Sukses

Kisah Kholil Crazy Rich Jepara Jual Mobil hingga Tanah Demi Bangun Jembatan

Pria asal Dusun Kecapi, Kecamatan Tahunan, Kabupaten Jepara ini rela menggunakan uang pribadinya demi membangun sebuah jembatan sebagai fasilitas masyarakat.

Liputan6.com, Semarang – Belakangan ini warganet dihebohkan dengan kehadiran sosok Kholil yang mendapat julukan sebagai Crazy Rich Jepara. Pria asal Dusun Kecapi, Kecamatan Tahunan, Kabupaten Jepara ini rela menggunakan uang pribadinya demi membangun sebuah jembatan sebagai fasilitas masyarakat.

Kabarnya ia rela mengeluarkan uang sebesar Rp5 miliar dari hasil menjual tiga mobil Jeep Hardtop, tanah, dan rumah, untuk membangun sebuah jembatan yang menghubungkan Dukuh Kecapi Krajan, Dukuh Tempur, Dukuh Kedungjogo dan Dukuh Kecapi Jotan.

Tindakan tersebut ia lakukan agar desanya tidak semakin terisolir karena memudahkan akses untuk ke kota. Tanpa kehadiran jembatan tersebut, diketahui bahwa masyarakat setempat harus memutar dan menempuh jarak sejauh 15 kilometer. Jika ingin cepat maka mereka harus menyeberangi sungai hingga basah kuyup.

Hal tersebut lantas membuat Kholil iba dan memutuskan untuk membangun sebuah jembatan dengan uang pribadinya. Pembangunan jembatan sepanjang 22 meter dengan luas 6 meter tersebut memakan waktu selama kurang lebih 4 bulan, yakni sejak Oktober 2019 hingga Januari 2020. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Berharap Pemerintah Lebih Peduli

Saat mengalami kesulitan menjual asetnya untuk membangun jembatan, Kholil sempat menghubungi Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Bupati Jepara Dian Krisnandi. Namun Kholil mengaku tak kunjung memperoleh tanggapan. 

Kholil berharap agar pemerintah Kabupaten Jepara dan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah lebih memperhatikan warga yang bersusah payah membangun jembatan. Karena upaya tersebut semata-mata untuk meningkatkan perekonomian warga serta mendapatkan akses jalan yang memadai. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini