Sukses

4 Keutamaan Bulan Syawal dan Berbagai Amalan yang Bisa Dikerjakan

Dengan melakukan ibadah di bulan ini tentunya umat muslim akan dilimpahkan pahala oleh Allah SWT. Itu mengapa penting bagi umat muslim untuk mengetahui apa saja keutamaan bulan Syawal serta amal ibadah yang bisa dilakukan.

Liputan6.com, Jakarta Kita telah meninggalkan bulan Ramadhan dan memasuki bulan Syawal. Tak kalah istimewa dengan Ramadhan, di bulan Syawal juga terdapat berbagai keutamaan serta amalan yang bisa umat muslim laksanakan.

Dengan melakukan ibadah di bulan ini tentunya umat muslim akan dilimpahkan pahala oleh Allah SWT. Itu mengapa penting bagi umat muslim untuk mengetahui apa saja keutamaan bulan Syawal serta amal ibadah yang bisa dilakukan. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ulasannya:

1. Puasa 6 hari di Bulan Syawal Setara Pahala Berpuasa Setahun

Seperti yang kita tahu, umat muslim dianjurkan untuk berpuasa selama enam hari di bulan Syawal dan hal ini adalah keutamaan yang sangat besar bagi umat Islam. 

Sementara untuk pelaksanaannya sendiri, puasa Syawal dianjurkan untuk segera dilakukan di awal bulan Syawal dan dilakuakn secara berurutan. Selain agar mendapatkan pahala, melaksanakan puasa sunnah pada bulan Syawal adalah bisa menyempurnakan ibadah puasa di bulan Ramadhan. Sehingga jika tidak memiliki halangan apapun, dianjurkan untuk melaksanakan ibadah puasa satu ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Bulan yang Baik untuk Menikah

Bulan Syawal menjadi bulan yang baik untuk menikah. Itu mengapa sangat baik untuk umat muslim jika ingin menikah di bulan ini. Melangsungkan pernikahan di bulan Syawal dikatakan bisa mendatangkan kebaikan.

Rasulullah SAW sendiri menikah dengan Aisyah RA pada saat bulan syawal. Sementara untuk tanggal sendiri bisa dipilih kapanpun yang terpenting masih termasuk dalam bulan Syawal.

3 dari 4 halaman

3. Bulan yang Baik untuk Beritikaf

Keutamaan bulan Syawal selanjutnya adalah bulan ini adalah bulan yang baik untuk seorang muslim ber i’tikaf atau berdiam diri di masjid. Umat muslim bisa beritikaf di masjid dan melakukan berbagai ibadah seperti berzikir, membaca Al-Qur’an, dan menjalankan sholat wajib hingga sholat sunnah. Itu mengapa bagi umat muslim belum sempat beritikaf ketika Ramadhan maka boleh menggantinya di bulan Syawal.

4 dari 4 halaman

4. Bulan yang Baik untuk Silaturahmi

Keutamaan bulan Syawal berikutnya adalah bulan yang baik untuk silaturahmi. Tentu sudah diketahui bahwa di bulan Syawal banyak umat muslim yang mengunjungi sanak saudara, tetangga, dan teman-teman untuk saling bermaafan usai lebaran. 

Bulan Syawal merupakan bulan yang penuh berkah dan ampunan dari Allah SWT lewat ajang silaturahmi dan bermaaf-maafan yang dilaksanakan oleh seluruh umat islam setelah bulan Ramadhan berakhir. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.