Sukses

2 Perkara yang Bakal Jadi Penyelamat Manusia di Hari Kiamat

2 perkara yang harus dijaga selama hidup agar selamat di hari akhir.

Liputan6.com, Jakarta - Allah SWT berfirman dalam QS. Al-Hajj ayat 7: 

وَّاَنَّ السَّاعَةَ اٰتِيَةٌ لَّا رَيْبَ فِيْهَاۙ وَاَنَّ اللّٰهَ يَبْعَثُ مَنْ فِى الْقُبُوْرِ 

Artinya: "Dan sungguh, (hari) Kiamat itu pasti datang, tidak ada keraguan padanya; dan sungguh, Allah akan membangkitkan siapa pun yang di dalam kubur".

Percaya akan datangnya kiamat merupakan bagian dari iman seorang muslim. Sebagaimana dalil mengenai keimanan pada hari kiamat banyak disebutkan dalam Al-Qur’an maupun hadis.

Segala amal perbuatan, kecil ataupun besar akan dipertanggungjawabkan di hari akhirat kelak. Sehingga, ibadah menjadi bekal yang sangat penting untuk menghadapi yaumul hisab yaitu hari perhitungan semua amal perbuatan.

Agar kita selamat di hari akhir nanti, setidaknya ada 2 perkara yang harus tetap dijaga selama hidup di dunia. Apa saja itu? Berikut penjelasannya dikutip dari laman NU Online. 

 

Saksikan Video Pilihan ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

1. Harta

Allah memberi kita rezeki berupa uang, kendaraan, harta, anak, dan masih banyak lainnya. Semuanya bisa membawa diri masuk ke dalam surga, juga bisa menjerumuskan ke neraka, hal itu tergantung kita.

Apabila pandai menjaga dan memanfaatkan maka selamatlah. Islam tidak melarang umatnya menjadi orang kaya. Asalkan kelak nanti kita bisa menjawab 2 pertanyaan tentang harta.

Yaitu dari mana harta tersebut didapatkan dan bagaimana harta itu digunakan. Jika bisa menjelaskan keduanya di hadapan Allah SWT maka niscaya akan selamat dari azab. 

Menurut Imam Ghazali, ada tiga dampak dari makanan yang haram. Pertama, hatinya gelap dan tidak dapat menampung hidayah Allah. Kedua, makanan dari yang haram juga akan membuat organ tubuh orang itu enggan berbuat baik. Dan ketiga, doa orang tidak dikabulkan oleh Allah.

3 dari 3 halaman

2. Zakat

Dalam setiap harta yang kita miliki, ada sedikit yang harus dikeluarkan dan itu adalah kewajiban.

Zakat diwajibkan sebagai bentuk dan upaya agar harta yang kita miliki berkah dan bersih sehingga akan dapat menyelamatkan kita di hari kemudian.

Wallahua'lam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.