Sukses

Top 3 Islami: Saat Malaikat Jibril Bertanya Kapan Kiamat Terjadi, Fenomena Alam Tanda Lailatul Qadar

Kisah mengenai Malaikat Jibril yang bertanya kapan waktu pasti terjadinya kiamat menjadi artikel terpopuler di kanal Islami Liputan6.com, Selasa (2/4/2024). Artikel lain yang juga menyita perhatian adalah fenomena alam tanda kiamat menurut Rasulullah SAW

Liputan6.com, Jakarta - Kapan waktu terjadinya kiamat banyak menjadi bahan pertanyaan. Bahkan, golongan malaikat pun ternyata juga bertanya-tanya mengenai kepastian hari akhir itu.

Allah telah menegaskan dalam Al-Qur'an, pengetahuan mengenai waktu terjadinya kiamat hanya milik-Nya. Bahwa kemudian ada orang-orang yang mengaku-ngaku mampu memprediksi atau meramal waktu kiamat, maka itu hanya bualan, prasangka atau hanya omong-omong belaka.

Kisah mengenai Malaikat Jibril yang bertanya kapan waktu pasti terjadinya kiamat kepada Nabi Muhammad SAW menjadi artikel terpopuler di kanal Islami Liputan6.com, Selasa (2/4/2024).

Artikel kedua yang juga menarik perhatian adalah golongan manusia yang merugi pada Ramadhan, penjelasan Buya Yahya.

Sementara, artikel ketiga yaitu tentang fenomena alam tanda datangnya malam Lailatul Qadar menurut Rasulullah SAW.

Selengkapnya, mari simak Top 3 Islami.

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Malaikat Jibril Bertanya, Kapan Kiamat Terjadi? Ini Jawaban Rasulullah SAW

Setiap mukmin wajib mengimani datangnya hari kiamat sebagaimana menjadi salah satu Rukun Iman. Pada intinya, maksud dari iman kepada hari akhir adalah percaya bahwa hari kiamat itu akan datang, cepat atau lambat.

Hari kiamat akan menjadi tanda berakhirnya kehidupan manusia di dunia. Setelah alam semesta beserta isinya hancur, seluruh manusia sejak zaman Nabi Adam ‘alaihissalam hingga yang terakhir akan dibangkitkan. 

Selanjutnya manusia akan menghadapi beberapa fase. Amal ibadah dan perbuatan selama didunia akan ditimbang dan dihisab. Manusia akan mendapat balasan sesuai amal dan perbuatan yang dilakukan di dunia pada Yaumul Jaza.

Gambaran tentang hari kiamat dan fase-fase setelahnya banyak diterangkan dalam Al-Qur’an dan hadis nabi. Namun, yang masih menjadi misteri adalah soal waktu terjadinya kiamat.

Pernah suatu ketika Malaikat Jibril bertanya tentang waktu terjadinya kiamat kepada Rasulullah SAW. Lantas apa jawaban nabi? Apakah Nabi Muhammad SAW mengetahui kapan waktu pastinya kiamat?

Selengkapnya baca di sini

3 dari 4 halaman

2. Inilah Golongan yang Rugi di Bulan Ramadhan Menurut Buya Yahya

Bulan suci Ramadhan 1445 H sudah memasuki 10 hari terakhir Ramadhan. Sebagian besar umat Islam sedang berusaha agar meraih keistimewaan malam Lailatul Qadar di hari-hari terakhir Ramadhan.

Ramadhan bukan hanya istimewa karena ada Lailatul Qadar. Sepanjang harinya pun juga istimewa. Namun memang malam Lailatul Qadar memiliki keistimewaan tersendiri karena malam itu lebih baik dari seribu bulan.

Ramadhan adalah bulan penuh berkah. Pahala dari ibadah yang dikerjakan muslim di bulan suci akan dilipatgandakan. Tidak heran jika banyak umat Islam yang meningkatkan ibadahnya di bulan Ramadhan.

Meskipun Ramadhan adalah bulan agung dan penuh dengan keutamaan, namun menurut ulama kharismatik KH Yahya Zainul Ma’arif  (Buya Yahya) ada saja orang-orang yang tidak beruntung di bulan suci ini. Bisa dikatakan ia termasuk orang yang merugi di bulan Ramadhan.

Siapakah orang-orang yang termasuk golongan merugi di bulan Ramadhan? Simak berikut penjelasan Buya Yahya.

Selengkapnya baca di sini

4 dari 4 halaman

3. Fenomena Alam Tanda Datangnya Malam Lailatul Qadar Menurut Rasulullah SAW

Malam yang sangat dirindukan kaum muslimin di seluruh penjuru duniasaat bulan Ramadan ialah malam Lailatul Qadar. Pasalnya keutamaan beribadah saat berjumpa dengan malam ini keutamaan dan pahalanya lebih baik dari seribu bulan.

Perihal datangnya malam mulia ini, Allah SWT merahasiakan kedatangannya. Sebenarnya, siapa saja memiliki potensi berjumpa dengan malam Lailatul Qadar.

Tentu saja tidak mudah untuk mendapatkannya. Meski demikian kita tidak boleh berputus asa.  

Meraih malam yang teramat mulia ini bisa dengan ikhtiar meningkatkan amal ibadah kita selama bulan Ramadan.

Meskipun malam Lailatul Qadar ini rahasia Allah, akan tetapi bisa dilihat dari fenomena alam yang terjadi sebagaimana informasi dari Rasulullah SAW.

Selengkapnya baca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.