Sukses

2 Amalan Ramadhan yang Bakal Jadi Syafaat di Hari Kiamat, Apa Saja?

Berlomba-lombalah dalam memperbanyak amalan di bulan ramadhan. Sebab, di antaranya dapat menjadi syafaat (penolong) di hari kiamat.

Liputan6.com, Jakarta - Bulan Ramadhan menjadi momen yang tepat untuk memperbanyak pahala dan menghapus dosa. Hal inilah yang membuat umat muslim berlomba-lomba dalam meningkatkan kuantitas dan kualitas ibadah di bulan nan suci ini.

Kita juga diwajibkan untuk menunaikan ibadah puasa selama satu bulan penuh. Puasa dilakukan sejak fajar hingga waktu maghrib.

Selain itu, Allah SWT juga menurunkan Al-Qur'an pada bulan Ramadhan. Ini merupakan kenikmatan besar dari Allah SWT yang diperlihatkan bagi hambanya.

Oleh karena itu, Allah SWT sangat menyukai bila umat muslim membaca Al-Qur'an di bulan Ramadhan. Orang yang membaca Al-Qur'an itu seakan-akan berdoa memohon kebaikan, memohon rahmat dan ampunan kepada Allah.

Sejatinya ada banyak amalan yang dapat dilakukan pada bulan Ramadhan. Namun, terkhusus ibadah puasa dan membaca Al-Qur'an, ternyata menyimpan keutamaan luar biasa. Kelak keduanya akan memberi syafaat di hari kiamat.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Puasa dan Al-Qur'an Jadi Syafaat di Hari Kiamat

Nabi Muhammad SAW bersabda, "Barangsiapa disibukkan oleh Al-Qur'an hingga dia lupa membaca dzikir yang lain dan dia lupa memohon sesuatu kepadaNya, niscaya Aku berikan kepadanya sesuatu lebih baik dari pada yang Aku berikan kepada orang lain. Keutamaan kalam Allah atas segala kalam yang lain adalah seperti keutamaan Allah atas makhlukNya." (HR. Turmudzi, dihasankan oleh Abu Sa'id).

Melansir dari laman merdeka.com, mengutip buku Kesempurnaan Ibadah Ramadan karangan Abdul Manan bin Haji Muhammad Sobari, bagi orang yang berkumpul untuk melakukan tadarus di masjid maka Allah menurunkan ketenangan dan rahmat kepada mereka oleh malaikat. Para malaikat mengelilingi setiap orang yang tadarus dan Allah SWT menyebut mereka sama dengan orang-orang yang berada di sisi-Nya.

Rasulullah SAW bersabda, "Tidak berkumpul segolongan orang pada suatu rumah dari rumah-rumah Allah (masjid) untuk membaca kitab Allah dan mentadaruskannya di antara mereka melainkan turunlah ketenangan kepada mereka dan ditutuplah mereka oleh rahmat dan dikelilingilah mereka oleh para malaikat dan Allah menyebut mereka bersama dengan orang-orang yang berada di sisi-Nya."

Puasa dan Al-Qur'an memberi pertolongan pada hari kiamat. Nabi Muhammad SAW bersabda, "Puasa dan Al-Qur'an keduanya memberi syafaat kepada para hamba pada hari kiamat."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.