Sukses

Cara Merawat Rem Sepeda Motor Agar Mudik Berjalan Aman

Pastikan Anda menggunakan rem motor dengan benar dan melaukan perawatan pada rem sepeda motor supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan

Liputan6.com, Jakarta Kampas rem adalah bagian yang sangat vital dan tak boleh terlewatkan pada sepeda motor karena berkaitan langsung dengan keselamatan berkendara, baik untuk memperlambat laju kendaraan maupun menghentikan roda dengan tepat.

Menjaga kampas rem untuk tetap mampu beroperasi dengan baik merupakan kewajiban bagi para penggunanya, terutama saat melakukan perjalanan jarak jauh seperti mudik di momen libur Lebaran. 

Berikut adalah beberapa tips perawatan yang bisa dilakukan oleh pengendara sepeda motor untuk menjaga sistem pengereman tetap optimal:

1. Hindari kebiasan berkendara yang dapat merusak rem

Saat mengendarai sepeda motor, pengendara disarankan untuk menghindari kebiasaan menarik gas dan tuas rem sepeda motor secara bersamaan. Jika hal ini dilakukan secara terus menerus, kampas rem dapat menjadi lebih cepat aus atau menipis.

2.  Bersihkan kampas rem secara rutin

Penting untuk menjaga kampas rem tetap bersih agar kampas rem terhindar dari tumpukan kotoran seperti pasir atau debu halus yang dapat mengganggu kinerja rem. Bersihkan kampas rem secara rutin menggunakan sikat kawat atau cairan pembersih rem.

3. Rutin cek dan ganti minyak rem

Agar fungsi cakram rem sepeda motor tetap optimal, pengendara sepeda motor perlu memperhatikan kondisi minyak rem. Pastikan volume minyak rem di dalam master rem berada dalam batas normal, jernih, dan bebas dari kotoran. Sesuaikan dengan buku petunjuk penggunaan.

Penggantian minyak rem juga perlu dilakukan setiap 24.000 km atau 2 tahun sekali dalam kondisi penggunaan normal.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

4. Gunakan spare part asli

Penggunaan spare part asli menjadi hal yang tidak kalah penting. Setiap kampas rem asli pabrikan telah dirancang khusus sesuai dengan setiap model sepeda motor, sehingga kinerja dan daya tahannya dapat dipastikan bekerja optimal sesuai kebutuhan. Gunakan pula minyak rem asli pabrikan yang dapat menahan suhu sesuai dengan tingkat suhu pada pengereman.

“Melakukan perawatan sepeda motor menjadi kewajiban para pengendaranya, hal ini untuk menjaga berbagai fungsi pada sepeda motor tetap optimal. Salah satunya fungsi pengereman yang sangat penting untuk selalu diperhatikan khususnya bagi para pengendara aktif. Maka dari itu kami sebagai produsen sepeda motor berupaya mengingatkan dengan berbagi tips perawatan fungsi pengereman sepeda motor untuk menunjang pengalaman berkendara konsumen tetap menyenangkan,” jelas Frengky Rusli, Asst. General Manager Aftersales PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

Jika Anda adalah pengguna sepeda motor Yamaha, Yamaha memiliki solusi perawatan kampas rem dengan menyediakan paket lengkap. Yamaha menghadirkan program promosi spesial RAYA (Ramadan bersama Yamaha) dengan potongan harga senilai Rp 25.000,- untuk setiap pembelian Paket Hemat (kampas rem depan + belakang + oli Yamalube) yang berlaku di seluruh jaringan bengkel resmi Yamaha.

Promo ini berlangsung mulai dari tanggal 15 Maret hingga 15 April 2024, dan dapat dinikmati oleh seluruh pemilik sepeda motor Yamaha (Matic, Sport, Moped).

3 dari 3 halaman

Infografis Motor Listrik

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.