Sukses

3 Cara Agar Kulit Tetap Sehat dan Lembap Saat Berpuasa

Dehidrasi pada kulit akan menyebabkan kulit terasa tidak elastis lagi hal tersebut juga akan berdampak pada beberapa masalah kulit seperti, warna kulit tidak merata, nampak kusam dan tidak cerah.

Liputan6.com, Semarang Ketika menjalankan ibadah puasa, bisa jadi kulit mengalami dehidrasi karena berkurangnya konsumsi cairan. Beberapa orang terkadang salah memahami antara kulit kering dan kulit dehidrasi. 

Kulit kering adalah kulit yang kekurangan minyak sedangkan kulit dehidrasi adalah kulit yang kekurangan cairan. Kulit dehidrasi dapat terjadi pada jenis kulit manapun mulai dari yang kering, berminyak bahkan kombinasi. 

Dehidrasi pada kulit akan menyebabkan kulit terasa tidak elastis lagi. Hal tersebut juga akan berdampak pada beberapa masalah kulit seperti warna kulit tidak merata, tampak kusam, dan tidak cerah.

Berikut cara untuk menjaga kulit tetap terhidrasi di saat bulan puasa.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Pastikan Konsumsi Air Putih Cukup

Mengonsumsi air putih dengan cukup adalah kunci utama agar kulit tetap terhidrasi dan sehat selama menjalankan puasa. Untuk mencukupi kebutuhan tersebut minumlah 8-10 gelas air di antara waktu berbuka puasa dan sahur. Sebaiknya hindari minuman bersoda dan berkafein karena akan membuat tubuh lebih mudah dehidrasi sehingga berdampak pada kondisi kulit.

Sobat Liputan6 juga dapat mencoba meminum infused water dengan timun, lemon dan mint karena dapat membantu menghidrasi kulit dengan cepat. Selain itu infused water juga memiliki banyak kandungan bermanfaat seperti B1, B2, B3, B5, B6, Folic Acid, Vitamin C, Calcium, Iron, Magnesium, Phosphorus, Potassium dan Zinc.

3 dari 4 halaman

2. Menggunakan Skincare dengan Tepat

Karena konsumsi cairan saat menjalankan puasa berkurang, maka penggunaan skincare menjadi solusi tepat untuk menjaga kulit tetap sehat. Tetap gunakan basic skincare seperti pelembap, sunscreen dan sesekali melakukan eksfoliasi dengan toner. Jika aktivitas di bulan Ramadhan mulai memunculkan lingkar mata, maka cobalah mengaplikasikan krim mata untuk mengurangi efek tersebut.

4 dari 4 halaman

3. Tetap Konsumsi Makanan Sehat

Terkadang di saat berbuka puasa ataupun sahur, beberapa dari kita sering kali tergiur dengan makanan-makanan tertentu. Namun tetap perhatikan kandungan gizi dalam makanan. Hindarilah makanan yang mengandung garam dan gula berlebihan.

Pastikan juga untuk mengonsumsi buah, sayur dan asam lemak untuk membantu menjaga kulit tetap sehat. Kandungan vitamin, mineral dan antioksidan dalam buah dan sayuran dapat membuat kulit terlihat lebih segar dan cerah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.