Sukses

Doa Agar Amalan Puasa Diterima Allah SWT

Ramadhan segera berakhir, maka ada baiknya kita berdoa dengan sungguh-sungguh agar mau menerima segala amalan yang telah dilakukan selama kurang lebih satu bulan ini.

Liputan6.com, Jakarta Tak terasa hampir satu bulan penuh kita menjalani ibadah puasa. Ya, bulan Ramadan akan segera berakhir. Tentu semua umat muslim ingin semua amal ibadah yang telah dilakukan diterima oleh Allah SWT. Maka ada baiknya kita berdoa dengan sungguh-sungguh agar mau menerima segala amalan yang telah dilakukan selama kurang lebih satu bulan ini.

Rasulullah SAW pernah bersabda;

 “Barangsiapa melaksanakan shalat sunnah 10 rakaat pada malam terakhir ramadhan, yang setiap rakaatnya membaca Surah Al-Fatihah sekali dan surah Al ikhlas 10 kali, serta ketika ruku’ dan sujud membaca tasbih…”

Berikut bacaannya:

 

Subhanallah walhamdulillah wa laa ilaha illallah wallahu akbar

 

Artinya:

"Maha suci Allah, segala puji bagi Allah, tidak ada tuhan yang pantas disembah kecuali Allah, dan Allah Mahabesar."

Tasbih tersebut sebaiknya dibaca sepuluh kali dan setelah menunaikan seluruh rakaat, lanjutkan dengan istighfar sebanyak 1000 kali.

Nabi SAW pernah bersabda:

“Demi Dzat yang telah mengutusku dengan kebenaran kenabian! Sesungguhnya jibril telah mengabarkan kepadaku dari Israfil dari Tuhannya, bahwa sesungguhnya tidaklah seseorang mengangkat kepalanya dari tempat sujudnya, kecuali Allah telah memberinya ampunan, menerima seluruh amalnya dan mengampuni semua dosanya, meskipun dosanya lebih besar dari 70 macam dosa, yang masing-masing lebih besar dari seluruh dosa hamba-hambaNya."

Barang siapa yang melaksanakan salat dan beristigfar seperti itu makan Allah SWT akan menerima puasa, sholat, serta sholat malamnya. Serta mengampuni dosa-dosa dan mengabulkan segala permintaannya. Ini juga dikatakan sebagai hadiah khusus untuk umat-Nya jika doa yang dipanjatkan benar-benar dilakukan secara sungguh-sungguh.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Doa Tobat yang Bisa Umat Muslim Baca untuk Memohon Ampunan kepada Allah SWT

Setiap orang pasti tidak pernah luput dari kesalahan begitu pula dengan umat muslim. Sebagai manusia biasa, umat muslim juga tentu pernah melakukan dosa baik yang disadari maupun tidak. 

Dosa yang dilakukan pun bermacam-macam mulai dari dosa kecil hingga dosa besar. Dengan begitu, penting bagi setiap umat muslim untuk bertobat kepada Allah SWT. Memohon ampun atas berbagai kesalahan yang telah dilakukan dan meminta perlindungan Allah agar bisa kembali ke jalan-Nya yang baik dan benar. 

Dalam hal ini, tobat bisa dilakukan dengan berbagai macam cara. Salah satunya ialah membaca doa tobat. Dilansir dari NU Online, terdapat dua bacaan doa tobat yang bisa dipraktikkan sehari-hari, yaitu doa tobat untuk pengakuan dosa dan doa tobat yang dibaca Nabi Adam. Berikut bacaannya: 

 

3 dari 3 halaman

Doa Tobat yang Bisa Umat Muslim Baca

Doa Tobat untuk Pengakuan Dosa

“Ilahi lastu lil Firdausi ahla, Wa la aqwa ala naril jahimi. Fahab li taubatan waghfir dzunubi, Fainnaka ghafirudz dzanbil ‘azhimi.”

Artinya: “Ya Tuhanku, aku bukanlah penghuni yang pantas masuk surga-Mu. Namun aku pun tidak sanggup masuk neraka jahim. Maka dari itu, bukalah pintu taubat-Mu. Ampunilah segenap dosaku. Karena sungguh Engkau ialah Zat yang maha pengampun.”

Doa Tobat Nabi Adam

"Rabbanaa zhalamnaa anfusanaa wa illam tagfirlanaa watarhamnaa lanakuunanna minal khaasiriin."

Artinya: “Ya Tuhan kami, kami telah menzalimi diri kami sendiri. Jika Engkau tidak mengampuni kami dan memberi rahmat kepada kami, niscaya kami termasuk orang-orang yang rugi.”

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.