Sukses

5 Amalan yang Pahalanya Tidak Putus Meski Telah Meninggal, Insya Allah Selamat Dunia Akhirat

Wajib tahu dan jalankan ini, amalan yang manfaatnya tak akan terputus meski orang tersebut sudah meninggal

Liputan6.com, Jakarta - Sekaya dan sehebat apapun manusia saat hidup di dunia, ketika ia meninggal maka seluruh amalan akan terputus bersamaan dengan dicabutnya roh dalam tubuh oleh malaikat Izrofil.

Tidak hanya amalan yang akan terputus, harta, kekayaan, pangkat dan keluarga, tidak ada satupun yang akan di bawa ketika seseorang meninggal. Sebab perkara-perkara tersebut hanya bersifat sementara.

Namun, ada beberapa amalan yang tidak akan terputus mengenai pahala  meski orang tersebut telah meninggal dunia. Bahkan amalan ini akan tetap mengalir sampai orang tersebut di hisab. masa gak kepangin? Cari tahu dan amalkan yuk.

Berikut bocorannya, amalan tersebut merupakan amal shaleh yang dilakukan oleh seorang muslim selama ia hidup. Amal shaleh ini pahalanya akan tetap mengalir meskipun orang tersebut telah meninggal dunia.

Kalau kita bisa mengamalkan hal ini, niscaya kita akan bahagia dunia dan akhirat.

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Amalan Sedekah Atas Nama Orang Tua

Berikut penjelasan mengenai amalan apa saja yang manfaatnya tetap mengalir hingga akhirat dikutip dari Islam Pos pada Senin (15/01/2024).

1. Sedekah atas nama orang tua

Para ulama menjelaskan bahwa semua amalan kebaikan yang dikerjakan oleh seorang anak akan memberikan manfaat untuk kedua orang tuanya. Orang tua akan mendapatkan pahala sebesar pahala yang diperoleh anaknya. Sebab, anak adalah hasil usaha kedua orang tua.

Allah SWT berfirman,

وَأَن لَّيۡسَ لِلۡإِنسَٰنِ إِلَّا مَا سَعَىٰ

“Dan bahwa manusia hanya memperoleh apa yang telah diusahakannya.” (QS. an-Najm: 39)

Rasulullah SAW bersabda,

إِنَّ أَطْيَبَ مَا أَكَلَ الرَّجُلُ مِنْ كَسْبِهِ، وَوَلَدُهُ مِنْ كَسْبِهِ

“Makanan terbaik bagi seseorang adalah yang berasal dari hasil usahanya; dan anaknya juga termasuk hasil usahanya.” (HR. Abu Dawud, an-Nasai, dan at-Tirmidzi; dinilai kuat oleh Syaikh al-Albani rahimahullah, sebagaimana dalam Ahkamul Jana’iz)

Ada beberapa hadits lain yang mendukung makna hadits ini, di antaranya

Dari Aisyah RA,

أَنَّ رَجُلًا قَالَ لِلنَّبِيِّ: إِنَّ أُمِّي افْتُلِتَتْ نَفْسُهَا وَأَظُنُّهَا لَوْ تَكَلَّمَتْ تَصَدَّقَتْ، فَهَلْ لَهَا أَجْرٌ إِنْ تَصَدَّقْتُ عَنْهَا؟ قَالَ: نَعَمْ

Ada seorang laki-laki berkata, “Ibuku meninggal tiba-tiba (dan belum sempat berwasiat). Aku mengira, jika ia masih sempat berbicara, tentu dia akan bersedekah. Apakah dia akan mendapatkan pahala jika aku bersedekah atas namanya?”

Rasulullah menjawab, “Ya.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim).

