kata Andi Sinjaya, Minggu (20/3/2022).

Mantan Kapolres Enrekang, Sulawesi Selatan itu menuturkan, sebelum bantuan ini disalurkan, para calon penerima sudah melalui tahapan verifikasi. Laporan dari verifikasi tersebut pun dalam waktu dekat akan dilaporkan ke Mabes Polri dan Kemenkeu RI. 

"Untuk tahun 2022 ini,  jumlah penerima bantuan lebih banyak, jika dibandingkan penerima bantuan pada tahun 2021 lalu,” katanya.

Sinjaya menjelaskan bahwa selain  menyalurkan bantuan tunai, pihaknya juga memberikan pelayanan kesehatan gratis kepada masyarakat dan melaksanakan vaksinasi kepada penerima bantuan yang belum divaksin.

"Bantuan ini merupakan bantuan untuk pemulihan ekonomi nasional kepada para nelayan, PKL dan pemilik warung terdampak pandemi Covid-19," dia memungkasi. 

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.