Sukses

2 Amalan Istimewa yang Malaikat Tak Mampu Meniru, Mumpung Bulan Rajab

Malaikat adalah makhluk yang sangat taat dan tak pernah berbuat dosa. Hidupnya hanya untuk menyembah dan beribadah kepada Allah. Namun, ada 2 amalan yang hanya dapat dilakukan oleh manusia dan tak bisa ditiru oleh malaikat.

Liputan6.com, Jakarta - Malaikat adalah makhluk yang diciptakan oleh Allah dari cahaya. Mereka sangat taat dan tidak pernah berbuat dosa sebab malaikat tidak punya hawa nafsu seperti manusia. 

Tanpa henti malakikat selalu bertasbih mensucikan Allah serta memohon ampunan untuk orang-orang yang beriman. Tidak heran jika malaikat mendapat tempat istimewa di sisi Sang Pencipta.

Malaikat merupakan pasukan yang ditugaskan oleh Allah untuk mengawasi perbuatan manusia selama hidup di dunia. Mereka akan turun ke muka bumi atas perintah-Nya untuk menyaksikan amal ibadah apa saja yang dilakukan oleh manusia.

Tak dapat dipungkiri, amalan yang dilakukan para malaikat pastinya lebih banyak jika dibanding manusia. Namun, ternyata ada 2 amalan yang tak dapat dilakukan oleh malaikat.

Mengutip dari laman dream.co.id, berikut merupakan 2 amalan yang hanya dapat dilakukan oleh manusia dan tak dapat ditiru oleh malaikat. 

Amalan istimewa ini juga sangat baik dilakukan pada bulan Rajab. Ganjarannya, pahala akan berlipatganda.

 

Saksikan Video Pilihan ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

1. Orang Kaya yang Membantu Orang Miskin

Ternyata malaikat tidak bisa meniru amalan yang dilakukan manusia yakni ketika orang kaya memberikan bantuan kepada orang miskin. Hal tersebut disebabkan malaikat bukanlah makhluk yang dilimpahi karunia berupa harta oleh Allah SWT. Jadi di antara mereka tidak ada yang kaya ataupun yang miskin.

Ada begitu banyak keutamaan yang akan diperoleh ketika kita mampu membantu orang lain. Terlebih membantu orang miskin yang hidup dalam keadaan serba kekurangan, sehingga tak heran apabila para malaikat merasa kagum dengan manusia yang melaksanakan amalan ini dengan hati yang ikhlas dan hanya mengharap ridha dari Allah SWT.

Maka berbahagialah orang kaya yang senantiasa menolong orang miskin yang membutuhkan bantuan. Untuk orang yang belum bisa atau tidak mau melakukan amalan ini, ingatlah bahwasanya di dalam harta yang kita miliki itu ada bagian dari mereka yang harus dikeluarkan.

 

3 dari 3 halaman

2. Seorang Pendosa yang Bertaubat dan Menyesali Dirinya

Amalan yang dilakukan oleh manusia kedua namun tidak bisa diamalkan oleh para malaikat adalah orang yang berbuat dosa namun bertaubat diiringi dengan tangisan penyesalan dirinya. Manusia adalah makhluk ciptaan Allah yang tidak pernah luput dari perbuatan dosa.

Beda halnya dengan malaikat, makhluk yang tercipta dari cahaya ini tidak pernah tersentuh setitik perbuatan dosa sedikit pun. Hal ini membuat mereka tidak perlu melakukan taubat kepada Allah SWT apalagi sampai diiringi dengan tangisan seperti halnya manusia yang melakukan taubatan nasuha.

Makhluk suci ciptaan Allah ini merasa kagum ketika melihat seorang manusia yang bertaubat kepada Allah dan menyesali segala perbuatannya bahkan diiringi dengan tangisan penyesalan.

Ada sebuah riwayat yang memperumpakan taubatnya seorang hamba kembali ke jalan Allah. Dalam sebuah riwayat disebutkan bahwa Rasulullah bercerita kepada para sahabatnya tentang seseorang yang sedang dalam perjalanan membawa seekor kuda, dengan seluruh hartanya berupa emas, berlian, uang dan sebagainya yang diangkut di atas kudanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.