Sukses

Tradisi Unik Idul Fitri di 5 Negara dari Indonesia hingga Islandia, Berbagi Uang Sampai Tukar Hadiah

Idul Fitri, di seluruh dunia, adalah tentang menghabiskan waktu bersama keluarga dan teman. Namun hari kemenangan ini dirayakan dengan cara yang berbeda di berbagai belahan dunia. Berikut di antaranya, dari Indonesia hingga Islandia.

Liputan6.com, Jakarta - Idul Fitri, di seluruh dunia, adalah tentang menghabiskan waktu bersama keluarga dan teman. Namun hari kemenangan ini dirayakan dengan cara yang berbeda di berbagai belahan dunia.

Idul Fitri adalah saat bergembira bersama keluarga dan teman. Ini adalah perayaan penuh kebahagiaan yang menandai berakhirnya bulan suci Ramadhan ketika jutaan umat Islam dengan antusias menunggu penampakan hilal yang akan dikonfirmasi, untuk merayakan berakhirnya perjalanan puasa mereka. 

Di negara-negara Turki, hari ini sering disebut sebagai Bayram, sedangkan beberapa budaya Afrika Utara menyebutnya sebagai Eid Seghir.

Biasanya hari ini dimulai dengan doa, dan makan besar menjadi acara utama, namun ada banyak cara dan tradisi yang digunakan orang untuk merayakan acara khusus tersebut.

Proses mandi, salat subuh, zakat fitrah, dan ziarah merupakan hal yang lumrah dilakukan umat Islam di mana pun.

Terlepas dari praktik-praktik ini, tradisi dan adat istiadat unik hadir di antara umat Muslim di seluruh dunia.

Dari Turki hingga Islandia, lihatlah beberapa tradisi Idul Fitri di seluruh dunia yang berbeda di setiap wilayah namun memiliki perasaan gembira yang sama di seluruh dunia. Berikut ini ulasannya, mengutip dari hindustantimes.com, Minggu (7/4/2024): 

1. Turki

Ilustrasi bendera Turki (pixabay)

Di Turki, Idul Fitri dikenal dengan sebutan Ramazan Bayrami atau festival Ramadhan atau Seker Bayrami atau festival manisan.

Orang-orang biasanya akan mengenakan pakaian baru mereka yang disebut bayramlik dan saling mendoakan Bayraminiz Mubarek Olsun yang artinya 'Semoga Bayram (Idul Fitri) Anda diberkati'.

Perayaan ini adalah hari libur umum, di mana kantor-kantor pemerintah dan sekolah umumnya tutup selama tiga hari perayaan tersebut.

Kebiasaan saat Idul Fitri ini juga menjadi hal yang sangat penting untuk menghormati warga lanjut usia dengan mencium tangan kanan mereka dan menempelkannya di dahi sambil menyampaikan salam Bayram.

Bagi anak-anak yang merayakan Idul Fitri, mereka akan pergi dari rumah ke rumah di sekitar lingkungan mereka, mengucapkan "Selamat Bayram" kepada semua orang, yang mana mereka akan diberi hadiah berupa permen, manisan tradisional seperti baklava dan Turkish Delight, cokelat, atau sejumlah kecil uang di setiap pintu, mirip dengan kebiasaan Halloween di Amerika Serikat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Indonesia

Idul Fitri secara lokal di Indonesia dikenal sebagai Lebaran dan merupakan hari libur terpenting bagi masyarakat Indonesia.

Mirip dengan negara Muslim lainnya, masyarakat Indonesia merayakannya dengan salat, kumpul-kumpul, dan reuni keluarga.

Salah satu tradisi yang paling menonjol adalah mudik, di mana mereka yang meninggalkan kampung halaman untuk bekerja di kota besar kembali ke kampung halamannya untuk merayakan Idul Fitri bersama keluarga.

Ritual yang disebut Halal Bihalal juga dilakukan selama atau setelah Idul Fitri yang identik dengan ucapan permohonan maaf dari semua orang termasuk teman, kolega, tetangga, dan kerabat.

