Sukses

10 Golongan Pilihan yang Jasadnya Tak Akan Busuk, Kisah Jenazah Mbah Moen Utuh di Makkah

10 Golongan Orang yang Jasadnya Tak Akan Membusuk, Mbah Moen Termasuk

Liputan6.com, Jakarta - Kisah KH Maimoen Zubair atau Mbah Moen ulama kharismatik asal Rembang yang dimakamkan di Makkah beberapa waktu lalu sempat membuat geger.

Pasalnya jasad Mbah Moen saat digali dan hendak dipindahkan ternyata masih utuh. Ini diungkapkan atas kesaksian petugas makam Ma'la saat itu yang menyaksikan sendiri jenazahnya masih utuh.

Alhasil jenazah Mbah Moen pun tak jadi dipindahkan ke komplek pemakaman lainnya.

Kisah jasad utuh, tak hanya Mbah Moen saja. Beberapa orang pilihan Allah SWT lainnya juga masih banyak.

Hal ini sebagai bukti kekuatan Allah luar biasa kepada orang yang dipilih-Nya.

Pada umumnya Ketika seseorang meninggal, maka tubuhnya akan mengalami pembusukan hingga akhirnya tidak ada yang tersisa dari jasadnya. Jika sudah mati, maka jasad akan membusuk dalam tanah.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Hadis Mengenai Utuhnya Jenazah 10 Golongan Ini

Mengutip ntb.kemenag.go.id, ada hadis riwayat (HR) Bukhari Muslim, menerangkan Rasulullah SAW menjelaskan bahwa ada sepuluh golongan orang yang mayatnya tidak busuk dan tidak hancur akan bangkit dalam keadaan tubuh seperti semula pada hari kiamat :

Mereka adalah, para nabi, para ahli jihad fisabilillah, para alim ulama yang menegakkan kalimat Allah, para syuhada yang sentiasa memperjuangkan Islam, para penghafal Alquran dan beramal dengan Alquran.

Berikutnya ialah, imam atau pemimpin yang adil dalam menegakkan syariat Allah, muadzin yang tidak meminta imbalan, wanita yang meninggal sewaktu melahirkan anak serta senantiasa taat pada perintah Allah, orang mati dibunuh atau dianiaya karena mempertahankan kehormatan diri dan agama, dan orang yang mati di siang hari atau di malam Jumat jika mereka itu dari kalangan orang yang beriman yang sentiasa menjaga hukum agama semasa hidup di dunia. (HR Bukhari Muslim).(Hadis shaheh)

 

3 dari 4 halaman

Roh Anak Adam akan Kunjungi Jasadnya

Rasulullah SAW bersabda, bahwa roh yang keluar dari jasad anak Adam akan kembali mengunjungi jasadnya setelah tiga hari jasad itu dimakamkan.

Ketika itu roh akan meminta persetujuan Allah SWT untuk berjalan- jalan melihat kondisi jasadnya di dalam kuburan.

Diriwayatkan dari Abu Hurairah RA bahwa, ketika seorang mukmin meninggal dunia, maka rohnya berputar mengelilingi rumahnya selama 1 bulan.

Roh itu akan melihat harta yang ditinggalkannya, bagaimana pembagian dan pembayaran hutang-hutangnya.

Setelah genap 1 bulan, roh kembali pada kuburanya dan berputar-putar selama 1 tahun. Maka dilihatnya orang-orang yang bersusah hati atas kepergiannya.

Setelah genap 1 tahun rohnya diangkat dan dikumpulkan dengan roh-roh yang lain sampai hari kiamat.

Dalam riwayat lainya dijelaskan bahwa roh-roh tersebut adalah para kerabat orang-orang yang mati. Mereka meminta izin kepada Allah SWT untuk turun dan melihat rumah-rumah dan keluarga mereka.

 

4 dari 4 halaman

Pada Waktu-waktu Ini Roh Keluar

Ibnu Abbas RA berkata bahwa ketika datang malam Lailatul Qadar, hari raya Idul Fitri dan Idul Qurban, hari Asyura (10 Muharam), hari Jumat yang pertama pada bulan Rajab, malam Nishfu Syaban dan malam Jumat roh-roh orang mati keluar dari kuburnya dan berhenti didepan pintu rumah-rumah mereka.

Jika si roh menemukan sedekah dan doa dari keluarga mereka, maka kembalilah mereka dengan rasa senang dan gembira. Namun bila tidak mendapatkanya,maka kembalilah dia dengan kesusahan dan rasa kecewa karena merasa telah dilupakan.

Mari kita pergunakan sisa hidup kita untuk beramal yang sebaik-baiknya agar tidak ada penyesalan kelak. Semoga Allah senantiasa menuntun langkah kita ke jalan yang benar dan Mudah-mudahan kita semua bisa masuk dalam golongan 10 orang diatas aamiin aamiin aamiin ya rabbal aalamiin. Wallahu a'lam.

Penulis :Nugroho Purbo/Madrasah Diniyah Miftahul Huda 1 Cingebul

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.