Sukses

Berkirim Pesan Makin Semarak di Bulan Ramadan dengan Stiker Baru di WhatsApp

WhatsApp menghadirkan paket stiker baru bertema Ramadan untuk memeriahkan pengguna ketika berkirim pesan.

Liputan6.com, Jakarta - Menyambut bulan Ramadan, WhatsApp mengumumkan telah merilis paket stiker baru. Lewat paket stiker baru ini, WhatsApp ingin memudahkan pengguna berbagi ucapan dan doa dengan orang tersayang.

Dalam keterangan resmi yang diterima, Rabu (13/3/2024), paket stiker WhatsApp edisi Ramadan ini sudah tersedia bagi para pengguna, dan bisa langsung dipakai.

"Selain berbagi makanan dan kebersamaan, Ramadan juga menjadi momen untuk saling mendoakan antar sanak saudara, baik yang dekat maupun yang jauh," tutur WhatsApp.

Untuk mengakses paket stiker ini, pengguna WhatsApp dapat mengaksesnya seperti stiker lainnya. Pengguna tinggal mengaksesnya lewat ikon stiker dalam chat.

Kemudian, pengguna tinggal menekan simbol + untuk melihat semua pilihan paket stiker yang tersedia. Aplikasi chatting milik Meta ini pun menjamin paket stiker ini telah dienkripsi secara end-to-end.

Sebelum kehadiran stiker khusus Ramadan ini, WhatsApp juga menghadirkan kemampuan membuat stiker mandiri untuk pengguna iOS. Fitur pembuat stiker ini dirilis pada awal 2024.

Dijelaskan, fitur ini hadir untuk perangkat yang menjalankan iOS 17 ke atas.

"Pengguna dengan versi iOS lebih lama masih bisa mengedit stiker yang sudah ada, tapi tidak dapat membuat stiker baru," kata aplikasi chatting tersebut.

Lewat Stiker Maker ini, pengguna WhatsApp bisa mengubah foto diri mereka menjadi stiker atau mempersonalisasi stiker yang sudah ada dengan cepat, sehingga chatting menjadi lebih seru dan ramai.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pengguna WhatsApp di iPhone Bisa Bikin Stiker Sendiri, Begini Caranya

Dalam keterangan yang diterima Tekno Liputan6.com, pengguna WhatsApp iPhone bisa membuat stiker sendiri tanpa harus melakukan drag and drop gambar dari galeri atau memakai aplikasi pihak ketiga.

Pengguna dapat terus terproteksi oleh keamanan enkripsi end-to-end milik WhatsApp ketika membuat stiker di platform ini.

"Pembuatan stiker WhatsApp menjadi lebih mudah dengan memanfaatkan fungsi pemotong otomatis dan berbagai alat edit," kata WhatsApp dalam keterangannya.

Adapun alat pengedit-an tersebut mulai dari teks dan gambar, hingga kemampuan menempatkan stiker di atas stiker lainnya.

Setelah terkirim, stiker secara otomatis tersimpan di daftar stiker, sehingga pengguna bisa mengirimkannya kembali kapan saja mereka mau.

3 dari 3 halaman

Cara Membuat Stiker WhatsApp di iPhone

Cara membuat stiker dari sebuah gambar:

  • Buka daftar stiker dengan memilih ikon stiker di sebelah kanan kotak teks
  • Pilih ‘buat stiker’ dan pilih gambar dari galeri Anda
  • Sesuaikan stiker Anda dengan memilih potongan dan menambahkan teks, stiker lain, atau gambar di atasnya
  • Kirim!

Cara Edit Stiker yang Sudah Ada:

  • Buka daftar stiker dan dengan memilih ikon stiker di sebelah kanan kotak teks
  • Tekan lama stiker yang ingin Anda edit, dan pilih ‘edit stiker’
  • Sesuaikan stiker Anda dengan menambahkan teks, stiker lain, atau gambar di atasnya
  • Kirim!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.