Sukses

Gandeng 12 Mitra, BPKH Luncurkan Porgam Berkah Ramadhan ke Seluruh Indonesia

Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) meluncurkan program rutin tahunannya bersama 12 mitra kemaslahatan.

Liputan6.com, Jakarta - Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) meluncurkan program rutin tahunannya bersama 12 mitra kemaslahatan. Kepala Badan Pelaksana BPKH Fadlul Imansyah mengatakan, pada tahun ini program tersebut mengambil tajuk “Berkah Ramadan Bersama BPKH 1445 H”.

“Program ini berkolaborasi bersama dengan Mitra Kemaslahatan. Ini adalah program rutin tahunan BPKH yang telah diaksanakan selama 4 tahun dan terus berusaha ditingkatkan kualitas dan kebermanfaatannya,” kata Fadlul melalui siaran pers diterima, Rabu (27/3/2024).

Fadlul meyakini, program kemitraannya dapat menjadi bagian syiar Islam dan salah satu cara untuk memakmurkan bulan suci Ramadan 1445 H. Sebab program dijalankan tersebar di seluruh Indonesia dan ada di setiap pelosok provinsi dengan sasaran seluruh lapisan masyarakat.

“Penyaluran program akan dilakukan di berbagai daerah, ditujukan kepada seluruh lapisan masyarakat mulai dari jemaah masjid, majelis taklim, muslim dan mustahik di daerah minoritas, orang tua renta hingga anak-anak berkebutuhan khusus,” tutur Fadlul.

Fadlul juga menyatakan Program 'Berkah Ramadan Bersama BPKH 1445 H' merupakan wujud komitmen badan yang dikomandoinya dalam meningkatkan peran dan manfaat Dana Abadi Umat bagi kemaslahatan umat Islam di Indonesia.Salah satunya harapannya adalah, program terkait dapat membantu meningkatkan kualitas bacaan Al Quran dan memberikan akses yang lebih luas kepada umat Islam untuk mempelajari Al Quran.

“Semoga program ini mampu meningkatkan syiar Islam di bulan Ramadan yang penuh berkah ini," harap Fadlul.

Sebagai informasi, kegiatan kemaslahatan dalam program ini menggunakan Nilai Manfaat Dana Abadi Umat (DAU), di mana pokoknya tetap dan akan terus bertambah. Sehingga tidak ada dana setoran awal yang digunakan untuk kegiatan Kemaslahatan. Diketahui, total anggaran untuk Program BPKH Berbagi Berkah Ramadan tahun 2024 ini sebesar Rp 12,6 miliar.

"Yang digunakan dan didistrubsikan sebegaai dana kemaslahatan adalah hasil investsi dari pengelolaan Dana Abadai Umat. Jadi bukan pokok dari Dana Abadi Umat," Fadlul menandasi.

Menanggapi program BPKH tersebut, Wakil Menteri Agama Saiful Rahmat Dasuki mengapresiasi atas program BPKH Berbagi Berkah Ramadan tahun 2024. Menurut dia, BPKH mempunyai posisi yang strategis dalam pengelolaan dana haji dan diharapkan bisa memberikan manfaat kepada umat.

“Kemenag berharap BPKH dapat terus memberikan manfaat melalui progran kemashlahatannya,” ujar Saiful.

Program Berkah Ramadan Bersama BPKH 1445 H diluncurkan di Muamalat Tower Jakarta pada Selasa (26/3/2024). Secara simbolis program tersebut diberikan Kepala Badan Pelaksana BPKH Fadlul Imansyah kepada para mitra kemaslahatan untuk diteruskan kepada penerima manfaat dan disaksikan Anggota Badan Pelaksana BPKH Sulistyowati, Anggota Dewan Pengawas BPKH Rojikin dan Anggota Dewan Pengawas BPKH M Dawud Arif Khan, Wakil Menteri Agama Saiful Rahmat Dasuki.

Terdapat 12 mitra kemaslahatan BPKH dalam penyaluran program ini, yaitu Baitulmaal Muamalat, BAZNAS, Dewan Masjid Indonesia, Dompet Dhuafa, DT Peduli, Lazismu, LAZ Persis, Lazuq, NU Care Lazisnu, PPPA Daarul Qur’an, Rumah Zakat dan Solo peduli.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Rincian Bantuan

Berikut total rician bantuan dari program tersebut:

1. 4000 Program Buka Bersama dan Parcel lebaran

2. 20.000 Program Berbagi Al Quran

3. 7.777 Program Kado Ramadan

4. 500 Program Berbagi Al Quran Braille Ramadan

5. 1.00 Program Pelatihan Da’i Berbagi Al Quran Braille Ramadan

6. 1.000 Program Berbagi Mushaf Juz 30 Isyarat

7. 3.600 Program Balik kerja Bareng BPKH

8. 500 Speaker Murotal

9. Pelatihan Dai bahasa Isyarat

10. Program Revitalisasi 20 Masjid terminal di 4 provinsi Pulau Jawa

11. Program Ekspresi (Ekspedisi Ramadan Penuh Inspirasi)

12. 500 Mushaf Imam

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • BPKH adalah singkatan dari Badan Pengelola Keuangan Haji.

    BPKH

  • Ramadan adalah bulan suci umat Islam yang dirayakan dengan cara melaksanakan puasa selama satu bulan penuh.
    Ramadan adalah bulan suci umat Islam yang dirayakan dengan cara melaksanakan puasa selama satu bulan penuh.

    Ramadan

  • Ramadhan adalah bulan kesembilan dalam penanggalan Hijriyah (sistem penanggalan agama Islam).
    Ramadhan adalah bulan kesembilan dalam penanggalan Hijriyah (sistem penanggalan agama Islam).

    Ramadhan

Video Terkini