Sukses

Perusahaan Jateng Salurkan CSR, Taj Yasin: Bukti Komitmen Bantu Penanggulangan Kemiskinan

Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen menggandeng salah satu perusahaan swasta untuk menangani kemiskinan di Jateng.

Liputan6.com, Rembang - Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Tengah (Jateng) Taj Yasin Maimoen menggandeng salah satu perusahaan swasta untuk menangani kemiskinan di Jateng. Melalui program corporate social responsibility (CSR) dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jateng, Taj Yasin berharap bisa menumbuhkan kepedulian perusahaan terhadap kondisi sosial ekonomi masyarakat yang kurang beruntung.

"Atas nama Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, tentu kami sangat bahagia dan tentu kami sangat senang, di tengah-tengah himpitan pandemi Covid-19 yang belum selesai ini, kita dibantu oleh salah satu stakeholder yang ada di Jawa Tengah yaitu Pabrik Rokok Sukun yang ada di Kudus, membantu kami dalam pengentasan kemiskinan," kata Wagub Jateng Taj Yasin saat memberi sambutan pada acara Santunan 10.000 Anak Yatim di Pendapa Museum RA Kartini, Selasa (12/04/2022).

Di Jateng, saat ini ada 15 kabupaten yang berada di zona merah atau tingkat kemiskinannya tinggi, di atas kemiskinan nasional. Antara lain yaitu Kabupaten Kebumen (17,83 persen), Kabupaten Wonosobo (17,67 persen), Kabupaten Brebes (17,43 persen), Kabupaten Pemalang (16,56 persen) dan Kabupaten Purbalingga (16,24 persen).

Pemerintah pusat pun memprogramkan pengentasan kemiskinan ekstrem di 5 daerah di Jateng, yang kemiskinannya tertinggi. "Saat ini, inilah bentuk bahwa stakeholder yang ada di Jawa Tengah benar-benar menjalankan gotong royong untuk sama-sama mengentaskan kemiskinan," ujarnya.

Kegiatan CSR yang dilaksanakan Pabrik Rokok Sukun, imbuh Taj Yasin, juga sejalan dengan program yang tengah dilakukan Pemprov Jateng dalam menangani anak-anak terdampak Covid-19. Ada sebanyak 7.967 anak di Jateng yang menjadi yatim, piatu dan yatim piatu. Mereka butuh diperhatikan kebutuhan dasarnya, pendidikannya, pengasuhannya dan kesehatannya.

"Apa yang dilakukan oleh kawan-kawan pabrik seperti ini, menunjukkan bahwa komitmen dari sebuah lembaga yang ada di Jawa Tengah. Yang memiliki perusahaan, menunjukkan komitmen kita terhadap apa yang diinstruksikan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, yaitu menyalurkan CSR-nya ke berbagai daerah untuk penanggulangan kemiskinan, peningkatan kesejahteraan," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.