Sukses

Fakta Unik Bersin dan Adabnya dalam Islam

Liputan6.com, Jakarta - Bersin adalah nikmat Allah yang sangat luar biasa yang diberikan kepada manusia. Bersin juga menandakan bahwa tubuh kita bekerja dengan baik karena ketika bersin bakteri maupun benda asing yang masuk dapat dicegah dengan cepat melalui hidung dan mulut. 

Islam sendiri telah mengajarkan bagaimana adab yang benar ketika bersin. 

Ketika bersin kita harus mengucapkan Alhamdulillah. Mengapa? Karena bersin merupakan salah satu bentuk rasa syukur dari nikmat yang senantiasa Allah berikan dalam diri bahkan setelah bersin kita akan merasa ringan tanpa ada rasa yang tertahan di dalam hidung. 

Sesuai sabda Nabi SAW yang berbunyi 

  ذَا عَطَسَ أَحَدُكُمْ فَلْيَقُلْ الْحَمْدُ لِلَّهِ وَلْيَقُلْ لَهُ أَخُوهُ أَوْ صَاحِبُهُ يَرْحَمُكَ اللَّهُ فَإِذَا قَالَ لَهُ يَرْحَمُكَ اللَّهُ فَلْيَقُلْ يَهْدِيكُمُ اللَّهُ وَيُصْلِحُ بَالَكُمْ

Jika salah seorang dari kalian bersin maka hendaknya dia mengatakan, “Alhamdulillāh.” Dan saudaranya yang mendengarnya hendaknya mengucapkan, “YarhamukAllah.” (semoga Allah merahmatimu). Jika saudaranya mengucapkan “YarhamukAllah,” maka yang bersin tadi menjawab lagi dengan mengatakan “Yahdikumullāh wa yushlihu bā lakum” (semoga Allah memberi petunjuk kepadamu dan semoga Allah meluruskan/memperbaiki urusanmu).

Dalam hadits ini menerangkan bahwa apabila kita berada di kerumunan atau ada orang lain yang berada di sekitar kita hendaklah menjawab dari kelanjutan Alhamdulillāh yaitu dengan menyebutkan YarhamukAllah setelah itu di jawab pula oleh yang bersin dengan Yahdikumullāh wa yushlihu bā lakum. 

Namun apabila seseorang yang bersin tidak mengucapkan Alhamdulillāh maka yang mendengarkan tidak perlu menjawab nya sebagaimana “diriwayatkan kepada kami di shahih muslim dari sahabat Abu musa Al-Asya’ri ra,ia berkata Aku mendengar Rasulullah SAW bersabda : bila salah seorang dari kalian bersin,lalu memuji Allah,maka jawablah. tetapi jika ia tidak memujinya jangan kalian menjawab” (Imam An-Nawawi, Al-azkar,{Damaskus,Darul mallah ; 1971M / 1391H},Halaman 231)

 

Saksikan Video Pilihan ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Fakta Unik Bersin

Selain itu, ternyata ada beberapa fakta menarik tentang bersin dikutip dari berbagai sumber. 

1. Jantung tidak berhenti berdetak saat sedang bersin

Mungkin kita sering mendengar anggapan ketika seseorang bersin, maka jantung akan berhenti berdetak. Nah, sebenarnya ritme serta denyut jantung hanya akan melambat secara alami ketika bersin. 

2. Seseorang tidak bisa bersin ketika tidur

Faktanya, ketika seseorang tidur, maka seluruh saraf dalam tubuh akan ikut beristirahat. Artinya, saraf yang memicu timbulnya bersin tidak bekerja selama kita tertidur.

3.Partikel cipratan yang dihasilkan oleh bersin dapat berpindah dalam jarak jauh

Partikel cipratan bersin yang dapat “terbang” hingga lima langkah kaki atau lebih. Hal ini dapat terjadi karena ukurannya yang kecil. Bahkan kumannya dapat menyebar sejauh lima meter. 

4. Bersin merupakan bagian dari olahraga 

Ketika bersin, proses ini melibatkan banyak anggota tubuhmu, seperti tenggorokan, dada, diafragma, dan perut

 Penulis : Putry Damayanty

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS