Sukses

Niat Qobliyah Subuh Arab dan Latin, Kenali Tata Cara Serta Doanya

Niat qobliyah subuh atau sholat fajar perlu dihafalkan sebelum melaksanakan ibadah sunah ini.

Liputan6.com, Jakarta Niat qobliyah subuh perlu dipahami oleh setiap umat Islam. Pasalnya, sholat sunah yang dilaksanakan sebelum sholat fardu subuh ini memiliki keutamaan yang sangat besar. Keutamaan shalat ini lebih baik dari dunia seisinya.

Hal ini terungkap dari sebuah hadis riwayat Imam Muslim. Rasulullah Muhammad SAW bersabda tentang keutamaan yang terkandung dalam sholat qobliyah subuh atau sholat fajar ini.

"Dua rakaat sholat fajar lebih baik dari dunia seisinya." (HR. Muslim)

Niat qobliyah subuh atau sholat fajar perlu dihafalkan sebelum melaksanakan ibadah sunah ini. Selain itu, kamu perlu mengenali tata caranya agar bisa mendapatkan keutamaannya. Hanya dengan dua rakaat sholat sunah, kamu bisa mendapatkan keutamaan yang begitu besar dari qobliyah subuh.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (27/3/2023) tentang niat qobliyah subuh.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Niat Qobliyah Subuh

Sholat qobliyah subuh biasanya dilaksanakan setelah azan, sebelum sholat fardu subuh. Sebelum mengenal tata caranya, kamu perlu mengetahui niat qobliyah subuh terlebih dahulu. Apalagi, niat qobliyah subuh merupakan tata cara sholat yang paling penting sebelum melaksanakannya. Niat menjadi landasan dasar dalam menjalankan berbagai aktivitas, begitu juga dengan sholat.

Niat qobliyah subuh bisa dilafalkan sebelum melaksanakan sholat. Berikut bacaan niat qobliyah subuh yang bisa kamu lafalkan sebagai salah satu tata cara sholat sunah ini:

اُصَلِّى سُنَّةَ الصُّبْحِ رَكْعَتَيْنِ قَبْلِيَّةً مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ ِللهِ تَعَالَى

"Ushalli sunnatash-shubhi rak'ataini qabliyyatal lillahi ta'ala."

Artinya:

"Aku niat sholat sunah sebelum Subuh dua rakaat karena Allah Taala."

Bisa juga dengan niat qobliyah subuh berikut:

اُصَلِّيْ سُنَّةَ الصُّبْحِ رَكْعَتَيْنِ لِلَّهِ تَعَالَى

"Usholli sunnatas shubhi rok'ataini lillaahi ta'aala."

Artinya:

"Saya niat sholat sunah subuh dua rakaat karena Allah Ta'ala."

3 dari 5 halaman

Tata Cara Sholat Qobliyah Subuh

Niat qobliyah subuh merupakan tata cara yang paling penting kamu kenali. Pasalnya, sholat sunah yang dikerjakan sebelum sholat fardu subuh sebanyak 2 rakaat ini tidak jauh berbeda langkah-langkahnya dari sholat fardu. Namun yang perlu diperhatikan adalah sholat ini jangan sampai dikerjakan berlama-lama karena hukumnya sunah. Rasulullah SAW juga melaksanakan shalat sunnah ini dengan singkat.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, tata cara sholat qobliyah subuh ini tidak jauh berbeda dengan sholat lainnya. Berikut tata cara sholat qobliyah subuh:

  1. Pertama, membaca niat qobliyah subuh
  2. Kedua, Takbiratul Ihram
  3. Ketiga, membaca surah al-Fatihah dilanjutkan salah satu surat dalam Al-Quran (Al-Kafiruun atau surat al-Baqarah Ayat 136)
  4. Keempat, rukuk.
  5. Kelima, iktidal.
  6. Keenam, sujud pertama.
  7. Ketujuh, duduk di antara dua sujud
  8. Kedelapan, sujud kedua rakaat pertama.
  9. Kesembilan, berdiri dan mengulang urutan di atas sejak membaca Surah al-Fatihah hingga sujud kedua. (Surat pendek pada rakaat kedua bisa membaca surat Al-Ikhlas atau surat Ali Imran Ayat 52)
  10. Kesepuluh, duduk tasyahud.
  11. Kesebelas, mengucapkan salam, menoleh ke kanan dan kiri.
4 dari 5 halaman

Bacaan Surat Pendek pada Qobliyah Subuh

Bacaan surat pendek pada qobliyah subuh patut diperhatikan. Hal ini berkaitan dengan bacaan surah Al-Qur’an setelah membaca Al-Fatihah, dan juga doa setelah sholat. Berikut bacaan surat pendek Al-Quran yang dianjurkan dibaca setalah Al-Fatihah pada tata cara sholat qobliyah subuh atau sholat fajar:

Surat al-Kafirun dan Surat al-Ikhlas

Ketika menjalankan sholat qabliyah subuh, seorang muslim dapat membaca surat Al-Kafirun pada rakaat pertama dan surat al-Ikhlas pada rakaat kedua. Diriwayatkan oleh Abu Hurairah, bahwa Rasulullah pada sholat sunah sebelum subuh membaca surat al-Kafirun dan surat al-Ikhlas (H.R. Muslim 726).

Surat al-Baqarah Ayat 136 dan Surat Ali Imran Ayat 52

Selain itu, kamu juga dapat membaca surat al-Baqarah:136 di rakaat pertama dan surat Ali Imran:52 di rakaat kedua sesuai riwayat dari Said bin Yasar, Ibnu Abbas mengabarkan kepadanya, "Sesungguhnya Rasulullah saat salat sunah sebelum subuh di rakaat pertama membaca "Qụlū āmannā billāhi wa mā unzila ilainā ..." (Surat al-Baqarah:136) dan di rakaat keduanya membaca ".. āmannā billāh, wasy-had bi`annā muslimụn" (Surah Ali Imran:52) (H.R. Muslim727)

5 dari 5 halaman

Bacaan Doa Setelah Qobliyah Subuh

Syeikh An Nawawi menganjurkan membaca bacaan dzikir khusus setelah qobliyah subuh sembari menunggu sholat fardu subuh. Hal ini salah satu doa yang perlu kamu kenali selain niat qobliyah subuh. Berikut doa setelah qobliyah subuh:

- Ya Hayyu Ya Qayyum Laa Ilaaha Illa Anta (40 kali)

- Al Ikhlas (11 kali)

- Al Falaq (1 kali)

- An Nas (1 kali)

- Ditutup dengan Subhanallah wa Bihamdihi, Subhanallahil Adhim, Astaghfirullah (100 kali)

Setelah melantukan doa dan zikir tersebut, dianjurkan untuk berbaring sejenak ke samping kanan menunggu sholat fardu subuh. Sembari berbaring, kamu bisa membaca:

Allahumma Robbi Jibrila wa Mikaila wa Isroofiila wa ‘Izrooiila, wa Robbi Sayyidina Muhammadin Shollallahu ‘alaihi wa sallam. Ajirnii minan naar”

Artinya:

“Ya Allah, Tuhannya Jibril, Mikail, Israfil, Izrail, dan Tuhannya junjungan kami Muhammad SAW. Selamatkanlah kami dari neraka”.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.