Sukses

Mau Awet Muda dan Panjang Umur seperti Imam Abu Syuja? Ini Rahasianya

Ini rahasia besar awet muda Imam Abu Syuja yang hidup sampai usia 160 Tahun, bisa ditiru!

Liputan6.com, Jakarta - Awet muda adalah keadaan yang banyak diidamkan oleh banyak orang di berbagai belahan dunia. Ini tidak hanya berkaitan dengan penampilan fisik yang tetap segar dan menarik, tetapi juga mencakup kesehatan, energi, dan vitalitas.

Orang-orang yang ingin tetap awet muda seringkali berusaha untuk menjaga kesehatan mereka dengan pola makan sehat, olahraga teratur, dan gaya hidup yang aktif.

Mereka juga cenderung memperhatikan perawatan kulit, rambut, dan tubuh untuk menjaga penampilan fisik mereka agar tetap muda dan menarik.

Lalu bagaimana dengan kondisi tokoh muslim Imam Abu Syuja, yang usianya mencapai 160 tahun?

Untuk diketahui, Abu Syuja adalah seorang alim, Ahli fikih, Imam, dan Syaikh dari Mazhab Syafi'i. Dia adalah pengarang kitab matan fikih yang populer di dalam mazhab Syafi'i yang berjudul Al-Ghayah wa At-Taqrib (Matan Abu Syuja).

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Usianya Hingga 160 Tahun, Badannya Sangat Sehat

Namanya adalah Ahmad bin al-Husain bin Ahmad Al-Ashfahani yang dikenal dengan nama Al-Qadhi Abu Syuja' (Bapak para pemberani).

Sebutan dan Kunyah Abu Syuja’ disandangkan kepadanya, karena dia adalah seorang ulama yang pemberani dalam menegakkan kebenaran dan tidak takut dengan cacian orang lain di dalam menegakkan keadilan.

Ayahnya berasal dari Asfahan, Persia (sekarang Iran) namun dia dilahirkan di Basrah, Irak pada tahun 433 H. Dia belajar dan mengajar fikih Imam asy-Syafi’i di Basrah selama lebih dari 40 tahun kemudian hijrah ke kota Madinah dan wafat disana pada tahun 593 H dalam usia 160 tahun.

Menukil Bincangsyariah.com, Imam Abu Syuja’ menjadi perbincangan yang menarik karena rahasia keberhasilannya dalam hidup hingga mencapai usia yang luar biasa, 160 tahun.

Di balik umur panjangnya, rupanya Imam Abu Syuja’ mempraktikkan gaya hidup yang seimbang dan menjaga kesehatan dengan baik. Nah berikut penjelasan tentang rahasia awet muda Imam Abu Syuja’.

 

3 dari 3 halaman

Rahasia Awet Muda dan Panjang Usia Abu Syuja

Di balik kepakarannya dalam bidang fikih dan aqidah, ada satu keunikan lain dalam dirinya. Syekh Abu Syuja’ termasuk ulama yang awet muda. Dalam satu riwayat dijelaskan ia hidup sampai usia 160 tahun. Kesaksian ini diungkapkan oleh Syaikh Sulaiman Bin Muhammad Bin Umar As Syafi’i atau yang lebih dikenal dengan nama Imam Al Bujairami.

فَائِدَةٌ : قَالَ الدِّيرِيّ: عَاشَ الْقَاضِي أَبُو شُجَاعٍ مِائَةً وَسِتِّينَ سَنَةً وَلَمْ يَخْتَلَّ عُضْوٌ مِنْ أَعْضَائِهِ فَقِيلَ لَهُ فِي ذَلِكَ؟ فَقَالَ: مَا عَصَيْت اللَّهَ بِعُضْوٍ مِنْهَا، فَلَمَّا حَفِظْتهَا فِي الصِّغَرِ عَنْ مَعَاصِي اللَّهِ حَفِظَهَا اللَّهُ فِي الْكِبَرِ.

Artinya:”Faidah: Ad Diri berkata:” Qadhi Abu Syuja hidup hingga 160 tahun dan tidak ada satupun anggota tubuhnya yang rusak. Kemudian beliau ditanya perihal keadaan beliau tersebut. Kemudian belaiu menjawab aku tidak pernah bermaksiat kepada Allah dengan anggota tubuhku. Sehingga ketika aku menjaga anggota tubuhku dari bermaksiat kepada Allah. Dia menjagaku hingga masa tuaku” (Hasiyah Bujairami Ala Khatib juz 1 halaman 16).

Dengan demikian, sebagaimana dikisahkan oleh Ad Diri, Imam Abu Syuja’ memiliki umur yang panjang dan sehat sampai 160 tahun. Beliau bahkan tidak mengalami kerusakan pada anggota tubuhnya sedikitpun. Hal ini pun menimbulkan rasa ingin tahu dari orang lain, yang kemudian menanyakan rahasia di balik kesehatan dan umur panjang tersebut.

Imam Abu Syuja’ menjawab bahwa beliau tidak pernah menggunakan anggota tubuhnya untuk berbuat maksiat kepada Allah SWT. Menjaga anggota tubuh dari perbuatan maksiat tersebut dilakukannya sejak beliau masih muda.

Dengan menjaga anggota tubuhnya dari perbuatan maksiat, Imam Abu Syuja’ mendapatkan perlindungan dari Allah SWT hingga masa tuanya. Hal ini terbukti dengan kesehatan dan umur panjang yang beliau dapatkan, yaitu hidup sampai 160 tahun tanpa mengalami kerusakan pada anggota tubuhnya.

Tak kalah penting, selain tidak bermaksiat kepada Allah kita juga harus ikhtiar dengan melakukan pola hidup yang sehat semisal mengonsumsi makanan yang sehat, berolahraga dan lain lain.

Demikian penjelasan perihal rahasia awet muda Imam Abu Syuja’. Di balik umur panjangnya, rupanya Imam Abu Syuja’ mempraktikkan gaya hidup yang seimbang dan menjaga kesehatan dengan baik. Pun ia tidak pernah melakukan perbuatan maksiat pada Allah. 

Penulis: Nugroho Purbo/Madrasah Diniyah Miftahul Huda 1 Cingebul

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.