Anak-anak biasanya akan diberi amplop uang berwarna-warni oleh orang tua ketika mengunjungi mereka. Sebagian besar umat Islam Indonesia mengenakan pakaian budaya atau pakaian baru pada hari Idul Fitri, dengan gaya yang berbeda baik untuk pria maupun wanita.

Umumnya orang-orang juga mengunjungi makam orang yang mereka cintai selama hari raya Idul Fitri.

3 dari 4 halaman

3. Malaysia

Idul Fitri di Malaysia adalah momen yang menggembirakan seperti di tempat lain, dan mayoritas orang melakukan perjalanan pulang kampung untuk berkumpul dengan keluarga.

Masyarakat menghiasi rumah mereka dengan lampu minyak yang disebut Pelita dan memasak makanan tradisional untuk Idul Fitri, termasuk ketupat atau kue beras, dan rendang.

Secara lokal dikenal sebagai Hari Raya Aidilfitri, yang berarti perayaan Idul Fitri, yaitu hari di mana pakaian tradisional dikenakan oleh semua orang.

Perayaan Idul Fitri identik dengan open house di Malaysia, semua orang disambut di setiap rumah dan suasana pesta open door yang menyambut masyarakat untuk menikmati makanan dan bersenang-senang, tanpa membedakan mereka berdasarkan status ekonomi, agama, atau kasta. 

4. Afrika 

Ilustrasi bendera negara Afrika Selatan. (Photo by Den Harrson on Unsplash)

Negara-negara Afrika seperti Maroko, Mesir, Tunisia, Somalia, Afrika Selatan, Nigeria, dan beberapa negara lainnya, merayakan Idul Fitri dengan cara yang sama dengan salat subuh di masjid-masjid setempat sebelum berkumpulnya keluarga besar.

Di Maroko, pakaian tradisional dikenakan oleh pria dan wanita, dan pancake Maroko adalah makanan pokok sarapan, bersama dengan teh mintnya yang terkenal, sedangkan di Somalia, Halvo adalah hidangan penutup hari itu.

Di Mombasa, umat Islam menandai sepuluh hari terakhir Ramadhan (dikenal sebagai Kumi la mwisho) dengan festival jalanan dan sosialisasi.

Festival yang dibuka pada malam hari saat puasa harian berakhir ini menawarkan kesempatan kepada masyarakat untuk membeli oleh-oleh untuk teman dan keluarga.

Pendongeng juga berada di jalan-jalan di beberapa tempat selama Idul Fitri, menghibur anak-anak dengan cerita rakyat.

4 dari 4 halaman

5. Islandia

Menjelang perayaan Idul Fitri, umat Islam di Islandia juga menjalankan puasa senja hingga fajar selama Ramadhan.

Pada puncak musim panas, matahari tetap berada di langit lebih lama dari biasanya, matahari terbenam pada tengah malam dan kembali lagi dua jam kemudian. Artinya umat Islam yang tinggal di Islandia diwajibkan berpuasa hingga 22 jam sehari.

Meskipun hal ini terdengar seperti sebuah prestasi yang sangat menantang, para cendekiawan dan pakar Islam telah menawarkan alternatif bagi mereka yang tinggal di negeri matahari tengah malam.

Muslim di Islandia dapat memilih untuk berbuka puasa berdasarkan waktu terbit dan terbenamnya negara terdekat atau berdasarkan zona waktu Arab Saudi.

Hari baik ini dirayakan di salah satu dari sedikit masjid di Reykjavik, ibu kota Islandia. Para tamu yang mengunjungi masjid datang dengan menikmati prasmanan internasional yang menyajikan makanan lezat, termasuk makanan dari masakan Indonesia, Mesir, dan Eritrea untuk merayakan acara suci dan gembira ini.

Anak-anak sangat senang karena bisa mengenakan pakaian terbaik mereka dan bertukar hadiah dengan sesama teman dan anggota keluarga.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini