Sukses

Puasa 10 Muharram Mengikuti Orang Yahudi, Benarkah? Simak Penjelasannya

Puasa yang diutamakan pada Muharram adalah puasa ‘Asyura yang bertepatan pada 10 Muharram. Dalam hadis riwayat Muslim disebutkan bahwa keutamaan puasa 10 Muharram adalah dapat meleburkan dosa setahun yang lalu.

Liputan6.com, Jakarta - Rasulullah SAW bersabda, puasa yang paling utama setelah Ramadhan adalah puasa di bulan Muharram. Puasa Muharram boleh dilakukan hanya sehari, dua hari, tiga hari, atau bahkan sebulan penuh.

Puasa yang diutamakan pada Muharram adalah puasa ‘Asyura yang bertepatan pada 10 Muharram. Dalam hadis riwayat Muslim disebutkan bahwa keutamaan puasa 10 Muharram adalah dapat meleburkan dosa setahun yang lalu.

Ternyata, puasa 10 Muharram juga dilakukan oleh orang-orang Yahudi. Lantas, benarkah puasa 10 Muharram orang Islam mengikuti kaum Yahudi?

Ulama kharismatik KH Yahya Zainul Ma’arif alias Buya Yahya menuturkan, Rasulullah SAW mengetahui orang Yahudi menjalankan puasa 10 Muharram saat di Madinah.

“Ceritanya nabi masuk kota Madinah. Sampai di kota Madinah, Nabi SAW melihat orang orang Yahudi pada berpuasa. Lalu nabi bertanya, kenapa kalian semuanya berpuasa?” tutur Buya Yahya dikutip dari YouTube Al Bahjah TV, Sabtu (22/7/2023).

Orang Yahudi itu menjawab bahwa ia berpuasa pada 10 Muharram karena ungkapan syukur kepada Allah yang telah menyelamatkan Nabi Musa. 

“Maka, spontan nabi mengatakan, aku lebih berhak berpuasa daripada kalian,” lanjutnya.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Perintah Puasa 10 Muharram

Kemudian Rasulullah SAW berpuasa pada 10 Muharram dan menyuruh umatnya untuk ikut berpuasa. Namun, perintah ini menimbulkan pertanyaan dari sahabat nabi. Sahabat bertanya berkaitan iman dan prinsip yang dipegang.

“Lalu mereka bertanya, ya Rasulullah kita disuruh berpuasa pada 10 Muharram. Ya Rasulullah 10 Muharram adalah hari yang diagungkan oleh orang Yahudi, sementara engkau melarang kami menyerupai kaum lain. Akan tetapi, mengapa engkau perintahkan kami berpuasa sama seperti puasanya orang Yahudi?” tanya sahabat yang disampaikan ulang Buya Yahya.

Pertanyaan dari sahabat nabi ini bukan penentangan. Sebab, nabi pernah melarang umatnya menyerupai orang Yahudi. Namun, kali ini nabi memerintah menjalankan puasa 10 Muharram sebagaimana orang Yahudi juga melakukannya.

“Spontan nabi menjawab, kalau seandainya aku hidup sampai yang akan datang, aku akan berpuasa tanggal 9 (Muharram),” katanya.

Buya Yahya mengimbau agar umat Islam untuk menjalankan amalan puasa 10 Muharram.  Kemudian untuk mendapatkan kesunnahan-kesunnahannya menambah satu hari puasa agar berbeda dari orang Yahudi, bisa tanggal 9 Muharram, 11 Muharram, atau hari lain yang masih di bulan Muharram.

“Kalau ternyata Anda sudah terlanjur puasa tanggal 10 gak ada masalah, karena itu sunnah yang sangat dikukuhkan. Dalam irama berbeda dengan orang Yahudi (soal) penamaan makna, makna sadar sambung dengan baginda Nabi SAW,” jelasnya.

3 dari 3 halaman

Niat Puasa Hari Tasu’a dan ‘Asyura

Bagi Anda yang hendak berpuasa pada 9 Muharram (Tasu’a) dan 10 Muharram (‘Asyura), berikut adalah lafal niatnya.

Niat Puasa Tasu’a 

نَوَيْتُ صَوْمَ تَاسُوعَاءَ لِلّٰهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma Tâsû’â-a lilâhi ta’âlâ.

Artinya: “Saya niat puasa Tasu’a karena Allah ta’âlâ.”

Niat Puasa ‘Asyura

نَوَيْتُ صَوْمَ عَاشُورَاءَ لِلّٰهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma Âsyûrâ-a lilâhi ta’âlâ.

Artinya: “Saya niat puasa Asyura karena Allah ta’âlâ.”

Adapun yang berpuasa pada 11 Muharram atau hari lainnya di bulan Muharram dapat menggunakan lafal niat berikut.

Niat Puasa Mutlak

نَوَيْتُ صَوْمَ الْمُحَرَّمِ لِلّٰهِ تَعَالَى

Nawaitu shaumal Muharrami lilâhi ta’âlâ.

Artinya: “Saya niat puasa Muharram karena Allah ta’âlâ.”

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.