Sukses

40 Kata-Kata Bijak Islami Keren dari Ayat Al-Qur’an, Hati Jadi Tenang

Kumpulan kata bijak islami yang bersumber dari ayat Al-Qur'an

Liputan6.com, Jakarta - Al-Qur'an adalah pedoman hidup bagi umat Muslim. Pada setiap ayat dari kitab suci Al-Qur’an terkandung banyak pelajaran hidup serta hal-hal yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Mulai dari aqidah, ibadah, hingga hubungan antar sesama semua.

Menenangkan diri bagi umat Islam sebenarnya bisa dilakukan dengan sholat, membaca Al-Qur’an, dan berdzikir. Meski begitu, menyimak kata-kata bijak Islami motivasi juga bisa dijadikan pilihannya. 

Selain berisi nasihat dan ajaran Islam, ayat-ayat dalam Al-Qur'an juga tersusun begitu indah. Banyak kata-kata bijak yang dapat diambil sebagai pelajaran. Sebagai pedoman kehidupan di dunia dan akhirat kelak.

Pahala berlipat ganda pun akan didapatkan saat membaca Al-Qur'an. Tentunya hal ini juga menjadi motivasi bagi umat Muslim, untuk terus membaca dan mengamalkan isi Al-Qur'an.

Merangkum dari laman dream.co, berikut 40 kata-kata bijak islami dari ayat Al-Qur'an. Semoga dapat menjadi motivasi dan penyemangat hidup.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kata-Kata Bijak Islami dari Al Quran

1. “Maka jangan sekali-kali membiarkan kehidupan dunia ini memperdayakan kamu.” – (QS. Fatir: 5)

2. “Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan, sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan.” – (QS. Al-Insyirah: 5-6)

3. “Dan bersabarlah kamu, sesungguhnya janji Allah adalah benar.” – (QS. Ar-Rum: 60)

4. “Dan barang -siapa yang bertakwa kepada Allah, niscaya Allah menjadikan baginya kemudahan dalam urusannya.” – (QS. At-Talaq: 4)

5. “Hai orang-orang yang beriman, Ingatlah kepada Allah sebanyak-banyaknya.” - (QS. Al-Ahzab: 41)

6. “Sesungguhnya Tuhanku amat dekat lagi memperkenankan (doa hamba-Nya).” – (QS. Hud: 61)

7. “Sesungguhnya perbuatan-perbuatan yang baik itu menghapuskan (dosa) perbuatan-perbuatan yang buruk.” – (QS. Huud: 114)

8. “dan bertawakallah kepada Allah. Dan cukuplah Allah sebagai Pemelihara.” – (QS. Al-Ahzab: 3)

9. “Cukuplah Allah menjadi Penolong kami dan Allah adalah sebaik-baik Pelindung.” – (QS. Ali Imran: 173)

10. “Dan ucapkanlah kata-kata yang baik kepada manusia.” – (QS. Al-Baqarah: 83) 

11. “Sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang bertakwa dan orang-orang yang berbuat kebaikan.” –(QS. An-Nahl: 128)

12. “Tetapi orang yang bersabar dan memaafkan, sesungguhnya (perbuatan) yang demikian itu termasuk hal-hal yang diutamakan.” – (QS Asy-Syuura: 43)

13. “Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya.” – (Al-Baqarah: 286)

14.“Tidakkah dia menyadari bahwa sesungguhnya Allah melihat segala perbuatannya?” – (QS. Al-Alaq: 14)

15. “dan apabila aku sakit, Dialah Yang menyembuhkan aku.” – (QS. Asy-Syu’ara: 80)

16. “Kemudian apabila kamu telah membulatkan tekad, maka bertawakallah kepada Allah. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertawakal kepada-Nya.” – (QS. Ali Imran: 159)

17. “Dan mohonlah ampun kepada Tuhanmu kemudian bertaubatlah kepada-Nya. Sesungguhnya Tuhanku Maha Penyayang lagi Maha Pengasih.” – (QS. Hud: 90)

18. “dan berbuat baiklah, karena sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berbuat baik.” – (QS. Al-Baqarah: 195)

19. “Dan barang -siapa yang bertakwa kepada Allah, niscaya Allah menjadikan baginya kemudahan dalam urusannya.” – (QS. At-Talaq: 4)

20. “Allah berfirman: “Janganlah kamu berdua khawatir, sesungguhnya Aku beserta kamu berdua, Aku mendengar dan melihat”. – (QS. Thaha: 46)

3 dari 3 halaman

Kata-Kata Bijak Islami dari Al Quran

21. “Kamu sekali-kali tidak akan melihat pada ciptaan Tuhan Yang Maha Pemurah sesuatu yang tidak seimbang. Maka lihatlah berulang-ulang, adakah kamu lihat sesuatu yang tidak seimbang?” – (QS. Al-Mulk: 3)

22. “Dan barangsiapa berbuat kesalahan atau dosa, kemudian dia tuduhkan kepada orang yang tidak bersalah, maka sungguh dia telah memikul suatu kebohongan dan dosa yang nyata.” – (QS. An-Nisa’: 112)

23. “Dan carilah pada apa yang telah dianugerahkan kepadamu (kebahagiaan) negeri akhirat, dan janganlah kamu melupakan bagianmu dari (kenikmatan) duniawi.” – (QS. Al-Qashash: 77)

24. “Kebaikan tidak sama dengan kejahatan. Tolaklah kejahatan itu dengan cara yang lebih baik, sehingga yang memusuhimu akan seperti teman yang setia.” – (QS. Fushshilat: 34)

25. “Sesungguhnya hanya orang-orang yang bersabarlah yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas.” – (QS. Az-Zumar: 10)

26. “Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?” – (QS. Ar-Rahman)

27. “Barangsiapa yang mengerjakan kebaikan sekecil apapun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya.” – (QS. Al-Zalzalah: 7)

28. “Dan jangan sekali-kali kamu mengatakan tentang sesuatu: “Sesungguhnya aku akan mengerjakan ini besok pagi. kecuali (dengan menyebut): “Insya Allah”. – (QS. Al-Kahfi: 23-24)

29. “Dan mohonlah ampun kepada Tuhanmu kemudian bertaubatlah kepada-Nya. Sesungguhnya Tuhanku Maha Penyayang lagi Maha Pengasih.” – (QS. Hud: 90)

30. “Dan Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada kedua orang ibu bapaknya, ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun. Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepada-Kulah kembalimu.” – (QS. Luqman ayat 14) 

31. “Wahai orang beriman, janganlah kamu memasuki rumah yang bukan rumahmu sebelum meminta izin dan memberi salam kepada penghuninya. Yang demikian itu lebih baik agar kamu selalu ingat.” – (QS. An-Nur: 27)

32. “Siapa yang taat kepada Allah dan Rasul-Nya, serta takut kepada Allah dan bertakwa kepada-Nya, mereka itulah orang-orang yang mendapat kemenangan.” – (QS. An-Nur: 52)

33. “Dan adapun orang-orang yang takut pada kebesaran Tuhannya dan menahan diri dari keinginan hawa nafsunya, maka sesungguhnya surgalah tempat tinggal mereka.” – (QS. An-Nazi’at: 40-41)

34. “Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling mengenal.” – (QS. Al-Hujurat: 13)

35. “Kecelakaanlah bagi setiap pengumpat dan pencela, yang mengumpulkan harta dan menghitung-hitungnya. Dia mengira bahwa hartanya dapat menyelamatkannya.” – (QS. Al-Humazah: 1-3)

36. “Dan barang -siapa yang bertakwa kepada Allah, niscaya Allah menjadikan baginya kemudahan dalam urusannya.” – (QS. At-Talaq: 4)

37. “Tidakkah dia menyadari bahwa sesungguhnya Allah melihat segala perbuatannya?” – (QS. Al-Alaq: 14)

38. “dan Allah Sebaik-baik Pemberi rezeki.” – (QS. Al-Jumu’ah: 11)

39. “Sesungguhnya shalat itu mencegah dari perbuatan-perbuatan keji dan mungkar.” – (QS. Al-Ankabut: 45)

40. “Dan mintalah pertolongan dengan sabar dan shalat.” – (QS. Al-Baqarah: 45)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.