Sukses

Kolaborasi Cantik Penyandang Disabilitas lewat Festival Kreatif Inklusif

UNESCO Jakarta dan Pemerintah Kota Semarang menyelenggarakan Festival Kreatif Inklusif di Kota Lama Semarang, Minggu (11/12/2022).

Liputan6.com, Semarang - UNESCO Jakarta dan Pemerintah Kota Semarang menyelenggarakan Festival Kreatif Inklusif di Kota Lama Semarang, Minggu (11/12/2022). Kegiatan dalam rangka Hari Disabilitas Internasional untuk memperlihatkan kekuatan kreativitas anak-anak muda untuk mewujudkan dunia yang lebih inklusif.

Festival Kreatif Inklusif ini menampilkan  rangkaian pertunjukan seni, peragaan busana, dan pameran produk kreatif di sepanjang kawasan Kepodang, salah satu jalan populer di Kota Lama, Semarang. Walikota Semarang Hevearita G Rahayu bersama dengan perwakilan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak,  membuka secara resmi Festival ini.

Untuk menegaskan komitmen Semarang menjadi kota yang lebih inklusif, Pemerintah Kota Semarang juga meluncurkan pameran khusus karya penyandang disabilitas di Galeri Kreatif Semarang dan Ambulans Hebat, yaitu mobil ambulans yang diperuntukkan bagi pasien penyandang disabilitas. Beragam asosiasi dan komunitas penyandang disabilitas dari Semarang juga hadir dan tampil dalam beragam karya seni di sekitar kawasan Jalan Kepodang, Kota Lama.

Widji Astuti, pemilik Serodja Widji Batik, adalah perempuan muda pengrajin batik-sekaligus pengusaha muda penyandang disabilitas asal Yogyakarta yang membuat batik dengan teknik lukisan air Suminagashi Jepang. Dia memulai teknik ini untuk mengatasi kurangnya ketangkasan jarinya.

Dalam fashion show Festival Kreatif ia berkolaborasi dengan dua merek usaha milik pengusaha muda lainnya, yaitu @muhammadbayuindonesia oleh Mochamad Bayu Noviantoro dan Alifati dari brand Lipcraft – keduanya dari Semarang, untuk mengembangkan koleksi fesyen  baru  bernama Tutur Batin yang dipertunjukkan dalam fesyen show kali  ini.

Batik lukisan air  karya Widji telah  menginspirasi Bayu  dan Alif  untuk merancang pakaian baru yang indah beserta aksesorinya

Ada pula kolaborasi Puput (Rizqy Puput Isnaini) dan Zul (Ahmad Zulfikar Fauzi), desainer grafis muda dan pemilik merek usaha "Artshine" dan "Zulfikar Artem. Kelainan otot (Muscular Dystrophy) yang mereka alami sejak lahir tidak pernah menghalangi mereka berdua untuk mengejar impian dan kariernya.

Untuk show kali  ini, Puput menggandeng Risa Maharani Basic dari Semarang dan Silly dari Yogyakarta untuk membuat koleksi busana baru, sementara Puput dan Zul juga bekerja sama mengadakan workshop melukis selama festival berlangsung.

Kolaborasi lewat program Kita Muda Kreatif UNESCO-Citi Foundation ini membimbing wirausaha kreatif muda sejak 2017. Selain keterampilan bisnis dasar dan kesadaran warisan budaya, program ini juga menanamkan nilai-nilai seperti kelestarian lingkungan, kesetaraan gender, dan inklusi sosial.

Memasuki tahun keenam pelaksanaannya pada Desember 2022, program ini secara sadar mendorong kolaborasi dengan penyandang disabilitas.

“Saya terkesan bagaimana Widji bekerja keras dan menginspirasi saya dengan ide-ide kerennya,” kata Mochamad Bayu Noviantoro.

Setelah kolaborasi ini, ia yakin bahwa setiap orang adalah sama dan setara meskipun kemampuan fisiknya berbeda. Ini hanya masalah memberi mereka dukungan yang tepat agar kreativitas dan kapasitas mereka bisa melejit. Jadi, Bayu berharap ada lebih banyak inisiatif semacam ini di masa mendatang.

Direktur dan Kepala Corporate Affairs Citi Indonesia, Puni A. Anjungsari menilai, sebagai warga korporasi yang baik, Citi berperan aktif untuk menciptakan lingkungan yang inklusif dan beragam.

“Kita Muda Kreatif diciptakan untuk menyamakan kedudukan masyarakat yang tinggal di sekitar situs warisan budaya dunia dan tujuan wisata popular di Indonesia  sehingga mereka juga mampu melestarikan pengembangan budaya lokal serta  mendapatkan keuntungan ekonomi dari kegiatan pariwisata di daerah tersebut,” ucapnya.

Penyandang disabilitas merupakan bagian terpadu dari masyarakat ini. Potensi mereka untuk berkontribusi pada kemajuan ekonomi lokal sangat besar dan sama pentingnya.

Ia merasa sangat bangga dengan langkah yang telah diambil oleh para penerima manfaat ini dan kami berharap pemerintah Indonesia akan terus melihat semua anak muda ini sebagai aset negara.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.