Sukses

Harapan Gus Yahya di Bulan Suci Ramadhan 1444 Hijriah untuk Umat Muslim Indonesia

Menyambut bulan suci Ramadhan, Gus Yahya menyampaikan harapannya kepala seluruh muslimin di Tanah Air agar senantiasa dalam lindungan dan pertolongan Allah.

Liputan6.com, Jakarta Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Yahya Cholil Staquf atau Gus Yahya menyampaikan selamat menunaikan ibadah puasa Ramadhan 1444 H/2023 M.

Dia berharap, agar seluruh umat Islam di bulan suci Ramadan yang penuh berkah ini senantiasa dalam lindungan dan pertolongan Allah.

"Selamat datang di Ramadhan 1444 H. Selamat datang di abad kedua Nahdlatul Ulama," kata Gus Yahya di Lantai 3 Gedung PBNU, Jalan Kramat Raya 164, Jakarta Pusat, Rabu, 22 Maret 2023. 

Dalam kesempatan tersebut, dia pun menyampaikan harapannya kepala seluruh muslimin di Tanah Air agar senantiasa dalam lindungan dan pertolongan Allah. 

"Semoga kita senantiasa di bawah bimbingan, lindungan, dan pertolongan Allah SWT, sehingga kita bisa mencapai berkah sebesar yang disediakan Allah di bulan istimewa ini," tuturnya seperti dilansir dari laman resmi nu.or.id. 

Sebelumnya, PBNU melalui Lembaga Falakiyah (LF) PBNU mengikhbarkan awal Ramadhan 1444 H jatuh pada hari Kamis (23/3/2023). Ikhbar tersebut didasarkan atas hasil rukyatul hilal pada Rabu, 22 Maret kemarin di sejumlah tempat.

Gus Yahya mengatakan bahwa dalam rangka penentuan awal Ramadhan 1443 H, Tim Rukyatul Hilal PBNU yang berada di bawah koordinasi Lembaga Falakiyah PBNU pada Rabu, 29 Sya’ban 1444 H atau 22 Maret 2023 M, telah melakukan rukyatul hilal bil fi’li di 50 lokasi yang telah ditentukan di seluruh Indonesia.

Hasil observasi dari seluruh titik pemantauan LF PBNU itu dilaporkan ke PBNU yang selanjutnya dibawa ke forum Sidang Isbat Kementerian Agama RI.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kementerian Agama Gelar Sidang Isbat Tertutup Tentukan 1 Ramadhan 1444 H

Sebelumnya, Kementerian Agama (Kemenag) menggelar sidang isbat secara tertutup untuk menentukan 1 Ramadhan 1444 Hijriah. Agenda itu dilaksanakan Rabu (22/3/2023) di Auditorium HM Rasjidi, Kemenag, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, dan dimulai sekitar pukul 18.15 WIB.

Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas memimpin jalannya sidang isbat tersebut. Adapun sejumlah pihak yang hadir antara lain Duta besar negara tetangga, Komisi VIII DPR RI, Mahkamah Agung (MA), dan Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Kemudian Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Badan Informasi Geospasial (BIG), hingga pimpinan organisasi masyarakat (Ormas) Islam dan pesantren.

Sebelumnya, Kementerian Agama (Kemenag) menggelar seminar posisi pemantauan hilal dalam rangka menentukan 1 Ramadan 1444 Hijriah di Auditorium HM Rasjidi, Kemenag, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Rabu (22/3/2023).

Anggota Tim Hisab Rukyat Kemenag Asadurrahman menyampaikan bahwa secara keseluruhan dunia internasional akan melaksanakan ibadah puasa mulai Kamis, 23 Maret 2023.

“Untuk keseluruhan dunia juga insyaallah besok juga,” tutur Asasurrahman di Kantor Kemenag, Jakarta Pusat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.