Sukses

Top 3 Islami: Foto-Foto New Murabba 'Mukaab si Kabah Baru', Kisah Abu Thalhah yang Jasadnya Utuh

Para kritikus menyindirnya dengan sebutan new ka'bah alias Ka'bah baru untuk The Mukaab yang termasuk dalam megaproyek New Murabba, Arab Saudi. Beberapa lainnya juga mengaitkan dengan tanda kiamat

Liputan6.com, Jakarta - Megaproyek New Murabba yang diumumkan setahun lalu langsung menyita perhatian masyarakat dunia. Proyek yang dipimpin langsung oleh Pangeran Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman al Saud ini juga memicu kontroversi lantaran keberadaan bangunan kubus yang mirip dengan Ka'bah, yang dinamai The Mukaab.

Bahkan, para kritikus menyindirnya dengan sebutan new ka'bah alias Ka'bah baru. Beberapa lainnya juga mengaitkan dengan tanda kiamat, mengingat ada hadis Nabi SAW yang menyebut penggembala kambing yang berlomba mendirikan bangunan megah dan tinggi.

Meski begitu, tak urung New Murabba juga membuat penasaran. Kumpulan foto New Murabba menjadi artikel terpopuler di kanal Islami Liputan6.com, Senin (1/3/2024).

Artikel kedua yang tak kalah menyita perhatian adalah kisah sahabat Nabi Muhammad SAW, Abu Thalhah yang jasadnya utuh. Apa amalannya semasa hidup?

Sementara, artikel ketiga terpopuler mengenai ulasan lengkap New Murabba yang banyak dikritik pemerhati dari seluruh dunia dan dikaitkan dengan tanda kiamat.

Selengkapnya, mari simak Top 3 Islami.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. 5 Potret Penampakan Mukaab, Bangunan Mirip Ka’bah yang Dikaitkan Tanda Kiamat

Gambaran The Mukaab yang dirancang berada di tengah-tengah The New Murabba memicu pro dan kontra. Bahkan, ada yang menyebut bangunan tersebut mirip Ka’bah dan mengaitkannya dengan tanda kiamat.

The New Murabba adalah megaproyek yang dibangun Arab Saudi dan digadang-gadang bakal menjadi pusat kota modern terbesar di dunia. Sosok di balik proyek raksasa ini adalah Putra Mahkota Mohammed bin Salman selaku Perdana Menteri Arab Saudi.

Mengutip Arabian Business, Mukaab yang termasuk dalam rancangan The New Murabba akan menjadi salah satu struktur bangunan terbesar di dunia. Bangunan pencakar langit ini akan memiliki tinggi 400 meter, panjang 400 meter, dan lebar 400 meter berbentuk kubus.

Setelah diumumkan setahun lalu, tepatnya Kamis (16/2/2023), rancangan Mukaab memicu kontroversi lantaran mirip dengan situs suci di Masjidil Haram, Ka’bah. Pembangunan Mukaab juga dikaiktan dengan tanda kiamat.

“Nabi Muhammad (SAW) mengatakan salah satu tanda kiamat adalah bahwa Anda akan melihat 'para gembala bersaing dalam membangun gedung-gedung tinggi," cuit seorang warganet dengan akun Twitter @2015Jmr.

Redaksi yang dikutip warganet tersebut dapat ditemukan dalam HR Muslim. Hadis ini diriwayatkan dari jalur Abu Huraira ketika Nabi Muhammad SAW berkata kepada Jibril AS saat ditanya ihwal kapan terjadinya hari kiamat. Berikut redaksinya.

"Lelaki itu berkata lagi, "Beritahukan kepadaku kapan terjadinya Kiamat." Nabi SAW menjawab, "Yang ditanya tidaklah lebih tahu daripada yang bertanya." Dia pun bertanya lagi, "Beritahukan kepadaku tentang tanda-tandanya!" Nabi menjawab, "Jika budak wanita telah melahirkan tuannya, jika engkau melihat orang yang bertelanjang kaki, tanpa memakai baju (miskin papa) serta penggembala kambing telah saling berlomba dalam mendirikan bangunan megah yang menjulang tinggi." (HR Muslim)

Seperti apa bangunan Mukaab yang disebut ‘Ka’bah Baru’ dan dikaitkan dengan tanda kiamat? Berikut potret-potret penampakannya.

Selengkapnya baca di sini

3 dari 4 halaman

2. Kisah Abu Thalhah yang Jazadnya Utuh Seperti Orang Tidur, Ternyata Ini Amalannya Semasa Hidup

Ada kisah luar biasa dari sahabat Nabi Muhammad SAW, Abu Thalhah. Sesudah meninggal selama berhari-hari jasadnya tetap utuh.

Semasa hidup Abu Thalhah merupakan sosok yang sangat rajin menunaikan ibadah puasa.

Melalui riwayat Anas bin Malik, diceritakan bahwa Abu Thalhah selalu berpuasa sepeninggalan Nabi Muhammad SAW selama 40 tahun.

Dalam buku Ensiklopedia Sahabat Rasulullah yang ditulis oleh Wulan Mulya Pratiwi dkk, dijelaskan Abu Thalhah tidak menunaikan puasa hanya pada hari-hari yang diharamkan, seperti hari besar, atau saat ia sedang sakit.

Selain rajin menunaikan puasa, Abu Thalhah juga tak pernah meninggalkan sholat malam dan selalu berjihad di jalan Allah.

Selengkapnya baca di sini

4 dari 4 halaman

3. Mengenal New Murabba yang Dikritik karena 'Ka'bah Baru', Proyek Ambisius Putra Mahkota Arab Saudi yang Dikaitkan Tanda Kiamat

Kerajaan Arab Saudi memiliki proyek raksasa yang dijadwalkan rampung pada 2030. Adalah New Murabba, proyek yang dipimpin langsung oleh Putra Mahkota Arab Saudi, Mohammed bin Salman Al Saud.

New Murabba dirancang di Riyadh sebagai kota modern terbesar di dunia dengan luas 19 kilometer persegi. Proyek ini akan menampilkan museum, universitas teknologi dan desain, teater imersif, dan tempat hiburan.

Namun, setelah proyek ini diumumkan ke publik setahun lalu, rancangan desain New Murabba memicu kontroversi publik. Salah satu penyebabnya adalah terdapat bangunan The Mukaab.

Mukaab adalah bangunan pencakar langit yang memiliki tinggi 400 meter, panjang 400 meter, dan lebar 400 meter. Bangunan ini akan menjadi tujuan imersif yang dihidupkan oleh teknologi digital dan virtual.

Yang menjadi kontroversi adalah bangunan Mukaab didesain mirip seperti Ka'bah, situs suci umat Islam dunia yang berada di Masjidil Haram, Makkah. Tidak sedikit pihak yang kemudian menjuluki Mukaab sebagai Ka'bah Baru. 

“Membangun Ka’bah baru yang secara eksklusif ditujukan untuk kapitalisme agak terlalu sulit,” kata reporter Intercept Murtaza Hussain, dikutip dari Middle East Eye. 

“Tampaknya [putra mahkota] sedang membangun Ka'bahnya. Apakah dia akan menegakkannya sebagai kiblat baru bagi para jamaah?” cuit akademisi Asad Abu Khalil.

Selengkapnya baca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.