Sukses

Top 3 Islami: Kisah Banser Bingung karena Gus Dur Ada di 2 Tempat, Fenomena Karomah Wali

Top 3 Islami: Banser Bingung karena Gus Dur Ada di 2 Tempat, Fenomena Karomah Wali

Liputan6.com, Jakarta - KH Abdurrahman Wahid merupakan sosok ulama, cendekia, politikus, budayawan, cum aktivis yang sangat populer di Indonesia. Dia merupakan Ketua PBNU 3 periode, sekaligus Presiden ke-4 Indonesia, setelah BJ Habibie.

Gus Dur, demikian dia akrab disapa, merupakan cucu KH Hasyim Asy'ari, pendiri NU. Ayahnya, KH Wahid Hasyim juga merupakan tokoh nasional dan merupakan menteri di masa awal kemerdekaan.

Gus Dur dikenal sebagai pribadi yang cerdas dan unik. Bahkan, banyak kesaksian mengenai fenomena aneh dan luar biasa yang terjadi pada Gus Dur. dalam khazanah santri, itu disebut karomah.

Salah satunya adalah ketika Banser yang menjaga Gus Dur di rumah sakit bingung lantaran Gus Dur muncul di lain tempat. Kisah karomah Gus Dur ini menjadi artikel yang banyak menyedot perhatian pembaca kanal Islami.

Sementara, dua artikel lain, kesatu adalah kisah karomah Habib Luthfi bin Yahya, satu lagi adalah kumpulan khutbah Jumat yang relevan disampaikan menjelang HUT ke-78 RI atau peringatan hari kemerdekaan dan akhir Muharram.

Selengapnya, mari simak Top 3 Islami.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Kisah Karomah Gus Dur, Bikin Banser Bingung karena Berada di 2 Tempat Sekaligus

Kisah mantan Presiden Republik Indonesia Abdurrahman Wahid atau Gus Dur menarik untuk disimak, termasuk dengan karomah yang dimiliki semasa hidupnya.

Kisah karomahnya sering membuat orang berdecak kagum. Berkali-kali orang di sekitar Gus Dur terheran-heran dengan caranya.

Salah satunya adalah peristiwa langka, di mana Gus Dur berada di dua tempat berbeda sekaligus. 

Karomah Gus Dur yang satu ini telah dirasakan langsung oleh anggota Barisan Ansor Serbaguna (Banser) yang menjaga Gus Dur ketika terbaring sakit di RSUD Koja, Jakarta Utara.

Selengkapnya simak di sini

3 dari 4 halaman

2. Kisah Karomah Habib Luthfi, Sembuhkan Tulang Retak Santrinya Hanya dengan Usapan Tangan dan Air

Habib Muhammad Luthfi bin Ali bin Yahya, atau sering disapa Habib Luthfi bin Yahya adalah seorang sayyid, kiai, ulama, mursyid asal Pekalongan, Jawa Tengah.

Beliau terkenal pula sebagai sosok alim alamah. Tak mengherankan banyak karomah yang ada pada dirinya, sebagai bentuk kecintaan Allah SWT kepada umat terpilihnya.

Selain menjadi pendakwah, Habib Luthfi juga menjadi Ketua Majelis Ulama Indonesia Jawa Tengah, Ia juga menjabat sebagai anggota Dewan Pertimbangan Presiden Republik Indonesia sejak 13 Desember 2019.

Al Habib Luthfi bin Aly bin Yahya dipercaya umat sebagai ulama yang mempunyai keilmuan tinggi. Beliau merupakan keturunan Nabi Muhammad SAW dengan nasab Sayyidatina Fatimah Az-Zahroh.

Dengan kealiman beliau tersebut, Habib Luthfi disebut sebagai ulama yang memiliki karomah. Salah satu kisah yang populer adalah ketika Habib Luthfi menyembuhkan tulang retak dengan cepat.

Selengkapnya baca di sini

4 dari 4 halaman

3. Kumpulan 10 Khutbah Jumat Pilihan Jelang HUT ke-78 RI dan Akhir Muharram

Bagi masyarakat Indonesia, Agustus adalah bulan yang spesial. Pada tanggal 17 Agustus, Indonesia meraih kemerdekaan.

Tahun 2023 ini merupakan HUT ke-78 RI. Itu artinya, kita sudah berada di alam kemerdekaan selama nyaris 10 dasawarsa.

Agustus tahun ini juga spesial karena masuk awal bulan pada bulan istimewa, Muharram. Dalam Islam, bulan Muharram adalah salah satu dari empat bulan yang diistimewakan.

Pada momen spesial ini redaksi menyajikan kumpulan khutbah Jumat terkait dengan Muharram, bulan kemerdekaan RI, serta materi keagamaan lainnya.

Naskah khutbah Jumat ini disusun oleh para cendekia yang kompeten dan dilansir dari sumber yang kredibel. Semoga bermanfaat.

Selengkapnya baca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.