Sukses

6 Peristiwa Penting di Bulan Jumadil Awal, Peperangan hingga Pernikahan Rasulullah SAW

Liputan6.com, Cilacap - Bulan Jumadil Awal atau Jumadil Ula merupakan bulan kelima dalam kalender Islam. Berdasarkan kalender tahun 2022 M, bulan Jumadil Awal ini jatuh pada hari Jumat, 25 November 2022.

Akan tetapi, Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) melalui Lembaga Falakiyah (LF) pada Kamis (24/11) secara resmi mengikhbarkan tanggal 1 Jumadil Awal 1444 H jatuh pada hari Sabtu (mulai malam Sabtu) dan tepatnya tanggal 26 Oktober 2022 M.

Hal ini juga dikukuhkan  melalui Surat Pengumuman Nomor 049/LF–PBNU/XI/2022 yang ditandatangani Ketua LF PBNU KH Sirril Wafa dan Sekretaris LF PBNU H Asmui Mansur pada Kamis (24/11/2022) malam.

Dengan menetapkan 1 Jumadil Awal 1444 H jatuh pada hari Sabtu (26/22/22) berarti menggenapkan bulan Rabiul Akhir menjadi 30 hari. Hal ini lantaran didasarkan pada rukyatul hilal yang dilaksanakan pada Kamis (24/11/2022) tidak berhasil melihat hilal.

Sebagaimana bulan-bulan Arab lainnya, penamaan bulan Jumadil Awal didasarkan pada kondisi yang dialami masyarakat saat itu. Menurut Abu Sa‘id sebagaimana dikutip oleh Ibnu Manzhur dalam kitab Lisanul ‘Arab, penamaan bulan Jumadal Ula dilatarbelakangi oleh musim yang terjadi pada bulan tersebut, yaitu musim dingin (syita).

Jumada sendiri berasal dari kata jamada, yang artinya ‘beku’. Hal ini menandakan cuaca yang teramat dingin sehingga air pun menjadi beku.

Kemudian, dalam bulan ini terdapat beberapa peristiwa-peristiwa penting. Berikut ini Liputan 6.com uraikan peristiwa-peristiwa penting di bulan Jumadil Awal sebagaimana disarikan dari m.go.muslim.co.id.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Peristiwa Penting di Bulan Jumadil Awal

1. Lahirnya Cucu Rasulullah SAW

Lahirnya Sayyidah Zainab putri Ali bin Abi Thalib dan Fathimah Az-Zahra. Ia lahir tanggal 5 Jumadil Awwal 5 H dan wafat pada Bulan yang sama tanggal 13 Jumadal Awwal 11 H dengan Fatimah Az-Zahrah wafat.

Ia adalah putri bungsu Rasulullah saw. yang menyaksikan perjuangan berat orang tuanya mendakwahkan agama Allah Swt.

2. Pertempuran Moota

Pertempuran Moota terjadi di bulan Jumadil Awal. Nabi Muhammad SAW tidak berpartisipasi dalam pertempuran ini. Khalid bin Walid ditunjuk oleh Nabi Muhammad sebagai jenderal keempat dari pertempuran Moota.

Khalid bin Walid juga dijuluki sebagai "salah satu pedang Allah". Moota adalah nama sebuah kota di Suriah yang menjadi tempat pertempuran ini.

3. Nabi Muhammad SAW Menikahi Khadijah

Di bulan Jumadil Awal juga Nabi Muhammad SAW menikahi istri tercinta yakni Khadijah binti Khuwailid. Khadijah menjadi wanita yang paling dicintai nabi Muhammad. Khadijah adalah satu-satunya orang yang diberi salam oleh Allah SWT melalui jibril ketika jibril menemui Muhammad.

3 dari 3 halaman

Wafatnya Sahabat Nabi SAW - Lahirnya Imam Ghazali

4. Wafatnya Sahabat Nabi SAW

Di bulan Jumadil Awal, juga terdapat terdapat beberapa peristiwa wafatnya sahabat nabi yaitu: - Zaid bin Haritsah, sahabat nabi Muhammad dan pemeluk Islam paling awal dari kalangan bekas budak nabi Muhammad. - Ja'far bin Abi Thalib, putra dari Abu Thalib, sepupu nabi Muhammad dan kakak dari Khalifah ke-4, Ali bin Abi Thalib. - Abdullah Ibn Rawaahah, salah satu sahabat nabi Muhammad SAW.

5. Perang Al-Ashirah

Dikutip dalam buku berjudul 'Mengenal Nama Bulan dalam Kalender Hijriyah' oleh Ida Ditri Shohibah, peperangan "Al-Ashirah" pada tahun kedua hijriah, dipimpin oleh nabi Muhammad SAW. Tidak terjadi pertempuran disebabkan perjanjian damai yang diantara Rasulullah SAW dengan Bani Mudlij dan penyokong mereka Bani Hamzah.

6. Lahirnya Ulama Besar

Jumadil Awwal juga merupakan bulan kelahiran beberapa ulama dan awliya’ besar, seperti Imam al Ghazali dan Imam Ali Zainal Abidin.

 

Penulis: Khazim Mahrur

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS