Sukses

Lokasi Rasulullah Baiat Bangsa Jin, Yuk Kunjungi Masjid al-Jin di Makkah

Sejarah Masjid al-Jin bermula dari peristiwa pertemuan Nabi Muhammad SAW dengan para jin. Masjid ini dikenal juga dengan nama Masjid Al-Bai’ah, yakni masjid tempat serombongan jin melakukan baiat.

Liputan6.com, Jakarta - Di kota suci Makkah banyak ditemukan masjid-masjid bersejarah. Salah satunya adalah Masjid al-Jin. Penamaan masjid ini berkaitan erat dengan suatu peristiwa tentang bangsa jin dan dakwah Islam.

Masjid al-Jin dulunya digunakan oleh Rasulullah SAW untuk membaiat jin dan sekaligus mengakui bahwa Nabi Muhammad SAW, sebagai utusan Allah SWT.  Lokasi masjid berada di pinggir daerah hujun, dekat dengan Ja'fariyah atau sekitar dua kilometer arah utara dari Masjidil Haram.

Masjid ini memiliki kubah yang dihiasi tulisan kaligrafi surah Jin ayat 1 sampai 9. Sejarah masjid al-Jin bermula dari peristiwa pertemuan Nabi Muhammad SAW dengan para jin.

Dirangkum dari buku "Menjadi Muthawif Anda di Tanah Suci" karya Rafiq Jauhary, disebutkan bahwa dulunya pada suatu hari Rasulullah mengajak Abdullah bin Mas'ud ke suatu daratan untuk kemudian memintanya membuat sebuah lingkaran besar.

Kemudian, Rasulullah memerintahkan Abdullah bin Mas'ud memasukinya dan membacakan surah Jin hingga selesai. Sementara beliau pergi meninggalkannya. Kemudian, tak berselang lama beberapa mahkluk yang tak dikenal disebut muncul dan berusaha melukai Ibnu Mas'ud.

 

Saksikan Video Pilihan ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Masjid al-Jin

Melansir dari laman merdeka.com, dalam riwayat Imam Bukhari dan Imam Tirmidzi disebutkan bahwa saat Rasulullah sedang melakukan perjalanan ke pasar Ukkadz, di jalan beliau sempat melaksanakan sholat subuh. Karena hal itu, membuat berita-berita dari langit yang biasanya dicuri dengar oleh bangsa jin menjadi terhalang. Kemudian, bangsa jin berpencar ke seluruh bumi untuk mencari sumber penghalang.

Lalu, ada serombongan jin tiba di daerah Tihamah dan mendengar bacaan ayat Al-Qur’an yang dibaca Rasulullah ketika sholat subuh. Pada kesempatan itu, para jin langsung berbaiat atau berjanji setia untuk beriman kepada Allah SWT dan mengikuti ajaran Islam. Sehingga, masjid ini juga dikenal dengan nama Masjid Al-Bai’ah, yakni masjid tempat serombongan jin melakukan baiat.

Lokasi peristiwa tersebut kemudian dijadikan sebagai tempat ibadah atau ziarah dan diberi nama Masjid Al-Bai'ah atau populer disebut Masjid Jin. Bangunan masjid tersebut termasuk salah satu bangunan yang dipelihara oleh pemerintah kerajaan Arab Saudi.

Di atap masjid bagian kubah dihias dengan tulisan kaligrafi Al-Qur’an surah Al Jin ayat 1-9. Dalam Asbabun Nuzul, ayat tersebut diturunkan kepada Nabi Muhammad terkait pertemuan Rasulullah bertemu jin di tempat ini. Para jamaah dari berbagai negara termasuk Indonesia yang sedang melakukan ibadah di tanah suci, biasanya menggunakan masjid ini untuk melaksanakan sholat Dzuhur dan Ashar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.