Sukses

Gambaran Mengerikan Hujan Meteor di Hari Kiamat, Langit Terbelah Bintang Jatuh Berserakan

Video benda langit yang mirip dengan meteor bikin heboh warganet. Meteor tersebut diduga melintasi pulau Jawa

Liputan6.com, Jakarta - Video benda langit yang mirip dengan meteor bikin heboh warganet. Meteor tersebut diduga melintasi pulau Jawa.

Video tersebut viral di media sosial dan salah satunya diunggah oleh akun @beritakotabandung.

"Meteor/sampah luar angkasa? Terlihat di atas langit Pulau Jawa Malam tadi (14/9/23) sekitar pukul 23.00 dan momennya banyak yang berhasil direkam oleh warga. Ada yang liat juga?" tulis akun tersebut seperti dikutip kanal Citizen6 Liputan6.com, Jumat (15/9/2023).

Menurut Peneliti Senior LAPAN, BRIN, Thomas Djamaluddin, berdasarkan laporan dari PRFM kejadian di Bandung (CCTV pk 22:55:49) dan Garut (video objek terang) kemungkinan besar bukan rekayasa.

"Dengan objek yang tampak lebih terang, bisa disimpulkan itu meteor terang. Banyaknya laporan dari CCTV di Bandung dan Yogyakarta serta beragam video oleh warga meyakinkan itu bukan rekayasa," ujar Thomas Djamaluddin.

Terlepas dari meteor yang bikin heboh ini, dalam Islam meteor atau bintang jatuh menjadi salah satu yang dibahas. Ada ayat-ayat Al-Qur'an yang menyebutkan meteor.

Salah satunya yakni mengenai hujan meteor pada hari kiamat. Berkebalikan dengan hujan meteor yang kini banyak diburu dan ditunggu karena keindahannya, hujan meteor pada hari kiamat sangat mengerikan.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hujan Meteor di Hari Kiamat

 

Dalam Al-Qur'an juga digambarkan gempa bumi, langit terbelah, bintang berjatuhan (hujan meteor), hingga tsunami yang begitu dahsyat.

Salah satunya dalam surat Al-Infitar. Ayat awal surat ini menggambarkan langit yang terbelah dan hujan meteor, di mana bintang berjatuhan dan berpindah tempat.

اِذَا السَّمَاۤءُ انْفَطَرَتْۙ1

Apabila langit terbelah,

وَاِذَا الْكَوَاكِبُ انْتَثَرَتْۙ2

dan apabila bintang-bintang jatuh berserakan,

Demikian gambaran hari kiamat, yang telah diterangkan dalam surat Al-Infitar. Dalam Tafsir Juz 'Amma / Syaikh Prof. Dr. Shalih bin Fauzan al-Fauzan, anggota Lajnah Daaimah (Komite Fatwa Majelis Ulama KSA)

Inilah salah satu kejadian yang sangat dahsyat setelah terbelahnya langit: Yaitu berjatuhannya bintang-bintang dan meteor-meteor di angkasa, semuanya berjatuhan berpindah dari orbitnya masing-masing.

Tim Rembulan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.