Sukses

5 Amalan Pembuka Pintu Rezeki Agar Senantiasa Mendapat Keberkahan

Amalan pembuka pintu rezeki

Liputan6.com, Jakarta - Terkadang hidup berjalan tidak sesuai dengan apa yang kita harapkan. Bahkan mungkin sampai membuat terlena akan keterpurukan diri dan putus asa. Seolah, rezeki mampet tanpa solusi.

Sebenarnya putus asa merupakan salah satu bentuk godaan setan. Setan mencoba memengaruhi orang-orang beriman dengan membuat bingung dan kemudian menjerumuskan mereka untuk berbuat kesalahan yang lebih serius. 

Akibatnya orang-orang yang terpengaruh dengan tipu daya tersebut tidak merasa yakin dengan keimanan dan keikhlasan mereka. Padahal Allah SWT telah menjamin kehidupan kita di muka bumi ini.  

“Sesungguhnya Kami telah menempatkan kamu sekalian di muka bumi dan Kami adakan bagimu di muka bumi (sumber) penghidupan. Amat sedikitlah kamu bersyukur.” (QS. al-A’raaf: 10)

Dalam ajaran agama Islam sendiri kita diperintahkan untuk senantiasa memanjatkan doa. Selain itu juga disarankan untuk melakukan beberapa amalan yang insyaallah dapat memperlancar bahkan mendatangkan rezeki yang berlimpah. Merangkum dari berbagai sumber, berikut merupakan 5 amalan pembuka pintu rezeki.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Amalan Pembuka Pintu Rezeki

1. Memperbanyak istighfar 

Amalan yang mudah dilakukan namun manfaatnya sangat besar adalah dengan memperbanyak meminta ampun kepada Allah SWT. Al-Qur'an sendiri telah menjelaskan manfaat dari memperbanyak istighfar. 

Allah SWT berfirman,

فَقُلْتُ اسْتَغْفِرُوا رَبَّكُمْ إِنَّهُ كَانَ غَفَّارًا (10) يُرْسِلِ السَّمَاءَ عَلَيْكُمْ مِدْرَارًا (11) وَيُمْدِدْكُمْ بِأَمْوَالٍ وَبَنِينَ وَيَجْعَلْ لَكُمْ جَنَّاتٍ وَيَجْعَلْ لَكُمْ أَنْهَارًا (12)

“Maka aku katakan kepada mereka: ‘Mohonlah ampun kepada Tuhanmu, sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun, niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat, dan membanyakkan harta dan anak-anakmu, dan mengadakan untukmu kebun-kebun dan mengadakan (pula di dalamnya) untukmu sungai-sungai.” (QS. Nuh: 10-12)

2. Sholat dhuha

Sholat dhuha merupakan salah satu sholat sunnah istimewa dengan keutamaan luar biasa. Di antaranya, dapat mempermudah datangnya rezeki yang berkah. Rasulullah SAW bersabda: 

“Sholat dhuha itu dapat mendatangkan rezeki dan menolak kefakiran. Dan tidak ada yang akan memelihara sholat dhuha melainkan orang-orang yang bertaubat” diambil dari kitab HR. Turmuzi dan Ibnu Majah, Hadis Hasan.

3.  Membaca surah al-Waqiah 

Surah al-Waqiah dikenal sebagai salah satu surah yang dapat memperlancar rezeki bagi para pembacanya. Bukti bahwa surah ini disebut sebagai doa permudah rezeki bagi muslim yang membacanya sesuai dengan hadis yang diriwayatkan oleh Anas bin Malik RA tersebut menyebutkan bahwa Rasulullah SAW bersabda,

"Surah al-Waqiah adalah surat kekayaan maka bacalah dan ajarkanlah ia kepada anak-anakmu," (HR Ad Dailamiy).

3 dari 3 halaman

Perbanyak Sedekah dan Sholawat

4. Memperbanyak sedekah

Berbagi dengan orang yang membutuhkan merupakan perbuatan mulia. Dengan berbagi, kita bisa meringankan beban mereka yang membutuhkan.

Sebagai balasannya Allah SWT memberikan pahala yang besar, serta mengganti rezeki yang disedekahkan dengan rezeki yang lebih besar, bahkan kita pun akan didoakan oleh para malaikat. Dari Abu Hurairah RA, bahwa Rasulullah SAW bersabda:

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ مَا مِنْ يَوْمٍ يُصْبِحُ الْعِبَادُ فِيهِ إِلَّا مَلَكَانِ يَنْزِلَانِ فَيَقُولُ أَحَدُهُمَا اللَّهُمَّ أَعْطِ مُنْفِقًا خَلَفًا وَيَقُولُ الْآخَرُ اللَّهُمَّ أَعْطِ مُمْسِكًا تَلَفًا

“Tidak ada suatu hari pun ketika seorang hamba melewati paginya kecuali akan turun (datang) dua malaikat kepadanya lalu salah satunya berkata; “Ya Allah berikanlah pengganti bagi siapa yang menafkahkan hartanya”, sedangkan yang satunya lagi berkata; “Ya Allah berikanlah kehancuran (kebinasaan) kepada orang yang menahan hartanya (bakhil).” (HR. Bukhari).

5. Membaca sholawat kepada Nabi Muhammad SAW

Salah satu cara untuk tetap dekat dengan Rasulullah adalah dengan rajin membaca sholawat untuk beliau. Bukan hanya dekat dengan Rasulullah, saat bersholawat satu kali, maka Allah SWT akan bersholawat untuk kita sebanyak sepuluh kali. Rasulullah SAW bersabda:

مَنْ صَلَّى عَلَىَّ وَاحِدَةً صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ عَشْرًا

“Siapa saja yang bershalawat kepadaku sekali, niscaya Allah bersholawat kepadanya sepuluh kali.” (HR. Muslim)

Sholawat dari Allah SWT ini berupa kemudahan rezeki, diberkahi hidup, dimudahkan segala urusannya, dan berbagai rahmat lainnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.