Sukses

Gak Mau Dzikir Pagi di Bulan Rajab? Terserah, Dijamin Rugi Sendiri

Inilah Manfaat Dzikir di Pagi Hari Khususnya di Bulan Rajab, Rugi Ditinggalkan, Banyak Keuntungan saat Mengamalkan

Liputan6.com, Jakarta - Dzikir merupakan amalan sunah yang dianjurkan kepada setiap muslim. Apalagi jika dilakukan di bulan-bulan mulia seperti bulan Rajab ini niscaya akan memberikan manfaat yang lebih besar kepada setiap muslim.

Pasalnya, tak jarang seorang muslim sibuk mencari ketenangan hati di dalam hidup dengan melakukan berbagai praktek meditasi. Tanpa disadari Agama Islam telah menyediakan sebuah meditasi yang memiliki efek besar terhadap ketengan batin yaki dzikir.

Memperbanyak dzikir yang ditunjukkan kepada Allah, bisa menjadi mediator seorang muslim untuk mencari ketenangan batin ditengah-tengah hiruk pikuknya kehidupan duniawi.

Dzikir bukan sekadar rutinitas, tetapi sebuah bentuk kebergantungan seorang hamba kepada Allah SWT.

Dalam bacaan dzikir, terdapat doa-doa hebat yang mencerminkan kehendak dan perlindungan dari Allah Ta’ala.

Kamu bakal rugi sendiri kalau tak mau amalkan. Apalagi, meninggalkan dzikir pagi yang fadhilahnya dahsyat.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Dalil tentang Dzikir Pagi

Pagi hari merupakan salah satu waktu yang dinajurkan untuk melakukan dzikir karena bis amendatangkan efek yang cukup signifikan terhadap tubuh.

Mengawali pagi hari dengan zikir pagi merupakan rutinitas yang semestinya menjadi kebiasaan (habit) seorang muslim. Banyak dalil yang memerintahkan untuk melaksanakan dzikir pagi.

Dikutip dari Muslim.or.id hal ini dijelaskan dalam dalil berikut :

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اذْكُرُوا اللَّهَ ذِكْراً كَثِيراً. وَسَبِّحُوهُ بُكْرَةً وَأَصِيلاً

Artinya : “Hai orang-orang yang beriman, berzikirlah (kepada) Allah dengan zikir yang sebanyak-banyaknya. Dan bertasbihlah kepada-Nya di waktu pagi dan petang.” (QS. Al-Ahzab: 41-42)

Rasulullah SAW bersabda,

لَأَنْ أَقْعُدَ مَعَ قَوْمٍ يَذْكُرُونَ اللَّهَ تَعَالَى مِنْ صَلَاةِ الْغَدَاةِ، حَتَّى تَطْلُعَ الشَّمْسُ : أَحَبُّ إِلَيَّ مِنْ أَنْ أَعْتِقَ أَرْبَعَةً مِنْ وَلَدِ إِسْمَاعِيلَ ، وَلَأَنْ أَقْعُدَ مَعَ قَوْمٍ يَذْكُرُونَ اللَّهَ مِنْ صَلَاةِ الْعَصْرِ إِلَى أَنْ تَغْرُبَ الشَّمْسُ : أَحَبُّ إِلَيَّ مَنْ أَنْ أَعْتِقَ أَرْبَعَةً

Artinya : “Aku duduk bersama orang-orang yang berzikir kepada Allah Ta’ala mulai dari (waktu) salat Subuh hingga terbit matahari lebih aku cintai daripada memerdekakan empat orang budak dari putra Nabi Isma’il. Dan aku duduk bersama orang-orang yang berzikir kepada Allah mulai dari (waktu) salat Asar sampai terbenam matahari lebih aku cintai daripada memerdekakan empat orang budak.” (HR. Abu Dawud no. 3667 dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, dihasankan oleh Syekh Al-Albani)

3 dari 4 halaman

5 Manfaat Dzikir Pagi, Dapat Perlindungan, Dicukupi Kebutuhannya hingga Dijanjikan Surga

Berikut manfaat rutin melakukan dzikir di pagi hari khususnya di bulan rajab, disadur dari Liputan 6 pada Selasa (23/01/2024).

1. Mendapat perlindungan Allah

Manfaat dzikir pagi dan petang yang pertama adalah mendapatkan perlindungan dari Allah SWT. Orang yang senantiasa memuji kebesaran Allah akan selalu terlindung dari keburukan. Dzikir juga bisa membuka pintu keselamatan dunia akhirat.

2. Mendekatkan diri pada Allah

Berdzikir merupakan salah satu amalan yang paling disukai Allah SWT. Ini tertuang dalam hadis yang berbunyi:

“Maukah kamu aku tunjukkan perbuatanmu yang terbaik, paling suci di sisi Raja-mu (Allah), dan paling mengangkat derajatmu; lebih baik bagimu dari infak emas atau perak, Para Sahabat yang hadir berkata: “Mau (wahai Rasulullah)!” Beliau bersabda: “Dzikir kepada Allah Yang Mahatinggi.” (HR. At-Tirmidzi no. 3377).

Berdzikir juga bisa mengingatkan diri pada kehidupan setelah kematian, dan membuat selalu ingat akan kebesaran-Nya.

3. Dicukupi kebutuhannya

Berdzikir bisa membuka pintu rezeki. Ini membuat segala urusan dunia dan akhirat terasa lancar dan mudah dilalui. Saat berdzikir, Anda akan merasa selalu bersyukur dengan segala apa yang telah dimiliki. Ini membuat hati selalu merasa cukup dan jauh dari perasaan tamak dan serakah.

 

4 dari 4 halaman

4. Dijanjikan Surga

Karena termasuk amalan yang disukai Allah SWT, berdzikir tentunya memiliki ganjaran yang luar biasa. Siapa pun yang berdzikir setiap harinya akan dijanjikan surga oleh Allah.

Dari Syaddad bin Aus radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa mengucapkan dzikir ini di siang hari dalam keadaan penuh keyakinan, lalu ia mati pada hari tersebut sebelum sore hari, maka ia termasuk penghuni surga. Dan barangsiapa yang mengucapkannya di malam hari dalam keadaan penuh keyakinan, lalu ia mati sebelum shubuh, maka ia termasuk penghuni surga.” (HR. Bukhari (7/150, no. 6306).

5. Memberikan Ketenangan

Berdzikir bisa membuat umat muslim merasa tenang hatinya. Saat berada di dekat Allah SWT, hati akan selalu merasa tenang dan damai. Ini sesuai dengan ayat Al Quran yang berbunyi:

“…Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenang.” (QS. Ar-Ra’d: 28).

Demikian manfaat dan efek dasyat dengan melakukan dzikir di pagi hari di bulan rajab. Namun sebaiknya gunakan setiap waktu laung untuk melakukan dzikir, terlepas saat pagi hari maupun menjelang petang.

Penulis: Nugroho Purbo/Madrasah Diniyah Miftahul Huda 1 Cingebul

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.