Sukses

Curhat Zaskia Adya Mecca, Merindukan Ketenangan Ramadhan Tahun Lalu

Menurut Zaskia Adya Mecca, menjalani puasa Ramadhan tahun ini tidak senikmat dengan puasa pada tahun lalu

Liputan6.com, Jakarta Tidak terasa, Ramadhan 2023 sudah berjalan selama dua pekan. Artis Zaskia Adya Mecca pun mengungkap kesan dari pengalaman berpuasanya tahun ini.

Menurut istri Hanung Bramantyo, menjalani puasa Ramadhan tahun ini tidak semenyenangkan dengan puasa pada tahun lalu, saat dunia masih dihadapkan dengan pandemi Covid-19.

"Gimana perjalanan setengah Ramadhannya tahun ini?! 😢😢 jujur ga senikmat ramadhan tahun lalu dan sebelumnya.. disaat kita lagi ter-pause dari semua kesibukan dunia," kata bintang sinetron Para Pencari Tuhan di Instagramnya, Kamis (6/4/2023).

Menurutnya, suasana Ramadhan tahun sebelumnya terasa lebih tenang, tidak banyak gangguan sehingga lebih khusuk dalam menjalankan ibadah.

"Ga terlalu banyak distraksi, jadwal ajakan bukber ga memenuhi calendar juga kerjan2 yang menuntut kita sibuk sampai lengah buat bermesraan sama Allah," paparnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Memperbanyak Itikaf Seperti Rasulullah

"Inilah kenapa juga Rasulullah memilih memperbanyak itikaf.. gemes sama diri sendiri juga situasi, tapi keadaan seolah2 sulit untuk dikendalikan," sambungnya.

Artis 35 tahun ini juga bicara soal tradisi berbuka puasa bersama. Baginya, tradisi ini dapat berpotensi seseorang mengorbankan ibadah yang lainnya.

3 dari 4 halaman

Tradisi Berbuka Puasa Bersama

"Tradisi bukber kayanya akan lbh nikmat di pindahin setelah lebaran.. kumpul lbh santai, trawih jadi ga terbengkalai/tertunda, juga meminimalisir obrolan2 yang kesana sini," ungkapnya.

Zaskia Adya Mecca merasa kecewa pada dirinya sendiri. "Merindukan nikmat ketenangan Ramadhan tahun lalu," ia mengakhiri.

4 dari 4 halaman

Respons Warganet

Tidak sedikit warganet yang setuju dengan keluh kesah Zaskia terkait berkurangnya kenikmatan beribadah di Ramadhan 2023.

"Caption🥺 semoga Allah mudahkan dan tolong kitaa utk bisa memaksimalkan ramadhan ini yah," tutur Diera Bachir.

"Setuju, Ramadan thn ini sengaja hibernasi. Engga banyak keluar atau buat appointment apapun termasuk buka bersama (ini karena susah sholat), lebih nikmat dirumah, engga buru2 dan lebih fokus ibadah 😊 InshaAllah," ujar yang lain.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.