Sukses

Jalan Panjang Masyarakat Muslim di AS Perjuangkan Libur Sekolah Saat Lebaran Idul Fitri

Semakin banyak distrik sekolah di seluruh Amerika Serikat mengakomodasi siswa Muslim dengan membatalkan kelas selama Idul Fitri.

Liputan6.com, Washington, D.C. - Dibesarkan di Amerika Serikat (AS), Selaedin Maksut biasanya bolos sekolah pada momen Lebaran Idul Fitri untuk pergi ke masjid, menghadiri perayaan bersama keluarganya, dan merayakan salah satu hari paling menggembirakan bagi umat Islam di seluruh dunia.

Meskipun ia mengatakan tidak pernah menyesali keputusan itu, ia merasa terbebani karena harus bolos kelas.

Sekarang, sebagai direktur Dewan Hubungan Amerika-Islam (CAIR-NJ) cabang New Jersey, Maksut telah membantu generasi baru siswa Muslim-Amerika untuk libur sekolah.

"Kami optimis," kata Maksut sembari menekankan bahwa upaya tersebut bertujuan untuk "membebaskan" siswa Muslim dari keharusan memilih antara kesuksesan akademik dan mengamati liburan, dikutip dari Al Jazeera, Minggu (23/4/2023). 

Di New Jersey dan di seluruh AS, lusinan sekolah umum telah mengakui Idul Fitri sebagai hari libur resmi dalam beberapa tahun terakhir, sebuah tren yang menurut para advokat Muslim-Amerika adalah produk dari aktivisme mereka, serta tanda semakin menonjolnya komunitas Muslim di negara.

"Siswa ingin dapat dengan bebas pergi ke masjid dan beribadah, bersama keluarga mereka dan menikmati hari itu, dan kemudian kembali ke sekolah keesokan harinya dengan mengetahui bahwa mereka tidak melewatkan ujian, ulangan, pekerjaan rumah, atau apa pun," ucap Maksut kepada Al Jazeera.

CAIR-NJ telah membuat perangkat untuk membantu orang tua, siswa, dan aktivis mendesak sekolah untuk mengadopsi Idul Fitri sebagai hari libur, termasuk draf surat yang menyoroti dilema yang dihadapi siswa Muslim antara memprioritaskan kehadiran di sekolah atau tugas agama.

"Kami akan terus memulai dan bekerja dengan anggota komunitas untuk memobilisasi dan membantu mereka menemukan suara mereka dan memberdayakan mereka untuk mencari akomodasi ini, untuk menciptakan masyarakat yang lebih inklusif dan menyambut semua orang."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ada Progres Telah Dilakukan untuk Memeluk Warga Muslim di AS

Islam memiliki dua hari raya besar yang salah satunya dikenal sebagai Idul Fitri, yakni kata Arab untuk liburan atau festival.

Idul Fitri menandai akhir bulan suci Ramadhan, di mana umat Islam diharuskan berpuasa dari matahari terbit hingga terbenam selama sebulan. Sementara itu, liburan kedua adalah Idul Adha, yang menandai berakhirnya ibadah haji dan biasanya jatuh sekitar dua bulan setelah Idul Fitri.

Islam mengikuti kalender lunar, maka hari libur tidak jatuh pada tanggal yang sama di kalender sekolah setiap tahunnya.

Namun, lusinan distrik sekolah di seluruh AS terutama yang memiliki banyak siswa Muslim, berusaha menandai Idul Fitri sebagai hari libur ketika mereka dirayakan selama tahun ajaran.

Muslim berjumlah sekitar satu persen dari populasi AS, menurut survei Pew Research Center 2018. Namun, beberapa negara bagian termasuk New Jersey dan Michigan, memiliki konsentrasi penduduk Muslim yang lebih tinggi.

Dorongan untuk mengakui Idul Fitri di sekolah-sekolah tidak menghadapi tentangan yang menonjol di tingkat nasional, menyoroti upaya sayap kanan yang surut untuk menggambarkan setiap akomodasi pemerintah Muslim sebagai konspirasi untuk memaksakan aturan Islam di Amerika, kata Maksut.

"Pasca tragedi 9/11, saya ingat bahasa 'Islamisasi' dan 'Muslim mengambil alih' dan 'Hukum Syariah [hukum Islam] merayap ke sekolah-sekolah'," ujarnya.

"Meskipun kami kadang-kadang masih melihat bahwa, meskipun tidak banyak, apa yang kami lihat sekarang jauh lebih banyak kemajuan, kami melihat lebih banyak upaya proaktif, dan kami melihat bahwa Muslim diakomodasi di banyak tempat."

3 dari 4 halaman

Awal Mulanya

Baru-baru ini, beberapa kota di New Jersey menambahkan Idul Fitri sebagai hari libur, mulai tahun ini atau tahun 2024, begitu pula distrik di New York dan Ohio.

Kota New York, yang memiliki distrik sekolah umum terbesar di negara itu, mengambil langkah tersebut pada 2015. Minneapolis, kota besar lainnya, memutuskan untuk mulai mengakui Idul Fitri sebagai liburan sekolah pada 2022, dan Houston melakukan hal yang sama pada 2023.

Di Michigan tenggara, di mana orang Arab dan Muslim biasa bertugas di dewan sekolah, banyak distrik termasuk Detroit telah menetapkan Idul Fitri sebagai hari libur.

Dearborn di pinggiran Detroit diyakini sebagai distrik sekolah AS pertama yang mengakui Idul Fitri. Advokat mengatakan beberapa sekolah dengan banyak murid Muslim mulai ditutup untuk acara keagamaan pada 1990-an, sebelum Idul Fitri menjadi hari libur di seluruh distrik pada awal 2000-an.