Dari Ibnu Abbas RA

أَنَّ سَعْدَ بْنَ عُبَادَةَ تُوُفِّيَتْ أُمُّهُ وَهُوَ غَائِبٌ عَنْهَا فَأَتَى رَسُولَ اللهِ فَقَالَ: يَا رَسُولَ اللهِ، إِنَّ أُمِّي تُوُفِّيَتْ وَأَنَا غَائِبٌ عَنْهَا فَهَلْ يَنْفَعُهَا إِنْ تَصَدَّقْتُ عَنْهَا؟ قَالَ: نَعَمْ. قَالَ: فَإِنِّي أُشْهِدُكَ أَنَّ حَائِطِي الْمَخْرَفَ صَدَقَةٌ عَنْهَا

Ibu Sa’d bin Ubadah—saudara Bani Sa’idah—meninggal ketika Sa’d sedang tidak berada di rumah. Dia pun mendatangi Rasulullah SAW  dan berkata, “Wahai Rasulullah, ibuku telah meninggal ketika aku sedang tidak berada di sisinya. Apakah akan bermanfaat baginya jika aku bersedekah atas namanya?”.

Rasulullah SAW menjawab, “Ya.”

Sa’d pun menimpali, “Persaksikanlah bahwa kebunku yang sedang berbuah adalah sedekah atas namanya.” (HR. Muslim)

Imam asy-Syaukani rah berkata, “Hadits-hadits dalam bab ini menjelaskan bahwa sedekah seorang anak akan bermanfaat bagi kedua orang tuanya yang telah meninggal meskipun tidak ada wasiat dari keduanya.” (Lihat Nailul Authar).

 

 

3 dari 5 halaman

Membayarkan Hutang, dan Ilmu yang Bermanfaat

2. Pembayaran utangnya meskipun bukan ahli warisnya yang melakukannya

Seseorang diperbolehkan membayarkan utang orang lain yang telah meninggal walaupun ia bukan termasuk kerabatnya; dan si mayit akan teranggap bebas dari beban utang tersebut. (Lihat Ahkamul Jana’iz, hlm. 212—226).

Syaikh Shalih al-Fauzan berkata,

“Orang yang telah meninggal masih bisa mendapatkan manfaat dari amalan yang dilakukan oleh orang yang masih hidup, pada perkara-perkara yang ditunjukkan oleh dalil. Misalnya, doa orang yang masih hidup, permintaan ampun yang ditujukan kepadanya, sedekah atas namanya, haji dan umrah atas namanya, pembayaran utang-utangnya, dan penunaian wasiat-wasiatnya. Semua perkara tersebut adalah disyariatkan, sebagaimana telah ditunjukkan oleh dalil.

Sebagian ulama memasukkan semua bentuk taqarrub (ibadah) yang dilakukan oleh seorang muslim dan yang diperuntukkan pahalanya bagi muslim lain yang masih hidup ataupun telah mati, ke dalam perkara ini—yakni yang pahalanya akan terus mengalir.

Namun, pendapat yang sahih (benar) adalah pendapat yang mencukupkan (amalan) yang ada dalam dalil saja. Perkara yang terdapat dalilnya telah mengkhususkan keumuman firman Allah subhanahu wa ta’ala,

وَأَن لَّيۡسَ لِلۡإِنسَٰنِ إِلَّا مَا سَعَىٰ

“Dan bahwa manusia hanya memperoleh apa yang telah diusahakannya.” (an-Najm: 39) (Lihat Fatawa ‘Aqidah, hlm. 48—49).

3. Ilmu yang bermanfaat

Ilmu yang bermanfaat yang telah ia ajarkan kepada orang lain, akan terus mengalirkan pahala untuknya walaupun ia telah meninggal, sebagaimana yang disebutkan dalam hadits di atas. Selain hadits di atas, Rasulullah ﷺ juga menjelaskan dalam sabdanya,

مَنْ دَعَا إِلَى هُدًى كَانَ لَهُ مِنْ الْأَجْرِ مِثْلُ أُجُورِ مَنْ تَبِعَهُ لَا يَنْقُصُ ذَلِكَ مِنْ أُجُورِهِمْ شَيْئًا

“Barang siapa mengajak kepada petunjuk (kebaikan), dia akan mendapatkan pahala sebesar pahala orang yang mengikutinya, tanpa mengurangi pahala mereka sedikit pun.” (HR. Muslim, dari Abu Hurairah radhiallahu anhu)

Beliau MUhammad SAW juga bersabda,

مَنْ دَلَّ عَلَى خَيْرٍ فَلَهُ مِثْلُ أَجْرِ فَاعِلِهِ

“Barang siapa mengajarkan suatu kebaikan, dia akan mendapatkan (pahala) sebesar pahala orang yang telah melakukannya.” (HR. Muslim, dari Jarir bin Abdillah RA)

 

4 dari 5 halaman

Doa dan Ziarah Kubur, Bagian Amalan Itu

4. Doa kaum mukminin

Salah satu yang menunjukkan hal ini adalah ayat Allah SWT,

وَٱلَّذِينَ جَآءُو مِنۢ بَعۡدِهِمۡ يَقُولُونَ رَبَّنَا ٱغۡفِرۡ لَنَا وَلِإِخۡوَٰنِنَا ٱلَّذِينَ سَبَقُونَا بِٱلۡإِيمَٰنِ وَلَا تَجۡعَلۡ فِي قُلُوبِنَا غِلًّا لِّلَّذِينَ ءَامَنُواْ رَبَّنَآ إِنَّكَ رَءُوفٌ رَّحِيمٌ ١٠

“Dan orang-orang yang datang sesudah mereka (Muhajirin dan Anshar), mereka berdoa, ‘Wahai Rabb kami, ampunilah kami dan saudara-saudara kami yang telah beriman lebih dahulu dari kami, dan janganlah Engkau tanamkan kedengkian dalam hati kami terhadap orang-orang yang beriman. Wahai Rabb kami, sesungguhnya Engkau Maha Penyantun lagi Maha Penyayang.’” (QS. al-Hasyr: 10)

Di antara dalil dalam permasalahan ini adalah disyariatkannya shalat jenazah dan ziarah kubur. Sebab, shalat jenazah itu disyariatkan agar kaum mukminin mendoakan si mayit. Rasulullah SAW bersabda,

إِذَا صَلَّيْتُمْ عَلَى الْمَيِّتِ فَأَخْلِصُوا لَهُ الدُّعَاءَ

“Jika kalian menyalati mayit, ikhlaskanlah doa untuknya.” (HR. Abu Dawud, dari sahabat Abu Hurairah RA)

Beliau Nabi SAW juga bersabda,

مَا مِنْ مُسْلِمٍ يَمُوتُ فَيَقُومُ عَلَى جَنَازَتِهِ أَرْبَعُونَ رَجُلًا لَا يُشْرِكُونَ بِاللهِ شَيْئًا إِلَّا شُفِّعُوا فِيهِ

“Tidaklah seorang muslim meninggal kemudian jenazahnya dishalati oleh empat puluh orang yang tidak berbuat syirik, kecuali mereka akan diizinkan untuk memberikan syafaat kepadanya.” (HR. Muslim).

Demikian juga dengan ziarah kubur, ia disyariatkan agar kaum mukminin mendoakan si mayit.

5 dari 5 halaman

Ternyata Sedekah Ini Membuat Pahala Tak Terputus

5. Sedekah jariyah, seperti wakaf dan sejenisnya

Seorang hamba akan terus mendapatkan pahala sedekah jariyah yang pernah ia lakukan ketika di dunia, seperti membangun masjid, pesantren, atau jenis wakaf kebaikan lainnya. Rasulullah ﷺ bersabda,

إِذَا مَاتَ الْإِنْسَانُ انْقَطَعَ عَنْهُ عَمَلُهُ إِلَّا مِنْ ثَلَاثَةٍ إِلَّا مِنْ صَدَقَةٍ جَارِيَةٍ أَوْ عِلْمٍ يُنْتَفَعُ بِهِ أَوْ وَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُو لَهُهُ

“Jika seseorang meninggal, seluruh amalannya akan terputus, kecuali tiga: sedekah yang terus mengalir pahalanya, ilmu yang bermanfaat, dan anak saleh yang mendoakannya.” (HR. Muslim, dari Abu Hurairah RA).

Nah itu dia 5 amalan yang manfaatnya tidak akan terputus meski seseorang telah meninggal dunia.

Penulis: Nugroho Purbo/Madrasah Diniyah Miftahul Huda 1 Cingebul

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.