Sukses

Jadwal dan Lafal Niat Puasa Ayyamul Bidh Oktober 2023

Kemudian, berikutnya adalah puasa Ayyamul Bidh bulan Rabiul Akhir. Berikut ini adalah Jadwal puasa Ayyamul Bidh Rabiul Akhir yang juga masih jatuh pada Oktober 2023

Liputan6.com, Jakarta - Umat Islam diwajibkan berpuasa pada bulan Ramadhan. Selain itu, seorang muslim juga dianjurkan puasa sunnah di luar Ramadhan.

Salah satu puasa sunnah yakni puasa Ayyamul Bidh. Ayyamul Bidh merujuk kepada hari-hari yang malamnya cerah, atau purnama. Karena itu, puasa Ayyamul Bidh di beberapa daerah juga disebut dengan puasa purnama.

Umat Islam dianjurkan untuk mengerjakan amalan ini setiap bulannya. Hal ini sebagaimana hadis nabi yang diriwayatkan Qatadah bin Milhan RA.

“Diriwayatkan dari Qatadah bin Milhan ra, ia berkata: ‘Rasulullah saw telah memerintahkan untuk berpuasa pada hari-hari yang malamnya cerah, yaitu tanggal 13, 14, dan 15’.” (HR Abu Dawud). (An-Nawawi, Riyâdhus Shâlihîn, juz II, h. 81 dikutip dari NU Online).

Pada Oktober ini, ada dua puasa Ayyamul Bidh, meski salah satunya hanya sebagian, yakni puasa Ayyamul Bidh Rabiul Awal dan Ayyamul Bidh Rabiul Akhir.

Puasa Ayyamul Bidh Rabiul Awal dilaksanakan pada 29, 30 dan 1 Oktober. Itu artinya puasa Ayyamul Bidh terakhir bulan Rabiul Awal dilakukan pada 1 Oktober.

Kemudian, berikutnya adalah puasa Ayyamul Bidh bulan Rabiul Akhir. Berikut ini adalah Jadwal puasa Ayyamul Bidh Rabiul Akhir yang juga masih jatuh pada Oktober 2023. 

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jadwal Puasa Ayyamul Bidh Rabiul Akhir Oktober 2023

Berpedoman pada Kalender Hijriah Indonesia Tahun 2023, jadwal puasa Ayyamul Bidh pada bulan Oktober 2023 jatuh di tanggal berikut ini:

Tanggal 13 Rabiul Akhir 1445 H: Hari Sabtu, 28 Oktober 2023

Tanggal 14 Rabiul Akhir 1445 H: Hari Minggu, 29 Oktober 2023

Tanggal 15 Rabiul Akhir 1445 H: Hari Senin, 30 Oktober 2023

3 dari 4 halaman

Niat dan Keutamaan Puasa Ayyamul Bidh

Berikut adalah lafal niat puasa Ayyamul Bidh.

نَوَيْتُ صَوْمَ أَيَّامِ الْبِيْضِ لِلّٰهِ تَعَالَى  

Nawaitu shauma ayyâmil bîdl lilâhi ta’âlâ.   

Artinya: “Saya niat puasa Ayyamul Bidh (hari-hari yang malamnya cerah), karena Allah ta’âlâ.”

 

4 dari 4 halaman

Keutamaan Puasa Ayyamul Bidh

Bagi yang melaksanakan puasa ayyamul bidh akan meraih keutamaan luar biasa, di antara keutamaannya seperti puasa sepanjang tahun. Keutamaan ini berdasarkan hadis riwayat Bukhari nomor 1979.

“Puasa pada tiga hari setiap bulannya adalah seperti puasa sepanjang tahun,” demikian sabda Rasulullah SAW yang diriwayatkan dari ‘Abdullah bin ‘Amr bin Al ’As. Wallahu’alam.

Tim Rembulan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.