Sukses

Bunda, Begini Trik Sederhana agar Anak Mau Sholat Menurut Ustadz Adi Hidayat

Punya anak yang tak mau sholat? UAH berikan tips yang ampuh berdasar pengalaman yang pernah ia jumpai.

Liputan6.com, Jakarta - Berdasarkan kisah nyata yang dialami oleh Ustadz Adi Hidayat (UAH), ada beberapa trik yang bisa diterapkan agar anak mau melaksanakan sholat. Orang tua akan gusar jika anaknya yang sudah baligh tidak mau sholat.

Menurut UAH salah satu trik tersebut adalah dengan memberikan contoh teladan kepada anak, seperti yang dilakukan oleh ibu dalam kisah yang dibagikan UAH berikut.

Dalam ceramahnya, Ustadz Adi Hidayat menceritakan pengalamannya ketika masih berada di pesantren di Jakarta, di mana ia bertemu dengan seorang ibu yang sedang dalam kesedihan mendalam karena anaknya tak mau menjalankan sholat.

"Ibu datang dengan wajah yang sangat sedih, mengatakan, 'Ustadz, anak saya nggak mau sholat. Sekolahnya apa Bu, SMP? Ibu sudah mengingatkannya berkali-kali, sudah enggak usah diingatkan lagi,'" cerita Ustadz Adi Hidayat, dikutip dari kanal YouTube @nurislami

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Begini Trik yang Dikisahkan UAH

Dalam upayanya menghadapi situasi tersebut, Ustadz Adi Hidayat memberikan saran kepada ibu tersebut.

Ia menyarankan agar ibu tersebut untuk sholat di sampingnya setiap malam, tanpa perlu membangunkan atau memberitahu anaknya.

"Kalau malam ibu sholat saja di kamar anaknya, masuk ke kamar anaknya, sholat di sampingnya, enggak usah dibangunkan, pokoknya ibu sholat saja di sampingnya," ujap UAH.

Lalu UAH memberikan doa dalam Bahasa Indonesia. "Lalu mohon kepada Allah, 'Ya Allah, engkau titipkan dia dalam rahimku. Aku yang mengandung, aku yang melahirkan, aku yang merawat. Ringankan hisabku di akhirat, kalau memang jauhnya dia dari Allah karena sebabnya,'" ungkap Ustadz Adi Hidayat.

Setelah diberi trik tersebut, UAH meminta untuk memberi kabar dalam waktu tiga hari mendatang.

3 dari 3 halaman

Apa yang Terjadi Setelah Tiga Hari?

Tiga hari kemudian, dengan penuh harapan, ibu tersebut kembali ke pesantren dan menceritakan perkembangan yang menakjubkan.

Dengan suara gembira, ibu tersebut mengabarkan kepada Ustadz Adi Hidayat bahwa anaknya telah mulai melaksanakan sholat.

"Wah, ibu kok senang sekali?," tanya UAH.

"Anak saya sudah sholat!" ujar ibu tersebut dengan penuh kebahagiaan.

Kisah ini menjadi bukti nyata akan keajaiban doa dan ketulusan seorang ibu dalam mendidik anaknya.

Melalui cerita ini, Ustadz Adi Hidayat mengajarkan bahwa doa yang tulus dan kesabaran yang tinggi dapat membawa perubahan yang luar biasa dalam hidup seseorang, termasuk dalam hal menjalankan ibadah kepada Allah.

Penulis: Nugroho Purbo/Madrasah Diniyah Miftahul Huda 1 Cingebul

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.