Sukses

Pizza dan Berbagai Fakta Menariknya yang Bisa Kamu Ketahui

Pizza memang sudah jadi salah satu makanan yang umum ditemukan di banyak negara. Biasanya, setiap negara memiliki ciri khas pizza-nya sendiri, termasuk pizza bergaya Amerika yang juga terkenal.

Liputan6.com, Jakarta - Pizza memang salah satu makanan khas Italia, yang juga sudah mendunia. Ciri khas makanan yang satu ini adalah topping keju dan rotinya yang lembut, kenyal, sekaligus garing. Tapi apakah kamu tahu kalau dulu pizza adalah makanan orang tak mampu?

Pizza memang sudah jadi salah satu makanan yang umum ditemukan di banyak negara. Biasanya, setiap negara memiliki ciri khas pizza-nya sendiri, termasuk pizza bergaya Amerika yang juga terkenal.

Di Indonesia, pizza biasanya ditemukan di tempat-tempat fancy dan masuk dalam jajaran menu lain yang ditawarkan, seolah pizza hanya hadir sebagai menu pelengkap. Sebagai teman nongkrong bersama teman-teman.

Di samping itu, pernahkah kamu penasaran tentang makanan yang satu ini? Kenapa makanan yang satu ini bisa muncul dan begitu mendunia? Atau kenapa toppingnya selalu keju?

Nah, buat kamu penggemar pizza dan penasaran dengan kemunculan makanan yang satu ini? Berikut adalah beberapa fakta menarik tentang pizza.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

4 Fakta Menarik Tentang Pizza

1. Makanan Orang Tak Mampu

Dulu, makanan dari tepung identik dengan orang tidak mampu. Dan pizza merupakan makanan sederhana yang disantap oleh orang-orang yang tidak mampu membeli piring.

2. Dijual Pedagang Kaki Lima

Pada abad ke-18 pizza ada di Napoli. Pizza ini dijual di pedagang kaki lima dengan harga murah dan potongan yang kecil.

Saat itu, pizza hanya diberikan topping sederhana berupa bawang putih, lemak babi, dan garam.

3. Mulai Naik Kasta

Tahun 1889, saat Ratu Margherita berkunjung ke Napoli, dia merasa bosan dengan sajian Perancis yang rumit. Dia lalu meminta juru masaknya membuat sajian lokal.

Kemudian juru masak membuatkannya tiga pizza dengan tiga taburan berbeda. Dari ketiga pizza yang disajikan, Ratu Margherita menyukai pizza dengan tambahan tomat, mozzarella, dan basil di atasnya.

Sejak itu, pizza mulai naik kelas dan sangat dinikmati oleh keluarga kerajaan dan bangsawan.

4. Merambah ke Amerika

Popularitas pizza pun semakin meningkat hingga akhirnya, makanan yang satu ini tersebar ke berbagai wilayah, salah satunya Amerika.

Di Amerika, pizza mengalami beberapa perubahan dan rasanya disesuaikan dengan citarasa lokal. Dengan gaya yang berbeda, pizza Amerika pun turut mendunia. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.