Sukses

Amalkan Doa Ini Agar Terhindar dari Fitnah Dajjal, Sunnah Dibaca Usai Tahiyat Akhir

Rasulullah SAW menganjurkan untuk tidak putus membaca doa agar terhindar dari fitnah dajjal yang dapat diamalkan setelah tahiyat akhir di setiap sholat.

Liputan6.com, Jakarta - Munculnya Dajjal menjadi pertanda kehidupan akhir zaman. Rasulullah SAW sering membaca doa agar terhindar dari fitnah Dajjal yang diriwayatkan akan muncul menjelang kiamat.

Dajjal merupakan pendusta yang membawa fitnah sangat besar untuk menyesatkan umat Islam. Oleh karena itu kita dianjurkan untuk selalu berdoa agar terlindungi dari fitnah Dajjal yang keji.

Dajjal akan membawa pengaruh buruk bagi manusia, termasuk dengan mengakui dirinya sebagai Tuhan. Mengenai sosok dajjal ini terdapat perbedaan pendapat di kalangan ulama.

Sebagian ulama berpendapat Dajjal hanyalah sosok fiktif yang menjadi simbol kejahatan. Sebaliknya, pemahaman masyarakat luas meyakini Dajjal merupakan sosok yang benar adanya dan akan muncul di akhir zaman dengan membawa kesesatan.

Sebab kemampuan Dajjal yang sangat besar itulah sehingga Rasulullah SAW mengajarkan kepada umatnya untuk tidak putus membaca doa terhindar dari fitnah Dajjal yang dapat diamalkan setelah tahiyat akhir di setiap sholat. Berikut bacaan doanya mengutip dari laman dream.co.id

 

Saksikan Video Pilihan ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Doa Terhindar dari Fitnah Dajjal

Jauh-jauh hari sebelum wafat, Rasulullah Saw telah menganjurkan kepada umatnya untuk selalu membaca doa terhindar dari fitnah Dajjal.

Makhluk ini digambarkan membawa huru-hara di akhir zaman. Bahkan diceritakan kebaikan yang dibawa Dajjal adalah keburukan, sedangkan keburukan yang dibawanya adalah suatu kebaikan. Hal ini diibaratkan tangan kanan Dajjal membawa neraka, sedangkan tangan kiri Dajjal membawa surga. 

Maka dari itu kita semua berdoa agar tidak hidup pada zamannya. Namun bagaimanapun juga, tidak ada yang mengetahui kapan kedatangannya, hanya saja prediksinya adalah ketika akhir zaman telah tiba. Dengan selalu membaca doa terhindar dari fitnah Dajjal, semoga kita semua terhindar dari fitnahnya.

Doa terhindar dari fitnah Dajjal ini salah satunya terdapat dalam kitab Shahih Muslim yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah. Ia mendengar Rasulullah Saw bersabda: “Jika kalian selesai melakukan tasyahud akhir, berlindunglah pada Allah dari empat hal, azab neraka Jahanam, azab kubur, fitnah hidup dan mati, dan keburukan Dajjal yang terhapus dari rahmat Allah.” (HR Muslim)

3 dari 4 halaman

Dibaca Setelah Tahiyat Akhir

Jumhur ulama berpendapat, doa terhindar dari fitnah Dajjal ini disunnahkan dibaca setelah membaca tahiyat akhir pada setiap sholat, tepatnya sebelum salam. Berikut bacaan doa terhindar dari fitnah Dajjal arab, latin dan artinya:

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ جَهَنَّمَ ، وَمِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ ، وَمِنْ فِتْنَةِ الْمَحْيَا وَالْمَمَاتِ ، وَمِنْ شَرِّ فِتْنَةِ الْمَسِيحِ الدَّجَّالِ

Allahumma inni audzubika min 'adzabi jahannama wa min adzabil qabri wa min fitnatil mahya wal mamati, wa min syarri fitnatil masihid dajjal.

Artinya: "Ya Allah sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari siksa neraka jahannam, dari siksa kubur, dari fitnah kehidupan dan kematian, serta dari kejahatan fitnah al-masikh ad-Dajjal." (HR. Imam Muslim dari Anas dan Abu Hurairah).

4 dari 4 halaman

Sepuluh Ayat Pertama Surat Al-Kahfi

Doa terhindar dari fitnah Dajjal di atas juga bisa ditambahkan dengan menghafalkan secara lancar sepuluh ayat pertama dari Surat Al-Kahfi.

Dalam setiap ayat pada 10 ayat pertama Surat Al-Kahfi terdapat keistimewaan sebagai doa agar terhindar dari Dajjal. Sebagaimana yang disebutkan dalam hadits riwayat Muslim. Abu Darda’ pernah berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda:

“Barangsiapa menghafal sepuluh ayat pertama dari surat Al Kahfi, maka ia akan terlindungi dari (fitnah) Dajjal.” (HR. Muslim)

Bagi setiap Muslim disarankan untuk mengamalkan doa agar terhindar dari fitnah Dajjal di atas di setiap sholatnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.