Sukses

Selain Gudeg, 5 Kuliner Yogya Ini Wajib Dijajal, Lho!

Selain gudeg, Yogyakarta juga punya segudang makanan lain. Ada beragam bakmi, ada kepiting, bebek dan masih banyak lagi.

Liputan6.com, Jakarta - Yogyakarta ngga melulu harus makan gudeg, krecek, bakmi godog, wedang ronde dan lainnya, lho. Ada banyak kuliner baru yang tak kalah enaknya. Apa aja ya kira-kira? Yuk intip!

Yogyakarta memang selalu dikenal dengan gudegnya. Soal rasa, kelezatan gudeg khas Yogyakarta memang tak perlu diragukan. Manis dan gurih yang pasti bakal memikat hati banyak wisatawan.

Tapi, di samping itu Yogyakarta juga punya segudang makanan lain. Ada beragam bakmi, ada kepiting, bebek dan masih banyak lagi. Kamu bahkan bisa menemukan rahang tuna bakar ukuran jumbo di Yogyakarta dan juga minuman kesegaran.

Buat kamu yang sedang di Yogyakarta tapi bosan dengan gudeg dan teman-temannya, kamu bisa datang ke salah satu tempat kuliner viral di Yogyakarta berikut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

5 Makanan yang Bisa Ditemukan di Yogyakarta Selain Gudeg

1. Mie Sapi Gajahan

Buat para pecinta mie, tempat yang satu ini bisa jadi surga, lho. Ada beragam menu mie yang dibumbui dengan chili oil serta dilengkapi topping pilihan seperti ayam dan sapi.

Di tempat ini juga, kamu bisa memesan dumpling rebus atau goreng sebagai teman mie chili oil-nya. Menu lain yang bisa dipilih selain mie adalah kwetiau yang juga dibumbui dengan chili oil.

Tempat makan yang satu ini letaknya di Jalan Gejayan Pelem Kecut No. 36, Caturtunggal, Yogyakarta. Kamu bisa datang dari pagi, karena buka sejak pukul 10.00 WIB.

2. Saoto Bhatok Mbah Katro

Nah Saoto atau Soto Bhatok Mbah Katro bisa jadi alternatif buat menu sarapan di Yogyakarta. Sesuai namanya, soto yang satu ini disajikan di dalam mangkuk yang terbuat dari batok kelapa.

Jadi, tentu saja porsinya sedikit. Namun kamu ngga perlu khawatir, karena bisa nambah satu porsi lagi tanpa bikin dompet jebol. 

Sebagai pelengkap sarapan, kamu juga bisa menambahkan tempe goreng, sate telur puyuh dan sate usus. 

Warung nasi soto ayam ini berlokasi di Sambisari, Purwomartani, Kalasan, Sleman. Jam operasionalnya dimulai sejak pukul 6 pagi sampai 4 sore.

3. Mie Ayam Kotabaru/ Kobar Jaya

Ya, mie memang selalu jadi menu pilihan untuk pengganti nasi. Jadi tak heran kalau mie banyak ditemukan dengan berbagai olahan, termasuk mie ayam.

Buat pecinta mie ayam wajib datang ke tempat legendaris yang satu ini. Mie yang jadi favorit siswa SD Ungaran, karena lokasinya di depan SD Ungaran.

Mie ayam yang satu ini agak unik karena salah satu menunya dibuat dengan mie berwarna hijau. Mie ini bisa jadi pilihan buat yang bosan dengan mie kuning. Apalagi disajikan di atas mangkuk pangsit.

Meski sedikit berbeda, tapi keduanya sama-sama diolah dengan bumbu gurih yang lezat serta ditambah dengan topping potongan ayam dengan bumbu manis. 

Lokasinya ada di Jalan Ungaran dan mulai buka sejak pukul 07.30 pagi hingga 3 sore.

4. Warung Rahang Tuna Om Anwar

Nah, buat pecinta ikan laut, wajib datang ke tempat yang satu ini dan mencicipi menu spesialnya, yaitu rahang tuna.

Kamu bisa memesan rahang tuna bakar dengan pilihan sambal terasi mangga atau dabu-dabu. Menu lain yang bisa kamu temukan di sini adalah ikan kerapu, kakap, baronang, dan masih banyak lagi.

Warung ini berlokasi di Jalan Perumnas No. 234A, Kledokan dan buka mulai pukul 10.00 pagi.

5. Es Cokelat Impian

Salah satu obat dahaga di bawah teriknya matahari Yogyakarta adalah minuman dingin, termasuk es cokelat.

Kamu bisa mampir ke Es Cokelat Impian yang letaknya di dekat Alun-alun Kidul Yogyakarta. Menu pilihannya beragam, dan biasanya disajikan dengan roti. 

Bahkan rotinya pun bisa dipilih, untuk dipanggang atau tidak. Semua tergantung selera. Yang pasti, es cokelat ini bisa jadi salah satu minuman favorit saat sedang di Yogyakarta.

Lokasi Es Cokelat Impian Alun-alun Kidul ada di Jalan Ngadisuryan No. 04, Patehan, Yogyakarta dan mulai buka pukul 10.00 pagi.

Nah itu dia lima tempat pilihan wisata kuliner di Yogyakarta selain gudeg dan bakmi Yogya. Menarik, ya! 

Pastikan untuk mampir dan mencicipi semuanya, ya!

 

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.