Sukses

Malaikat Israfil Bertugas Tiup Sangkakala Kiamat, Apakah Sekarang Menganggur?

Tugas utama malaikat Israfil adalah meniup sangkakala pertanda kiamat tiba. Pertanyaannya, saat ini kiamat belum datang, lantas apa tugas malaikat Israfil, apakah menganggur?

Liputan6.com, Jakarta - Jumlah malaikat banyak sekali. Secara spesifik, hanya Allah SWT yang mengetahuinya.

Namun, ada 10 Malaikat yang wajib diketahui umat Islam. Mereka adalah Jibril, Mikail, Israfil, Izrail, Raqib, Atid, Munkar, Nakir, Malik, dan Ridwan.

Di antara 10 malaikat tersebut, ada malaikat bernama Israfil. Tugas utama malaikat Israfil adalah meniup sangkakala pertanda kiamat tiba.

Jika malaikat Israfil meniup sangkakalanya, maka seluruh makhluk yang bernyawa akan mati dan itulah awal dari hari kiamat.

Hari itu disebut Yaum Al Fashl atau Hari Keputusan, Yaum Ad Din atau Hari Pembalasan, Yaum Al Hisab atau Hari Perhitungan, Yaum Al Hasyr Hari Perhimpunan, Yaum Ath Taghabun (Hari Pengungkapan Kesalahan-Kesalahan).

Sebagian ulama berpendapat Malaikat Israfil meniup sangkakala tiga kali. Tiupan pertama sebagai pertanda kiamat, di mana saat itu seluruh makhluk terkaget dan panik. Tiupan kedua untuk mematikan seluruh makhluk, dan ketiga untuk membangkitkan.

Pertanyaannya, saat ini kiamat belum datang, lantas apa tugas malaikat Israfil, apakah menganggur?

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Mengayomi Makhluk dan Alam Semesta

Untuk menjawab itu, ada baiknya mengetahui firman Allah SWT yang menerangkan melalui Al-Qur'an, bahwa malaikat taat dan menjalankan perintah-Nya dapat dilihat dari salah satu ayat Al-Qur’an, yakni surah Al-Anbiya ayat 20.

يُسَبِّحُوْنَ الَّيْلَ وَالنَّهَارَ لَا يَفْتُرُوْنَ 

Artinya: “Mereka (malaikat-malaikat) bertasbih tidak henti-hentinya malam dan siang." (QS. Al-Anbiya: 20)

Mengutip paudit.alhasanah.sch.id, selain meniup sangkakala, malaikat Israfil juga memiliki tugas lain. Dalam kitab Syarah Daqoiqul Akhbar, Imam Abdur Rahim bin Ahmad menjelaskan beberapa tugas yang dilakukan oleh malaikat Israfil sebelum tugasnya untuk meniup sangkakala dilakukan.

1. Malaikat Israfil Mengayomi Makhluk dan Alam Semesta

Sebelum datang waktu dimana malaikat Israfil bertugas meniup sangkakala, malaikat Israfil mendapatkan tugas untuk mengayomi makhluk Allah dan juga alam semesta. Dalam sebuah kisah dari sahabat Abdullah bin Abbas, malaikat Israfil pernah memohon kepada Allah untuk mendapatkan kekuatan tujuh langit.

Allah kemudian menjawab dan mengabulkan permohonan malaikat Israfil. Bukan hanya diberikan kekuatan tujuh langit, malaikat Israfil juga mendapatkan kekuatan tujuh bumi. Kemudian Allah juga memberikan kekuatan gunung, kekuatan sesuatu yang berat, dan kekuatan hewan buas.

Dengan kekuatan tersebut, maka malaikat Israfil mendapatkan tugas yang sesuai dengannya. Maka Allah menugaskan malaikat Israfil untuk mengayomi makhluk dan alam semesta.

 

3 dari 3 halaman

2. Menemani Malaikat Lain

Selain tugas mengayomi makhluk dan alam semesta, malaikat Israfil juga mendapat tugas untuk menemani para malaikat yang senantiasa memanjatkan tasbh kepada Allah.

Malaikat adalah makhluk Allah yang diciptakan dengan ketaatan yang tinggi dan tidak pernah bermaksiat. Karena itu, para malaikat senantian patuh terhadap perintah yang Allah berikan.

3. Malaikat Israfil Menangis Saat Melihat Neraka Jahannam

Dalam sebuah kisah, malaikat Israfil pernah datang dan melihat neraka jahannam sebanyak tiga kali. Hal itu dilakukannya dalam waktu sehari semalam. Melihat penderitaan yang terhampar di neraka Jahannam, malaikat Israfil pun merendahkan diri di hadapan Allah dan menangis tersedu-sedu.

Tangisan malaikat Israfil itu menyebabkan malaikat Israfil mengeluarkan air mata, dan Allah pun menahan air mata malaikat Israfil. Jika air mata tersebut tidak ditahan oleh Allah, maka bumi akan mengalami banjir besar sebagaimana banjir yang terjadi pada masa Nabi Nuh.

Malaikat Israfil merupakan malaikat Allah yang memiliki wujud asli yang sangat besar. Sebagai perumpamaan, jika air laut dan air sungai yang ada di bumi disatukan seluruhnya, lalu disiramkan kepada malaikat Israfil, maka air tersebut hanya akan membasahi kepala malaikat Israfil saja. Itulah gambaran wujud asli malaikat Israfil.

Nah, itulah tugas yang dilakukan malaikat Israfil sebelum mendapatkan tugas untuk meniup sangkakala. Pada dasarnya, tidak ada satu malaikatpun yang menganggur. Setiap malaikat memiliki tugas utama dan juga tugas lain yang harus dilakukannya. Di samping itu, para malaikat juga tidak pernah berhenti bertasbih dan memuji Allah sepanjang waktu.

Tim Rembulan

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.