Selain upaya masyarakat dan kerja sama pejabat setempat, berlibur di Dearborn juga merupakan hal yang praktis.

Begitu banyak siswa yang tidak hadir di kelas pada hari libur Muslim, sehingga beberapa sekolah gagal mencapai tingkat kehadiran yang diperlukan untuk mengamankan pendanaan negara bagian dan federal untuk hari itu.

Lila Alcodray-Amen, seorang pejabat Dearborn Public Schools, mengatakan mulai terlihat jelas pada awal 1990-an bahwa "tidak masuk akal" untuk membiarkan sekolah tetap buka selama Idul Fitri dan Idul Adha. "Kami kehilangan uang," katanya kepada Al Jazeera.

Alcodray-Amen, yang bekerja dengan pengawas sekolah saat itu untuk mengamankan liburan sebagai hari libur, mengatakan dorongan Idul Fitri adalah bagian dari kampanye yang lebih luas untuk mengakomodasi pertumbuhan populasi siswa Muslim.

Ia juga mengatakan ada penolakan awal dari beberapa anggota staf, tetapi oposisi dengan cepat menghilang. "Itu tentang uang, dan penghormatan terhadap fakta bahwa orang berhak mendapatkan waktu istirahat mereka karena ini adalah hari libur," tuturnya.

"Kami tutup untuk Paskah. Kami tutup untuk Natal. Mengapa kita harus berbeda dalam komunitas kita?"

Putrinya, Suehaila Amen, seorang advokat komunitas dan lulusan Dearborn Public Schools, juga ingat pertama kali ia tidak harus pergi ke kelas saat Idul Fitri ketika masih duduk di bangku sekolah dasar.

"Saya ingat sangat gembira, tidak harus bangun dan pergi ke sekolah pada hari libur, dan bisa pergi ke masjid," cerita Amen.

"Sebagai siswa kutu buku, hal itu tidak akan memengaruhi nilai atau catatan kehadiran saya. Itu masalah besar."

Amen juga mengatakan meningkatnya pengakuan Idul Fitri adalah "bukti pertumbuhan" di AS.

"Ketika, sayangnya, kita melihat begitu banyak hal yang terjadi di negara ini di ujung yang berlawanan, inilah saatnya kita melihat hal-hal positif yang dapat dan memang terjadi, dan itu karena ada orang yang berkomitmen untuk menciptakan perubahan."

4 dari 4 halaman

San Francisco Hadapi Kritik karena Tidak Ada Kemajuan

Sementara pengakuan Idul Fitri di sekolah-sekolah sebagian besar telah menjadi kisah sukses bagi komunitas Muslim-Amerika, tidak semuanya berjalan mulus. Di San Francisco, distrik sekolah pada Januari 2023 membatalkan resolusi yang disetujui beberapa bulan sebelumnya untuk libur Idul Fitri.

Menurut laporan media lokal, San Francisco Unified School District (SFUSD) telah menghadapi kritik atas langkah tersebut dan ancaman tuntutan hukum yang menuduhnya lebih memilih satu agama daripada yang lain.

Menghadapi tekanan balik dari mahasiswa dan aktivis Arab dan Muslim, distrik tersebut memutuskan untuk memajukan liburan musim semi tahun depan untuk mengakomodasi Idul Fitri.

"Penting bagi saya sebagai siswa untuk mendapatkan hari libur karena itu membuat saya merasa diakui dan didengar di komunitas saya," kata Aisha Majdoub, seorang siswa sekolah menengah di distrik itu.

Majdoub dan siswa Muslim lainnya telah menghadiri rapat dewan sekolah, dan ia mengatakan bahwa ia sangat kecewa dengan keputusan awal distrik untuk mencabut Idul Fitri sebagai hari libur resmi.

"Sejujurnya, itu adalah salah satu hal terburuk yang pernah ada karena rasanya seperti Anda akhirnya merasakan rasa manis, dan kemudian itu diambil kembali dari Anda," ungkapnya.

Majdoub menambahkan bahwa memajukan liburan musim semi untuk mengakomodasi Idul Fitri hanyalah perbaikan sementara. Idul Fitri bergerak menuju awal tahun pada kalender Gregorian, sehingga dalam beberapa tahun akan dirayakan di musim dingin.

"Jadi untuk saat ini, ya, ini adalah kemenangan," ujar Majdoub. "Tapi kita masih harus kembali dan mencari solusi jangka panjang. Kita harus benar-benar mengenali Idul Fitri sebagai hari libur."

Wassim Hage selaku koordinator penjangkauan di Pusat Sumber Daya dan Pengorganisasian Arab, sebuah kelompok advokasi yang telah menjadi bagian dari kampanye Idul Fitri di San Francisco, mengatakan cuti pada hari libur Muslim sangatlah penting bagi siswa.

Hage mengatakan pengakuan juga akan sangat membantu siswa Arab dan Muslim dari beberapa kefanatikan yang dihadapi komunitas mereka selama beberapa dekade terakhir, sementara memungkinkan siswa lain untuk mengeksplorasi dan menghargai budaya mereka.

"Komunitas kami telah menerima berbagai jenis kekerasan negara dan representasi yang keliru serta demonisasi di media," katanya.

"Kemampuan untuk melawan itu, untuk mengatakan, 'Kami melihat siswa Arab dan Muslim dan keluarga mereka sebagai anggota komunitas kami yang berharga. Mereka memiliki hari ini untuk dirayakan, dan kami juga akan merayakannya dengan Anda semua dan mengambil cuti hari ini'."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.