Sukses

Yuk, Icip-icip 6 Nasi Kuning Paling Populer di Indonesia

Nasi kuning selalu identik dengan tampilannya dengan beragam lauk pelengkapnya seperti abon, irisan telur dadar, sambal, dan lainnya.

Liputan6.com, Jakarta - Nasi kuning memang jadi salah satu kuliner nusantara, hingga keberadaannya tak lepas dari tradisi warga Indonesia. Makanan yang satu ini bahkan bisa dengan mudah ditemukan di berbagai daerah di Indonesia, dengan berbagai ciri khasnya.

Nasi kuning selalu identik dengan tampilannya dengan beragam lauk pelengkapnya. Ada abon, irisan telur dadar, sambal, dan lainnya. Lauk pelengkap itu membuat rasa gurih dari nasi kuning semakin kaya. Siapa yang bisa menolaknya?

Di beberapa daerah, nasi kuning banyak ditemukan sebagai menu sarapan. Para penjaja nasi kuning biasanya akan muncul dengan gerobaknya setiap pagi. Di sisi lain, nasi kuning juga banyak ditemukan di berbagai perayaan seperti ulang tahun, khitan, dan masih banyak lagi, dengan lauk pelengkap yang lebih banyak lagi.

Yang mungkin jadi pertanyaan adalah, kira-kira lauk pelengkap apa yang disajikan di nasi kuning yang ada di daerah lain? Supaya tidak penasaran, yuk tengok ulasan beberapa nasi kuning dari berbagai daerah di Indonesia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

6 Nasi Kuning yang Ada di Indonesia

1. Nasi Kuning Jawa Barat

Nasi kuning khas Jawa Barat umumnya diolah dengan menggunakan santan dan berbagai bumbu rempah hingga membuat rasanya gurih. Lauk pelengkap yang umum ditemukan dalam satu porsi nasi kuning adalah abon sapi, kering tempe, irisan telur dadar, sambal, daun kemangi, timun dan kerupuk.

Saat hadir dalam perayaan, nasi kuning khas Jawa Barat ini biasanya dilengkapi dengan lauk yang lebih beragam. Ada ayam, daging sapi, urap, telur balado, sambal, lalap, tahu dan tempe goreng, dan masih banyak lagi.

2. Nasi Kuning Solo

Nasi kuning khas Solo juga jadi salah satu yang populer di Indonesia. Nasi kuning diolah dengan cara yang hampir sama dengan nasi kuning khas Jawa Barat, yaitu dengan menggunakan kunyit, santan dan berbagai bumbu rempah yang membuat rasanya menjadi gurih.

Yang membedakan adalah lauk pelengkapnya. Biasanya, nasi kuning khas yang satu ini disajikan bersama opor ayam, bakmi goreng, tempe kering, telur dan perkedel.

Menu yang satu ini juga banyak ditemukan di pagi hari sebagai menu sarapan.

3. Nasi Kuning Banjar

Menu nasi kuning juga bisa ditemukan di Banjar. Makanan yang satu ini juga banyak dijadikan sebagai menu sarapan oleh para penduduk setempat.

Biasanya, pelengkap dari nasi kuning khas Banjar ini berupa lauk bumbu merah. Lauknya pun beragam, bisa berupa ayam, ikan atau telur rebus. Selain bumbu merah, ada juga kering talas atau ubi, yang memperkaya tekstur dan rasa dari nasi gurihnya.

 

3 dari 3 halaman

Selanjutnya

4. Nasi Kuning Makassar

Daerah lain yang juga memiliki nasi kuning dengan ciri khasnya adalah Makassar. Meski terkenal dengan Coto, namun daerah ini juga memiliki nasi kuningnya sendiri.

Nasi kuning khas Makassar biasanya disajikan bersama telur pindang, sayur labu siam, sayur nangka, kentang kering, paru goreng, dan abon.

5. Nasi Kuning Manado

Manado juga memiliki nasi kuning dengan ciri khasnya sendiri. Bahkan, nasi kuning khas Manado disebut menjadi salah satu yang paling populer.

Selain rasa nasinya yang gurih, nasi kuningini juga dilengkapi dengan beragam lauk yang menarik, khas Manado, yaitu ikan cakalang yang sudah sangat sohor. Selain ikan, biasanya nasi kuning yang satu ini juga dilengkapi dengan kering talas atau ubi yang dikenal dengan nama bete, semur daging, telur rebus, bihun dan taburan bawang merah goreng. Tidak ketiggalan, sambal yang pedas.

Selain lauk pelengkapnya yang menarik, nasi kuning khas Manado ini juga dikemas dengan cukup unik. Biasanya, nasi dibungkus dengan daun woka atau daun lontar, yang juga berfungsi untuk membuat aroma nasi semakin harum.

Kuliner khas Manado ini juga banyak ditemukan di pagi hari.

6. Nasi Kuning Gorontalo

Ini jadi salah satu nasi kuning yang juga patut dijajal. Penampilan nasi kuning khas Gorontalo sedikit berbeda dengan yang lainnya. Warna kuningnya tampak lebih terang dan aroma rempahnya pun lebih tajam dan menggoda.

Biasanya nasi kuning Gorontalo ini disajikan dengan lauk seperti ayam suwir, telur rebus dan semangkok sup berisi soun.  Yang membuatnya menarik, nasi kuning yang satu ini juga dilengkapi dengan taburan abon tuna dan bawang goreng.

Itu dia enam nasi kuning dari berbagai daerah di Indonesia yang tentu saja wajib dijajal oleh para pecinta nasi kuning. Kira-kira, nasi kuning dari mana yang menurutmu paling menarik?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.