Sukses

KAI Sediakan Layanan Vaksinasi dan Pos Kesehatan di Stasiun Gambir dan Stasiun Lainnya

Layanan vaksinasi dan poskes disediakan PT Kereta Api Indonesia (KAI) bagi penumpang termasuk pemudik yang memiliki tiket perjalanan menggunakan kereta api.

Liputan6.com, Jakarta - Meski vaksinasi COVID-19 sudah tak lagi jadi syarat wajib perjalanan jarak jauh, penumpang kereta api masih bisa mengakses layanan vaksin bila memang berkenan. Layanan vaksin bisa didapat pada pos kesehatan (poskes) yang disediakan di tiap-tiap stasiun, seperti disampaikan Asisten Manajer Hubungan Masyarakat (Humas) PT KAI Tohari.

Layanan vaksinasi dan poskes disediakan PT Kereta Api Indonesia (KAI) bagi penumpang termasuk pemudik yang memiliki tiket perjalanan menggunakan kereta api.

"KAI masih menyediakan bagi masyarakat, baik bagi pemudik maupun penumpang yang ingin melakukan vaksinasi di Stasiun Gambir, Pasar Senen, dan stasiun lainnya mulai pukul 08.00 - 12.00 WIB," ujar Tohari di Stasiun Gambir Jakarta Pusat, Selasa (25/4), dilansir Antara.

Diketahui 1 vial vaksin tersedia di Stasiun Gambir per hari ini. Berdasarkan laporan petugas poskes, jatah vaksin di Stasiun Gambir sudah habis. Namun, jumlah vaksin yang disediakan memang lebih sedikit dibandingkan dengan sediaan di Stasiun Pasar Senen. Hal ini mengingat volume penumpang lebih banyak di stasiun tersebut.

"Seluruh petugas kesehatan akan membantu melakukan pertolongan pertama apabila penumpang mengeluhkan sakit, juga ada obat yang disediakan untuk sekali minum untuk meringankan," ujar Tohari.

Apabila penumpang mengalami sakit parah, tambah Tohari, akan langsung dirujuk ke fasilitas kesehatan (faskes) maupun rumah sakit terdekat yang telah bekerja sama dengan PT Jasa Raharja.

Selain itu, pos kesehatan KAI juga menyediakan layanan skrining kesehatan, yakni cek tekanan darah gratis untuk penumpang.

Guna menjamin keselamatan dan kenyamanan penumpang selama arus balik dan mudik, seluruh petugas di dalam kereta api wajib menjalani tes kesehatan secara berkala di stasiun sebelum keberangkatan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

PT KAI Tambah Fasilitas Publik di Stasiun Gambir

PT KAI pun diketahui telah melakukan perbaikan hingga menambah fasilitas publik di Stasiun Gambir demi meningkatkan kenyamanan dan keamanan bagi para penumpang selama mudik Lebaran 2023.

Fasilitas yang disedikana bagi pengguna jasa KA jarak jauh di Stasiun Gambir yakni lift dan eskalator yang memudahkan pemudik menuju peron.

"Untuk Stasiun Gambir, kita menyediakan fasilitas bagi pengguna jasa KA jarak jauh dari sisi ketersediaan fasilitas, seperti lift dan eskalator untuk bisa menuju area peron," ujar Kepala Humas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa, Rabu (19/4).

Selain itu, jumlah kursi tunggu di Stasiun Gambir pun ditambah sehingga total menjadi 1.650 kursi dari sekitar 1.500 kursi yang tersebar di berbagai titik mulai dari zona 1, 2, dan 3.

 

3 dari 3 halaman

Water Station hingga Ruang Menyusui

Fasilitas lain yang ditambah di Stasiun Gambir guna menyambut para pemudik Lebaran tahun ini adalah water station yang terletak di empat titik yakni dua di area hall bawah dan dua di area peron. Dengan demikian pemudik tidak perlu membeli air mineral karena telah disediakan water station untuk mengisi ulang botol air minum mereka.

Toilet dan mushola nyaman, hingga mesin pencetak tiket yang terletak di lebih dari delapan titik juga tersedia di Stasiun Gambir. Oleh karena itu, penumpang KA tidak perlu mengantre ketika mencetak tiket.

KAI juga menyediakan fasilitas ruang menyusui dan pos kesehatan untuk pemeriksaan penumpang KA secara umum maupun ibu hamil.

"Jadi, ibu hamil yang akan melakukan perjalanan jarak jauh akan dilakukan pemeriksaan kesehatan," tutur Eva.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.