Sukses

Berbagi Berkah Ramadhan, Alumni Universitas Trisakti Bagi-Bagi Sembako Untuk yang Membutuhkan

Alumni Universitas Trisakti yang tergabung dalam Ikatan Alumni (IKA) Trisakti terus melanjutkan kegiatan berbagi berkah Ramadhan bersama anak yatim, dan warga kurang mampu.

Liputan6.com, Jakarta - Alumni Universitas Trisakti yang tergabung dalam Ikatan Alumni (IKA) Trisakti terus melanjutkan kegiatan berbagi berkah Ramadhan bersama anak yatim, dan warga kurang mampu.

Kali ini, kegiatan bagi-bagi sembako berlangsung di RT 06/ RW 04, Jatiwaringin, Pondok Gede, Kota Bekasi, Jawa Barat pada Jumat (7/4/2023).

Menurut Ketua Panitia Berkah Ramadan IKA Trisakti Luqman Saifudin, kegiatan bagi-bagi sembako bukanlah kali pertama dilakukan. Dia mengatakan, hampir setiap tahun IKA Trisakti selalu berbagi berkah Ramadhan dengan sesama.

"Ramadhan sekarang, ini merupakan kali ketiga. Dua hari sebelumnya, berturut-turut kita berbagi berkah di Plumpang, Jakarta Utara, dan Tanah Abang, Jakarta Pusat," ujar Luqman di lokasi yang disampaikan melalui keterangan tertulis, Jumat (7/4/2023).

Luqman merinci, kegiatan ini sesuai amanat Ketua Umum IKA Trisakti Silmy Karim, Sekjen IKA Trisakti Irfan Ardiansyah, dan Bendahara Umum IKA Trisakti Bobby A Rizaldy.

"Beliau-beliau ingin alumni Trisakti hadir di tengah-tengah masyarakat. Akhirnya para alumni Trisakti bahu-membahu memberikan sumbangan," ucap dia.

Kemudian Luqman menjelaskan, bantuan sengaja diberikan dalam sembako karena biasanya, saat Ramadan dan menjelang Lebaran harga beras, minyak, dan kebutuhan lainnya naik.

"Para alumni berharap, bantuan ini mampu meringankan beban masyarakat," kata dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ucapan Terima Kasih Warga

Ada puluhan paket sembako diberikan kepada warga yang membutuhkan. Luqman mengatakan, rasa lelah panitia dapat terobati saat melihat senyum bahagia di wajah para penerima bantuan.

"Semoga bantuan dari teman-teman dan senior alumni Trisakti menjadi berkah untuk kita semua," ucap dia.

Warga Jatiwaringin yang mendapatkan bantuan tidak henti-hentinya berterima kasih kepada para alumni Trisakti.

"Alhamdulillah, terima kasih banyak, semoga banyak rezeki, sukses, dan sehat selalu," kata seorang ibu paruh baya, saat menerima paket sembako.

 

3 dari 4 halaman

Gelar Safari Ramadhan, AP II Sebar 2.000 Paket Sembako

Sebelumnya, harga paket sembako lebih dari Rp 100 ribu, dijual seharga Rp 50 ribu saja di gelaran Safari Ramadan BUMN 2023 PT Angkasa Pura II, di sekitar area Bandara Internasional Soekarno Hatta, Kamis 6 April 2023.

Senior General Manager of Community Development Center PT Angkasa Pura II Amirzal mengatakan, pihaknya menyediakan 1.500 sampai 2.000 paket sembako murah untuk masyarakat di lima kecamatan yang ada di sekitar bandara tersibuk di Indonesia itu.

"Hari ini kita mengadakan Safari Ramadan dengan penjualan paket sembako murah dan juga bazar UMKM. Kami menyiapkan 2000 paket sembako senilai Rp130 ribu dan dapat ditebus sebesar Rp50 ribu per paket," kata Amirzal.

Adapun isi paket sembako murah tersebut terdiri dari 5kg beras, 1kg gula dan 1 liter minyak goreng. Paket sembako tersebut dapat ditebus Rp50 ribu oleh masyarakat yang telah mendapatkan kupon dari panitia.

Alurnya, masyarakat atau bisa diwakilkan, datang membawa kupon yang sudah dibagikan terlebih dulu, beserta identitas diri untuk pendataan ulang. Makanya, Angkasa Pura II melibatkan perangkat kelurahan atau desa yang ada di Kota dan Kabupaten Tangerang.

"Kegiatan ini untuk membantu masyarakat sekitar Bandara Soekarno-Hatta menjelang lebaran Idul Fitri 1444 hijriah dan tentunya mendukung program pemerintah terkait perekonomian Indonesia dengan melibatkan UMKM," ujar Amirzal.

 

4 dari 4 halaman

Pakai Kupon

Masyarakat sekitar Bandara Soetta yang telah mendapatkan kupon dan berhak tebus murah paket sembako di Safari Ramadan BUMN ini berasal dari Kecamatan Benda, Neglasari, Teluknaga, Kosambi dan Sukasari.

"Semoga dengan adanya pasar murah ini dapat membantu atau setidaknya dapat meringankan masyarakat sekitar Bandara Soekarno-Hatta ini," kata Amirzal.

Selain paket sembako murah, di lokasi Safari Ramadan BUMN 2023 ini juga yenyajikan Takjil Gratis yang dipersembahkan dari Mitra Binaan UMKM dan Rumah BUMN Kota Tangerang sebanyak 2000 paket.

Sementara, Anto masyarakat yang membeli sembako murah tersebut mengatakan, pihaknya mengolektif sembako murah.

Misalnya saja untuk Kelurahan Pajang, Kecamatan Benda, Kota Tangerang. Pihaknya mengkordinir seluruh sembako, untuk kemudian akan dibagikan ke masyarakat langsung melalui ketua RW.

"Jadi ini kolektif, sudah persetujuan warga dan lurah. Kami di Kelurahan Pajang ada 4 RW, setiap RW mendapat 25 paket sembako. Jadi sudah terdata siapa yang berhak menerima paket sembako murah ini," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.