Sukses

Raup Penghasilan Tambahan Saat Ramadan Lewat 3 Bisnis Ini, Mau Coba?

Bukan hanya meningkatkan ibadah, momen Ramadan juga bisa dimanfaatkan untuk menambah penghasilan. Sebab, ada sejumlah bisnis yang biasanya muncul atau ramai saat Ramadan dan Lebaran tiba.

Liputan6.com, Jakarta Ramadan 1444 H tinggal menghitung hari. Masuknya bulan suci ini memang selalu dinanti umat Islam di berbagai penjuru dunia, termasuk di Indonesia.

Bukan hanya meningkatkan ibadah, momen Ramadan juga bisa dimanfaatkan untuk menambah penghasilan. Sebab, ada sejumlah bisnis yang biasanya muncul atau ramai saat Ramadan dan Lebaran tiba. Apa saja bisnis tersebut? Berikut ulasannya:

1. Berjualan Takjil

Masyarakat umumnya mengenal takjil sebagai makanan atau minuman yang disantap saat berbuka puasa. Maka tidak heran jika banyak penjual takjil yang menjajahkan dagangannya menjelang waktu berbuka puasa.

Jika Anda pandai dalam memasak maka cobalah belajar membuat takjil, karena ini merupakan salah satu jenis makanan dan minuman yang akan laku keras dijual pada bulan Ramadan. Jika Anda tidak bisa memasak, maka carilah teman atau saudara untuk bekerja sama menjalani bisnis musiman ini.

Jangan berekspektasi terlalu tinggi, Anda bisa memulai menjual takjil tersebut ke teman-teman di kampus atau kantor. Meskipun tidak banyak, namun lumayan bukan untuk menambah pemasukan selama Ramadan? 

2. Bisnis Baju Muslim

Berjualan pakaian tampak menjadi bisnis yang tidak pernah surut, terlebih ada momen yang tepat. Seperti berjualan busana muslim yang biasanya bisa laku keras selama bulan Ramadan dan menjelang Idul Fitri.

Hal ini karena banyak masyarakat yang mencari baju baru untuk merayakan Lebaran. Namun, jika Anda tidak memiliki budget yang cukup untuk memulainya, maka Anda bisa kerjasama dengan rekan atau saudara untuk menjalani bisnis ini.

Atau jika saudara sudah terlebih dahulu mempunyai bisnis pakaian muslim maka Anda bisa membantunya untuk menjual atau mempromosikan barang dagangannya tersebut dan mendapatkan komisi atas baju yang telah berhasil terjual.   

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Bisnis Parsel

Salah satu bisnis yang biasa ramai di saat Ramadan dan menjelang Idul Fitri yaitu berjualan parcel. Biasanya, mendekati hari Lebaran akan banyak orang yang mencari jasa penghiasan parsel atau orang-orang yang menjual parsel. Jika Anda memiliki keterampilan tangan yang cukup baik, maka cobalah usaha sampingan satu ini.

Anda bisa membeli terlebih dahulu semua isi barang parsel tersebut atau menunggu barang dari client baru menghiasnya. Usaha ini akan menghasilkan hasil yang cukup lumayan loh! 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.