Sukses

Busok Cat Pulau Raas Madura Jadi Primadona, Ini 5 Keutamaan Pelihara Kucing dalam Islam

Liputan6.com, Banyumas - Beberapa waktu terakhir, kucing busok atau kucing raas populer usai diakui sebagai ras Indonesia oleh World Cat Federation (WFC). Kucing ini memang cantik dan sangat recomended dijadikan hewan kesayangan di rumah.

Kucin busok merupakan kucing endemik Pulau Raas Madura, Jawa Timur. Kucing ini sangat dilindungi oleh masyarakat Madura hingga dilarang keluar dari Pulau Raas.

Biasanya, hanya kucing busok yang telah dikebiri atau disteril saja yang boleh dibawa ke luar pulau. Hal tersebut bertujuan untuk menjaga kemurnian kucing busok.

Sekilas ciri busok cat, kucing ini memiliki wajah dan postur tubuh mirip leopard dan kucing hutan dengan telinga yang berdiri tegak, panjang, dan runcing.

Selain itu, kucing ini memiliki bulu pendek dan halus. Warna bulunya pun mirip dengan bulu kucing Russian blue dan British shorthair, yakni abu-abu kebiruan polos dengan bagian perut berwana putih dengan batas tak jelas.

Kucing busok biasanya memiliki ekor yang cenderung pendek. Ukuran tubuhnya pun lebih besar dari kucing domestik atau kucing kampung.

Sementara, telapak kakinya lebih gelap dibanding warna bulunya. Kucing busok memiliki mata hijau indah mencolok yang kontras dengan warna bulunya yang gelap. Kucing ini pun terbilang lebih energik, bahkan cenderung agresif.

Terlepas dari itu, kucing adalah salah satu hewan yang banyak disebut dalam khazanah Islam. Rasulullah SAW dan sejumlah sahabat memelihara dan menyayangi kucing.

Berikut ini adalah 5 keutamaan memelihara kucing:

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 3 halaman

Memperoleh Rahmat dan Pengampunan Dosa

1. Mendapat Rahmat Dari Allah SWT

Salah satu tujuan seseorang beribadah kepada Allah SWT adalah untuk mendapatkan rahmat-Nya. Dan rahmat Allah SWT juga dapat diberikan kepada orang yang suka menyayangi hewan seperti kucing. Hal ini seperti apa yang telah diterangkan dalam sebuah hadist, yang artinya.

“Barang siapa yang menyayangi hewan peliharaan meskipun hewan itu akan disembelih, maka Allah SWT akan merahmatinya di hari kiamat,” (HR Bukhari)

Dalam hadist itu menjelaskan pentingnya untuk menyayangi hewan peliharaan, salah satunya adalah kucing. Memeliharanya dengan baik dan menyayanginya dapat mendatangkan pahala bagi pemeliharanya, dan rahmat dari Allah SWT jika di kehendaki oleh-Nya.

2. Dapat Diampuni Dosanya

Seseorang yang suka memelihara hewan seperti kucing ternyata dapat menjadi wasilah diampuni dosa-dosanya oleh Allah SWT. Hal ini sebagamainama sabda Rasulullah SAW, yang artinya.

“Seorang Wanita pelacur melihat seekor anjing di atas sumur dan hampir mati karena kehausan. Lalu Wanita itu melepas sepatunya, diikatnya dengan kerudungnya dan mengambil air dari sumur (lalu meminumkan ke anjing itu). Dengan perbuatan itu maka dosanya diampuni,” (HR Bukhari).

 

3 dari 3 halaman

Bernilai Sedekah, Empati dan Kebaikan hingga Kiamat

3. Bernilai Sedekah Bagi yang Suka Memeliharanya

Sedekah tidak hanya dapat diberikan ke sesama manusia, namun juga kepada makhluk hidup lain seperti kucing. Hal itu karena saat ia memberi makan, minum, dan kasih sayang kepada hewan itu, maka disaat itulah apa yang ia lakukan bernilai sebagai sedekah. Dalam sebuah riwayat dijelaskan bahwa.

“Pada setiap sedekah kepada makhluk yang memiliki hati yang hidup maka akan mendapat pahala kebaikan. Seorang muslim yang menanam tumbuh-tumbuhan kemudian dimakan oleh manusia, burung-burung, atau binatang maka baginya sedekah,” (HR Bukhari dan Muslim)

4. Menumbuhkan Rasa Empati

Memelihara hewan seperti kucing juga dapat dijadikan sebagai sarana untuk menumbuhkan rasa empati. Ketika memiliki peliharaan, seseorang akan mencoba mengerti apa yang dirasakan oleh hewan tersebut. Sehingga jika seseorang dapat berempati terhadap hewan, juga akan memiliki rasa empati terhadap sesama manusia.

5. Memberinya Kebaikan Hingga Hari Kiamat

Seseorang yang memelihara kucing ataupun hewan lainnya, sebagaimana disyariatkan Allah dengan penuh iman dan meyakini akan kebaikan yang diberikan oleh Allah SWT, maka kebaikan yang sudah diberikan kepada kucing itu seperti memberinya makan juga membersihkan kotorannya, semoga kelak akan dihitung sebagai amal kebaikan di hari kiamat.

Tim Rembulan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.