Sukses

Pentingnya Ramp Check Pesawat Airbus 320 Super Air Jet untuk Arus Balik Lebaran Idul Fitri

Arus balik Lebaran Idul Fitri 2023 kian terasa, termasuk dari mereka yang menggunakan moda transportasi pesawat. Pada momen ini, di dunia penerbangan, terpantau adanya peningkatan signifikan jumlah penerbangan selama periode tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Arus balik Lebaran Idul Fitri 2023 kian terasa, termasuk dari mereka yang menggunakan moda transportasi pesawat. Pada momen ini, di dunia penerbangan, terpantau adanya peningkatan signifikan jumlah penerbangan selama periode tersebut.

Dalam keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com, Super Air Jet meningkatkan frekuensi penerbangan atau menambahkan rute penerbangan. Hal tersebut dilakukan guna memenuhi permintaan yang tinggi dari para pelancong yang kembali ke kota asal mereka setelah merayakan Lebaran Idul Fitri.

"Untuk menerbangkan para tamu super (sebutan penumpang), Super Air Jet tetap menjalankan ramp check secara teratur pada setiap pesawat sebelum keberangkatan," jelas Direktur Utama Super Air Jet Ari Azhari.

Ramp check atau pemeriksaan ramp adalah pemeriksaan fisik yang dilakukan pada pesawat sebelum keberangkatan untuk memastikan bahwa pesawat dan sistemnya berfungsi dengan baik. Pemeriksaan ini dilakukan oleh petugas yang terlatih dan dilakukan sesuai dengan protokol keselamatan yang ketat.

"Tujuan dari ramp check dari Super Air Jet adalah memastikan bahwa pesawat dalam kondisi baik dan aman untuk dioperasikan serta mengidentifikasi potensi kendala pada operasional penerbangan," tambahnya.

Ada beberapa alasan ramp check sangat penting untuk dilakukan pada pesawat Airbus 320-200, yakni:

  1. Ramp check mencakup pemeriksaan sistem pesawat seperti sistem mesin, sistem bahan bakar, sistem navigasi, sistem pendaratan dan sebagainya. Jika ada masalah atau kerusakan yang ditemukan pada pesawat, maka dapat diatasi sebelum pesawat berangkat, sehingga pesawat dalam kondisi prima.
  2. Super Air Jet menjalankan kepatuhan dengan regulasi. Ramp check merupakan persyaratan yang diatur oleh regulasi penerbangan dalam menjamin keamanan penerbangan. Super Air Jet memenuhi ketentuan regulator dalam menjaga keselamatan penumpang dan kru selama penerbangan.
  3. Ramp check juga merupakan bagian dari pemeliharaan pesawat yang teratur. Dengan memeriksa secara teratur, Super Air Jet dapat memastikan bahwa pesawat dalam kondisi yang baik dan aman untuk terbang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ramp Check pada Pesawat Airbus 320-200

Super Air Jet implementasikan beberapa persiapan yang perlu dilakukan oleh petugas pemeriksa atau teknisi. Beberapa persiapan yang perlu dilakukan antara lain:

Pemeriksaan kelengkapan dokumen penerbangan

Petugas pemeriksa harus memastikan bahwa semua dokumen terkait dengan pesawat dan penerbangan telah disiapkan dan tersedia. Dokumen tersebut meliputi manual pesawat, dokumen penerbangan, dan dokumen pemeliharaan.

Persiapan alat dan peralatan pendukung penerbangan

Petugas pemeriksa harus mempersiapkan alat dan peralatan yang diperlukan untuk melakukan pemeriksaan ramp.

Pemeriksaan pesawat dari luar (exterior)

Memeriksa kondisi pesawat dari luar, termasuk pemeriksaan visual untuk memastikan bahwa tidak ada kendala atau kerusakan pada badan pesawat, sayap, ekor, dan bagian lainnya.

Pemeriksaan pesawat dari dalam (interior)

Pengecekan kondisi pesawat dari dalam, termasuk pemeriksaan sistem kelistrikan, sistem bahan bakar, sistem kabin, dan sistem lainnya.

Pengujian sistem peralatan pesawat

Menguji sistem pesawat seperti sistem mesin, sistem navigasi, sistem pendaratan dan sebagainya untuk memastikan bahwa semuanya berfungsi baik dan normal.

Pemeriksaan sistem pengisian bahan bakar

Pengecekan prosedur pengisian bahan bakar pada pesawat dan memastikan bahwa kualitas bahan sesuai dengan standar.

Pemeriksaan kondisi kru

Harus melakukan koordinasi dengan kru pesawat untuk memastikan bahwa pemeriksaan ramp dapat dilakukan dengan aman dan efektif.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini