Sukses

BI Cirebon Siapkan Rp 3,47 Triliun Penukaran Uang Rupiah Hingga Lebaran

BI Cirebon menyebutkan, proyeksi kebutuhan uang masyarakat pada periode Ramadan dan Idul Fitri tahun 2023 mengalami penurunan dari tahun kemarin.

Liputan6.com, Cirebon Sejumlah titik disiapkan Bank Indonesia (BI) Cirebon untuk melayani penukaran uang rupiah kepada masyarakat. Tahun ini, BI Cirebon menyiapkan Rp 3,47 triliun uang rupiah selama periode ramadan dan idul fitri 2023.

Bekerjasama dengan perbankan, BI Cirebon menyediakan layanan penukaran uang pecahan besar (UPB) maupun uang pecahan kecil (UPK) di 136 titik.

Kepala BI Cirebon Hestu Wibowo mengatakan, penukaran di 136 titik itu terhitung mulai 27 Maret 2023 hingga 20 April 2023.

"Selain di titik yang sudah ditentukan kami juga melayani penukaran uang melalui kas keliling terhitung mulai 27 Maret 2023 sampai 18 April 2023," ujar Hestu, Seni (27/3/2023).

Hestu menyebutkan, proyeksi kebutuhan uang masyarakat pada periode Ramadan dan Idul Fitri tahun 2023 mengalami penurunan dari tahun kemarin.

Sementara itu, realisasi kebutuhan uang periode ramadan dan idul fitri 2022 sebesar Rp 4 Triliun. Dia menjelaskan, penurunan kebutuhan tersebut karena terdapat penurunan kebutuhan uang pecahan besar.

"Banyak perbankan saat ini menyediakan ATM yang non tunai jadi untuk kebutuhan pecahan besar tidak harus ke bank bisa langsung ke ATM. Tapi untuk penukaran uang pecahan kecil naik," ujar dia.

Hestu menyebutkan, rincian proyeksi kebutuhan uang senilai Rp 3,74 Triliun tersebut terdiri dari Rp 3,68 Triliun proyeksi kebutuhan melalui perbankan. Sementara Rp 60 Miliar proyeksi kebutuhan melalui layanan kas keliling.

Saksikan video pilihan berikut ini: 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penukaran Uang

Pemenuhan kebutuhan uang untuk Perbankan, terutama UPK Hasil Cetak Sempurna (HCS), telah dilaksanakan sejak Minggu ke 2 Maret sebagai modal perbankan untuk memenuhi kebutuhan uangmasyarakat pada Periode Ramadan dan Lebaran.

Sementara itu, kata Hestu, layanan penukaran uang kas keliling tersebar di pusat keramaian, seperti pasar dan pusat perbelanjaan atau mall. Kas keliling tersebut akan mengambil tempat di Grage Mall, rest area Tol Cipali dan beberapa pasar di wilayah Ciayumajakuning.

“Khusus untuk layanan penukaran di kas keliling, masyarakat diharapkan memesan penukaran terlebih dahulu melalui aplikasi PINTAR,” ujar Hestu, Senin (27/3).

Sementara itu memasuki periode akhir Ramadan, mulai tanggal 17-18 April 2023, BI Cirebon akan menambah lokasi layanan penukaran di jalur mudik melalui Program Bl Peduli Mudik, yaitu di rest area Jalan Tol Cipali KM 166 atau di restarea KM 207.

“Untuk penukaran di jalur mudik ini, masyarakat tidak perlu memesan terlebihdulu melalui Aplikasi PINTAR,” kata Hestu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.