Sukses

Mengintip Rahasia Merawat Kulit dengan Alami

Salah satunya, hindari pelembab yang mengandung pewangi atau bahan kimia lainnya yang dapat menyebabkan iritasi pada kulit.

Liputan6.com, Jakarta - Kulit adalah organ terbesar kita dan memerlukan perawatan yang tepat untuk tetap sehat dan berkilau. Banyak dari kita mencari cara-cara alami untuk merawat kulit agar tetap cantik dan sehat tanpa harus menggunakan produk-produk kimia yang keras.

Sebenarnya ada banyak cara yang dapat dilakukan dalam merawat kulit.  Namun agar lebih efektif, perawatan kulit sebaiknya mencakup beberapa aspek dasar yang berfungsi memelihara kesehatan kulit.

“Aspek ini mulai dari menjaga kebersihan kulit, menghidrasi atau melembabkan kulit, hingga melindungi dari paparan sinar dan radikal bebas,” ujar Apt. Endang Nur Hidayati, M.Farm , Manager Research And Development (RnD) PT. Globalindo Nuansa Lestari.

Dalam penggunaan bahan perawatan, Endang juga menekankan pentingnya memilih zat alami yang lebih aman bagi kulit. Untuk membersihkan kulit misalnya, ia menyarankan penggunaan bahan pembersih yang lembut dan tidak mengandung zat kimia keras yang dapat mengiritasi kulit.

“Pilihlah pembersih yang mengandung bahan-bahan alami seperti lidah buaya, minyak zaitun, atau tea tree oil,” ucapnya.

Untuk menjaga kulit tetap terhidrasi, ia merekomendasikan pelembab alami yang mengandung bahan seperti minyak kelapa, shea butter, atau almond oil.  Hindari pelembab yang mengandung pewangi atau bahan kimia lainnya yang dapat menyebabkan iritasi pada kulit.

Guna melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari, Endang pun mengingatkan pentingnya penggunaan tabir surya dengan SPF yang cukup setiap kali akan keluar rumah, terutama saat berada di bawah sinar matahari langsung. Hal lain yang juga penting adalah menjaga asupan makanan yang sehat, minum air yang cukup agar hidrasi tetap terjaga dan pola istirahat yang baik.  

“Konsumsi makanan yang kaya antioksidan seperti buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian untuk membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas.  Usahakan pula untuk tidur setidaknya tujuh hingga delapan jam setiap malam,” tuturnya.

Dalam perawatan kulit, Endang juga mengingatkan bahwa setiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda. Oleh sebab itu, setiap orang harus menemukan rutinitas perawatan kulit yang paling cocok untuk dirinya.

“Dengan memahami aspek perawatan kulit ini, Anda setidaknya dapat memelihara kulit secara alami dan membantu menjaga kecantikan dan kesehatan kulit Anda,” imbuhnya

Untuk membantu perawatan kulit, menurut Endang, tidak ada salahnya juga untuk menggunakan produk perawatan kulit berbahan alami.  PT. Globalindo Nuansa Lestari, yang merupakan produsen dari Nouis Skin, kini hadir untuk membantu masyarakat, terutama kaum perempuan, dalam mendapatkan kulit wajah yang cantik alami dan sehat.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini