Sukses

5 Potret Penampakan Mukaab, Bangunan Mirip Ka’bah yang Dikaitkan Tanda Kiamat

Gambaran The Mukaab yang dirancang berada di tengah-tengah The New Murabba memicu pro dan kontra. Bahkan, ada yang menyebut bangunan tersebut mirip Ka’bah dan mengaitkannya dengan tanda kiamat.

Liputan6.com, Jakarta - Gambaran The Mukaab yang dirancang berada di tengah-tengah The New Murabba memicu pro dan kontra. Bahkan, ada yang menyebut bangunan tersebut mirip Ka’bah dan mengaitkannya dengan tanda kiamat.

The New Murabba adalah megaproyek yang dibangun Arab Saudi dan digadang-gadang bakal menjadi pusat kota modern terbesar di dunia. Sosok di balik proyek raksasa ini adalah Putra Mahkota Mohammed bin Salman selaku Perdana Menteri Arab Saudi.

Mengutip Arabian Business, Mukaab yang termasuk dalam rancangan The New Murabba akan menjadi salah satu struktur bangunan terbesar di dunia. Bangunan pencakar langit ini akan memiliki tinggi 400 meter, panjang 400 meter, dan lebar 400 meter berbentuk kubus.

Setelah diumumkan setahun lalu, tepatnya Kamis (16/2/2023), rancangan Mukaab memicu kontroversi lantaran mirip dengan situs suci di Masjidil Haram, Ka’bah. Pembangunan Mukaab juga dikaiktan dengan tanda kiamat.

“Nabi Muhammad (SAW) mengatakan salah satu tanda kiamat adalah bahwa Anda akan melihat 'para gembala bersaing dalam membangun gedung-gedung tinggi," cuit seorang warganet dengan akun Twitter @2015Jmr.

Redaksi yang dikutip warganet tersebut dapat ditemukan dalam HR Muslim. Hadis ini diriwayatkan dari jalur Abu Huraira ketika Nabi Muhammad SAW berkata kepada Jibril AS saat ditanya ihwal kapan terjadinya hari kiamat. Berikut redaksinya.

"Lelaki itu berkata lagi, "Beritahukan kepadaku kapan terjadinya Kiamat." Nabi SAW menjawab, "Yang ditanya tidaklah lebih tahu daripada yang bertanya." Dia pun bertanya lagi, "Beritahukan kepadaku tentang tanda-tandanya!" Nabi menjawab, "Jika budak wanita telah melahirkan tuannya, jika engkau melihat orang yang bertelanjang kaki, tanpa memakai baju (miskin papa) serta penggembala kambing telah saling berlomba dalam mendirikan bangunan megah yang menjulang tinggi." (HR Muslim)

Seperti apa bangunan Mukaab yang disebut ‘Ka’bah Baru’ dan dikaitkan dengan tanda kiamat? Berikut potret-potret penampakannya.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Inilah rancangan proyek megah The New Murabba yang di tengah-tengahnya akan didirikan bangunan kubus dengan nama The Mukaab atau ‘Ka’bah Baru’.

3 dari 6 halaman

2. Proyek ini akan menampilkan museum, universitas teknologi dan desain, teater imersif, dan tempat hiburan.

4 dari 6 halaman

3. Murabba Baru menjadi proyek yang memakan anggaran miliaran dolar Amerika, ditargetkan rampung 2030.

5 dari 6 halaman

4. Proyek kerajaan Arab Saudi di Riyadh tersebut menuai pro kontra lantaran Mukaab desain bangunannya mirip Ka’bah.

6 dari 6 halaman

5. Tidak sedikit yang mengaitkan proyek yang diluncurkan Putra Mahkota Mohammed bin Salman dengan tanda kiamat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.