Sukses

200 Ribu Warga Kota Tangerang Diprediksi Mudik di 2023, Melonjak dari Tahun Sebelumnya

Jumlah pemudik yang akan meninggalkan Kota Tangerang untuk ke kampung halamannya pada hari raya Idulfitri 1444 H, diprediksi akan mengalami lonjakan dibandingkan tahun sebelumnya.

Liputan6.com, Jakarta Jumlah pemudik di Tangerang yang pulang kampung untuk merayakan hari raya Idul Fitri 1444 H diprediksi akan mengalami lonjakan dibandingkan tahun sebelumnya. 

Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah mengatakan, diprediksi total jumlah warga yang bertolak untuk mudik dari wilayahnya berjumlah 100 sampai 200 ribu orang. 

"Prediksi tahun ini akan lebih banyak (pemudik) karena sudah tiga tahun masyarakat tidak mudik karena Covid-19," kata Arief kepada wartawan, Senin (17/4/2023). 

Sebab, Kota Tangerang sendiri memiliki julukan Kota Seribu Industri. Membuat banyak pekerja yang datang dari luar kota untuk bekerja di pabrik terutama kawasan Jawa. 

"Kebanyakan masyarakat pendatang itu tinggal di kontrakan seperti di Jatiuwung, Periuk, sebagian di Cibodas terus wilayah Batuceper, banyak kawasan-kawasan industri yang pulang kampung," jelasnya.  

Adapun Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar melepas 28 armada bus mudik gratis bagi masyarakat Kabupaten Tangerang yang diinisiasi Dinas Perhubungan Kabupaten Tangerang. Pelepasan mudik itu digelar di depan Kantor Bupati Tangerang, Senin (17/4/2023).

Di sela-sela tersebut Bupati Zaki mengatakan Pemerintah Kabupaten Tangerang melalui Dinas Perhubungan Kabupaten Tangerang menggelar mudik gratis bagi masyarakat Kabupaten Tangerang dengan tujuan 4 provinsi di pulau Jawa yaitu Jawa Barat, Jawa Tengah, DIY, dan Jawa Timur. Bupati Zaki berharap semoga seluruh pemudik dapat sampai tujuan dengan sehat, aman dan nyaman.

"Saya ucapkan selamat mudik. Saya berharap seluruh pemudik ini sampai dengan kota tujuan dengan selamat dengan keadaan nyaman, sehat dan aman," kata Bupati Zaki.

Bupati menambahkan Dinas Perhubungan Kabupaten Tangerang yang telah menyediakan 28 armada bus untuk 1.456 orang warga masyarakat di Kabupaten Tangerang. Dia berharap program ini terus dapat dilanjutkan dengan persiapan dan armada yang lebih naik lagi.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pelayanan untuk Warga yang Merayakan Idul Fitri di Kampung

"Mudah-mudahan program-program tahun depan bisa lebih lagi, lebih banyak lagi peserta dan armada bus yang bisa diberangkatkan mudik gratis bagi masyarakat Kabupaten Tangerang. Ini merupakan bagian dari pelayanan kami kepada masyarakat Kabupaten Tangerang untuk perayaan Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriyah," katanya.

Dia juga mengimbau kepada para seluruh pemudik untuk senantiasa jaga kesehatan dan mentaati protokol kesehatan serta memanfaatkan posko-posko pemantauan dan kesehatan saat melakukan mudik ke kampung halamannya masing-masing.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.