Sukses

Rugi Besar Kalau Sholat Tarawih tapi Gak Sholat Sunnah Ini, Kata Buya Yahya

Sholat tarawih memang memiliki keutamaan dan pahala yang luar biasa. Namun perlu diketahui bahwa ada satu sholat sunnah lain sebelum sholat tarawih yang lebih utama.

Liputan6.com, Jakarta - Sholat tarawih termasuk ibadah sunnah yang hanya berlaku selama bulan Ramadhan. Sholat tarawih ini dikerjakan setelah melaksanakan sholat isya, bisa dilakukan secara berjemaah atau munfarid.

Sholat tarawih memang memiliki keutamaan dan pahala yang luar biasa. Namun perlu diketahui bahwa ada satu sholat sunnah lain sebelum sholat tarawih yang lebih utama. 

Adalah sholat sunnah ba’diyah isya. Rugilah orang-orang yang hanya sholat tarawih tapi meninggalkan sholat sunnah setelah isya. Sebab, kata ulama kharismatik Buya Yahya, sholat tarawih tidak bisa mengalahkan sholat ba'diyah isya yang termasuk sholat rawatib.

“Ada orang sholat tarawih tapi gak sholat ba'diyah isya. Itu orang mburu uceng kelangan deleg. Ambil yang kecil, yang gede ditinggal,” kata Buya Yahya dikutip dari YouTube Al Bahjah TV, Selasa (12/3/2024).

Ulama bernama lengkap KH Yahya Zainul Ma’arif ini menjelaskan, sholat yang tertinggi di bulan Ramadhan adalah sholat fardhu. Peringkat keduanya adalah sholat sunnah yang dikukuhkan seperti sholat ba’diyah isya dan sholat witir. 

“Maka sholat tarawih nggak bisa mengalahkan sholat ba'diyah isya. Jadi lebih gede pahalanya ba'diyah isya dibanding sholat tarawihnya,” ujar Pengasuh LPD Al Bahjah ini.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bolehkah Sholat Ba’diyah Isya Setelah Tarawih?

Buya Yahya mengatakan, waktu sholat ba’diyah isya terbentang hingga sebelum memasuki subuh. Oleh karenanya, bagi orang yang belum sholat ba’diyah bisa melakukannya setelah selesai sholat tarawih atau ketika sahur.

Buya Yahya mengingatkan bahwa sholat ba’diyah isya lebih besar pahalanya daripada sholat tarawih. Maka, ia berpesan jangan lewatkan sholat ba’diyah di bulan Ramadhan.

3 dari 3 halaman

Niat Sholat Ba’diyah Isya

Sholat sunnah ba’diyah isya dikerjakan sebanyak dua rakaat setelah sholat isya. Dalil sholat rawatib ini adalah pengakuan seorang sahabat, Muhammad bin al-Munkadir yang diriwayatkan Imam al-Bukhari dan Muslim. Ia mengatakan:

صليت مع النبي صلى الله عليه وسلم ركعتين بعد العشاء   

Artinya: “Saya pernah shalat dua rakaat setelah Isya’ bersama Nabi shalallahu alaihi wasallam.”

Adapun niat sholat ba’diyah isya adalah sebagai berikut, dikutip dari NU Online.

اُصَلِّيْ سُنَّةَ الْعِشَاءِ رَكْعَتَيْنِ بَعْدِيَّةً مُسْتَقْبِلَ اْلقِبْلَةِ اَدَاءً لِلَّهِ تَعَالَى 

Ushalli sunnatal 'isyaa-i rak'ataini ba'diyyatan mustaqbilal qiblati adaa-an lillaahi ta'ala. 

Artinya: “Saya niat melakukan sholat sunnah sesudah Isya dua rakaat, sambil menghadap kiblat, saat ini, karena Allah ta'ala.” 

Wallahu a’lam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.