Sukses

Hukum Serta Niat Puasa Syawal dan Tata Caranya

Berikut ini adalah penjelasan hukum puasa Syawal lengkap dengan niat dan tata caranya.

Liputan6.com, Jakarta Perayaan Hari Raya Idul Fitri telah berakhir dan kini umat muslim telah memasuki bulan Syawal. Di bulan ini umat muslim dianjurkan untuk melakukan puasa sunnah Syawal, pasalnya pahalanya besar. 

Sesuai dengan namanya, puasa syawal dilakukan di bulan Syawal yaitu setelah bulan Ramadhan. Umumnya puasa syawal ini dilakukan selama 6 hari secara berurutan. Hukum puasa Syawal adalah sunnah, hal ini sesuai dengan hadist Nabi SAW, yang artinya:

Barangsiapa yang puasa Ramadhan lalu mengikutinya dengan puasa enam hari di bulan syawal, makai a mendapat pahala puasa setahun penuh.” (HR. Muslim No. 1164)

Ibnu Qudamah dalam Al-Mughni mengatakan bahwa, “Puasa enam hari di bulan Syawal hukumnya mustahab menurut mayoritas para ulama”. (Al-Mughni, 3/176).

Sebelum melaksanakan puasa Syawal ada baiknya umat muslim memahami aturan pelaksanaan puasa syawal hingga niatnya. Dengan memahami aturan ini, umat muslim bisa menunaikan puasa syawal dengan baik sesuai dengan syariat Islam. Dilansir dari NU Online, berikut ini penjelasan hukum, aturan pelaksanaan hingga niat puasa syawal yang perlu umat muslim ketahui.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Hukum puasa syawal

Puasa syawal hukumnya adalah sunnah, artinya akan memberikan kebaikan bagi yang melaksanakan dan tidak menimbulkan dosa bagi yang meninggalkan. Status hukum puasa syawal ini sunah bagi orang yang tidak memiliki tanggungan puasa wajib, baik puasa Ramadhan atau puasa nazar.

Dengan begitu, bagi umat muslim yang masih mempunyai tanggungan puasa wajib, misalnya karena sakit, perjalanan jauh atau lainnya, hukum puasa syawal menjadi makruh.

Sementara itu bagi orang yang tidak menjalankan puasa Ramadhan dengan sengaja tanpa alasan yang diperbolehkan, maka hukum puasa syawal menjadi haram. Sehingga bagi umat muslim yang ingin menunaikan ibadah puasa syawal sebaiknya membayar dahulu puasa wajib yang masih menjadi tanggungan.

3 dari 3 halaman

Niat puasa syawal dan tata caranya

Berikut ini adalah lafal niat puasa syawal:

 

Nawaitu shauma ghadin ‘an adâ’i sunnatis Syawwâli lillâhi ta‘âlâ

 

 Artinya: Aku berniat puasa sunnah Syawal esok hari karena Allah ta’ala

Tata cara puasa syawal

Sama seperti puasa pada umumnya cara menunaikan puasa syawal dimulai dari membaca niat dalam hati dan dengan sengaja terlebih dahulu. Kemudian umat muslim yang menjalani puasa Syawal harus melakukan kegiatan sahur yaitu mengonsumsi makanan sebelum waktu imsak dan berbuka puasa ketika waktu maghrib. Puasa syawal dapat dilakukan 6 hari berturut-turut atau berselang, yang penting masih dilakukan di bulan Syawal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.